Lokasi Tes SKD dan Jadwal Daftar Ulang CPNS KKP 2020

Oleh: Yantina Debora - 12 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sebelum tes SKD, peserta CPNS KKP 2020 wajib melakukan pendaftaran ulang pada 25-26 Januari 2020. Lokasi tes SKD dan daftar ulang di Kantor KKP.
tirto.id - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengumumkan jadwal daftar ulang serta lokasi seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2020.

Dikutip dari pengumuman CPNS KKP, daftar ulang akan dilaksanakan pada 25-26 Januari 2020 di ground floor, Gedung Mina Bahari III, Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Tes SKD CPNS KKP bakal digelar pada 27-31 Januari 2020 di ballroom Gedung Mina Bahari III Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Dalam proses daftar ulang CPNS KKP 2019, peserta diwajibkan untuk membawa dan menunjukkan Kartu Peserta Ujian CPNS 2019 yang dicetak berwarna, ijazah asli dan SK Penyetaraan Ijazah asli bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri.

Peserta juga harus membawa transkrip atau daftar nilai asli, KTP elektronik atau Surat Keterangan bukti perekaman KTP elektronik asli.

Peserta daftar ulang CPNS KKP juga wajib membawa surat lamaran asli, surat pernyataan asli, ANKAPIN/ATKAPIN asli dan BST asli bagi peserta yang melamar jabatan Oiler, Kelasi dan Operator Speedboat.

Selanjutnya, membawa akte kelahiran atau surat keterangan lahir asli dan surat keterangan asli hubungan keluarga dengan orang tua dari Kepala Desa/ Kepala Suku bagi peserta formasi Putra/Putri Papua dan Papua Barat.

Surat Tanda Register (bukan internship) asli bagi peserta yang melamar jabatan Pelaksana/Terampil-Perawat dan diwajibkan mengenakan pakaian rapi, sopan dan bersepatu serta tidak diperkenankan mengenakan kaos tanpa kerah dan sandal.

Tes SKD untuk CPNS KKP akan dilaksanakan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), selama 90 menit dengan materi Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU); dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Nilai ambang batas untuk kelulusan tes SKD untuk formasi umum yaitu 126 untuk TKP; 80 untuk TIU; dan 65 untuk TWK.

Sementara nilai ambang batas atau passing grade untuk formasi khusus CPNS KKP 2019 yaitu:

  • Nilai kumulatif bagi Formasi Putra/Putri Lulusan Terbaik Berpredikat “Dengan Pujian’ atau Cumlaude paling rendah 271 dengan nilai TIU paling rendah 85;
  • Nilai kumulatif bagi Penyandang Disabilitas paling rendah 260 dengan nilai TIU paling rendah 70; dan
  • Nilai kumulatif bagi Putra/Putri Papua dan Papua Barat paling rendah 260, dengan nilai TIU paling rendah 60.

Bagi jabatan Kelasi dan Oiler, nilai kumulatif paling rendah 260, dengan nilai TIU paling rendah 70. Selain itu, peserta yang mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) adalah 3 kali jumlah kebutuhan masing-masing jabatan berdasarkan peringkat nilai SKD yang memenuhi passing grade.

Tata Tertib Pelaksanaan SKD CPNS KKP 2020:

1) Hadir di lokasi tes paling lambat 90 menit sebelum tes dimulai;

2) Harus melakukan registrasi dan mengisi daftar hadir yang telah disiapkan oleh Panitia;

3) Membawa KTP asli, dan Kartu Peserta Ujian CPNS 2019 yang telah disahkan oleh Panitia. Apabila dalam keadaan yang mendesak, maka peserta dapat menunjukan surat keterangan
pengganti identitas yang telah disahkan oleh pejabat yang berwenang;

4) Harus sesuai dengan foto yang ada di kartu peserta;

5) Peserta pria wajib mengenakan kemeja berkerah lengan panjang berwarna putih polos dan celana panjang berwarna gelap (tidak diperkenankan mengenakan celana berbahan jeans):

Peserta wanita wajib mengenakan kemeja berkerah atau blouse lengan panjang berwarna
putih polos dan celana panjang/rok berwarna gelap (tidak diperkenankan mengenakan celana/rok berbahan jeans). Sementara bagi yang berhijab mengenakan jilbab berwarna gelap.

6) Mengenakan sepatu pantofel;

7) Duduk di tempat yang telah ditentukan;

8) Mendengarkan pengarahan panitia sebelum pelaksanaan tes dengan sistem CAT dimulai;

9) Mengerjakan semua soal tes dalam waktu 90 menit.

Jadwal dan jam tes SKD per peserta CPNS KKP 2020 bisa dicek di sini.

Contoh Soal TKW, TIU dan TKP CPNS 2020 bisa dicek di sini.


Baca juga artikel terkait CPNS 2020 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH
DarkLight