Login Kartu Prakerja 2022 Gelombang 23: Cek Penerima dan Pelatihan

Kontributor: Ilham Choirul Anwar, tirto.id - 10 Mar 2022 19:00 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Kepesertaan Kartu Prakerja ditandai dengan munculnya 16 angka pada dasbor situs Prakerja.
tirto.id - Peserta Kartu Prakerja gelombang 23 telah diumumkan. Nantinya setiap peserta memperoleh saldo dana pelatihan senilai Rp1 juta yang bisa dipergunakan untuk membeli program pelatihan. Pembeliannya dilakukan lewat platform digital yang telah resmi bekerja sama dengan Prakerja.

Menurut unggahan sosial media Prakerja, cara mengecek apakah diterima sebagai peserta Prakerja gelombang 23 dilakukan dengan memeriksa dashboard Prakerja. Apabila muncul 16 angka nomor Kartu Prakerja, maka telah resmi diterima. Saldo pelatihan akan dimasukkan ke akun peserta.

Nomor Kartu Prakerja perlu dicatat dan dijaga kerahasiaannya. Nomor ini selalu dipakai dalam membeli pelatihan. Saldo Prakerja bisa dipakai untuk membeli sebanyak-banyaknya pelatihan yang disediakan.

Pembelian Pelatihan Prakerja


Program pelatihan online yang disediakan Prakerja dapat dibeli melalui platform digital resmi. Saat ini ada 7 platform yang tersedia yakni Tokopedia, Bukalapak, Pintaria, KarirMu, Kemnaker, dan Pijar. Setelah membeli pelatihan, peserta mendapatkan kode tertentu untuk ditukar dengan kursus yang dipilih di situs lembaga pelatihan.

Sebelum memutuskan untuk membeli suatu pelatihan, baca dengan seksama mengenai deskripsi di dalamnya. Deskripsi tersebut mencakup harga pelatihan, rating, durasi pelatihan, tingkat materi, dan cara mengejar. Dengan mempertimbangkan deskripsi, maka peserta bisa memperoleh pelatihan yang benar-benar sesuai minatnya.

Saldo Prakerja harus sudah dipakai untuk membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari sejak peserta diterima. Mengutip situs Prakerja, jika dalam tenggat tersebut ternyata peserta belum juga membeli pelatihan, maka akun Kartu Prakerja akan dinonaktifkan. Saldo juga hangus dan dikembalikan ke Rekening dana Kartu Prakerja saat kepesertaan dicabut.

Peserta bisa membeli pelatihan kedua setelah pelatihan pertama berhasil diselesaikan. Pastikan membeli pelatihan dengan harga yang masih bisa dijangkau oleh saldo yang tersisa di akun. Setiap pelatihan yang telah selesai diikuti, maka peserta berhak memperoleh sertifikat digital.

Insentif Kartu Prakerja


Bagi peserta Prakerja yang sudah menyelesaikan pelatihan pertamanya dengan bukti keluarnya sertifikat digital, maka dia berhak memperoleh insentif. Insentif terbagi menjadi insentif biaya mencari kerja dan insentif pengisian survey evaluasi. Total insentif yang diterima selama mengikuti Prakerja adalah Rp2.550.000.

Rincian insentif tersebut yaitu untuk insentif biaya mencari kerja sebesar Rp600.000, yang diberikan setiap bulan selama empat bulan berturut-turut. Lalu, insentif pengisian survey evaluasi diberikan sebesar Rp50.000 per survey. Pada Prakerja gelombang terdahulu, peserta akan memperoleh tiga kali survey selama menjalani pelatihan Prakerja.

Insentif dapat dicairkan melalui rekening bank atau e-wallet yang telah didaftarkan oleh peserta. NIK yang dipakai pada rekening atau e-wallet harus sama dengan yang didaftarkan pada program Kartu Prakerja.


Baca juga artikel terkait KARTU PRAKERJA atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Ekonomi)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Dipna Videlia Putsanra

DarkLight