Logo Hari Kebangkitan Nasional 2022: Link Download dan Artinya

Penulis: Dipna Videlia Putsanra - 19 Mei 2022 13:15 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Arti logo Harkitnas 2022, link download logo Hari Kebangkitan Nasional, dan artinya.
tirto.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika telah mempersiapkan logo untuk Hari Kebangkitan Nasional atau Harkitnas yang diperingati pada 20 Mei 2022. Pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-114 ini, Kominfo mengambil tema “Ayo Bangkit Bersama".

Tema ini dipilih agar Harkitnas ini dapat menjadi momentum bagi kita sebagai bangsa yang besar untuk bersama-sama mengobarkan semangat bangkit dari pandemi Covid-19 yang telah lebih dari 2 tahun menyerang dan turut berefek di segala sendi kehidupan.

Kominfo juga sudah mempersiapkan logo Harkitnas 2022 yang bisa diunduh dan digunakan untuk memeriahkan peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2022. Logo 114 Tahun Kebangkitan Nasional melambangkan semangat yang berkobar, kedamaian serta awal yang baru.

Logo dapat diunduh melalui tautan berikut: https://komin.fo/logoharkitnas114.


Arti Logo Hari Kebangkitan Nasional 2022


Logo Harkitnas memiliki beberapa elemen dengan arti:

1. Siluet gunungan merah putih seperti roket yang melambangkan awal dari semangat kebangkitan Indonesia seperti roket yang menjulang tinggi.

2. Angka 114 di dalam gunungan merah putih melambangkan sejak 114 tahun yang lalu Indonesia melindungi dan mengayomi rakyatnya dengan kedamaian.

3. Tagline "Indonesia Bangkit" dengan penebalan (bold) yang melambangkan tekad bangsa Indonesia untuk bangkit.

4. Arti warna merah: kuat, berani, dan bersemangat yang berkobar.

5. Arti warna putih: kedamaian dan awal yang baru.

6. Arti warna biru: perlindungan dan kenyamanan.


Tema Hari Kebangkitan Nasional 2022


Mengambil momentum bangkit dari pandemi ini, tema Hari Kebangkitan Nasional 2022 adalah “Ayo Bangkit Bersama". Tema ini dipilih agar Harkitnas ini dapat menjadi momentum bagi bangsa untuk bersama-sama mengobarkan semangat bangkit dari pandemi Covid-19 yang telah lebih dari 2 tahun menyerang.

Pada masanya, Dr Sutomo beserta para pelajar STOVIA mendirikan perhimpunan Budi Utomo untuk mengejar ketertinggalan Indonesia dari bangsa-bangsa lain. Menkominfo meminta kita untuk memiliki semangat juang yang sama membebaskan diri dari pandemi yang diakibatkan Covid-19.

"Kita harus mendukung pemerintah Indonesia agar mampu beradaptasi dengan cepat dan melewati masa-masa krisis. Jangan biarkan keadaan membelenggu kita dalam masa-masa sulit. Kita tidak akan pernah bergerak dan berubah bila hanya saling menunjuk," ujar Johnny.


Baca juga artikel terkait HARI KEBANGKITAN NASIONAL atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Addi M Idhom

DarkLight