Lodewijk Paulus Resmi Jadi Wakil Ketua DPR Gantikan Azis Syamsuddin

Oleh: Alfian Putra Abdi - 30 September 2021
Proses penggantian Azis Syamsuddin ke Lodewijk F Paulus memakan waktu cepat. Hari ini Lodewijk resmi dilantik sebagai wakil ketua DPR RI.
tirto.id - Anggota Komisi I DPR RI Fraksi Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus telah resmi menggantikan Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR 2019-2024. Pada saat yang sama, Azis telah resmi diberhentikan dari jabatannya lantaran menjadi tersangka kasus penyuapan.

"Surat yang dimaksud (dari DPP Partai Golkar) juga menyampaikan pergantian dari Azis Syamsuddin kepada Lodewijk Freidrich Paulus. Sehubungan dengan itu kami tanya kepada peserta sidang apakah Lodewijk Freidrich Paulus dapat ditetapkan sebagai Wakil Ketua DPR?" tanya Ketua DPR Puan Maharani dalam sidang Pergantian Antar Waktu di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (30/9/2021).

"Setuju," sahut peserta sidang.

Puan mengetuk palu tanda sah. "Terima kasih."

Lodewijk saat ini menjabat sebagai Anggota Komisi I DPR. Dalam struktur partai, eks Komandan Jenderal Kopassus, satuan elite TNI AD, tersebut menjabat Sekretaris Jenderal Golkar.

Proses pergantian berlangsung singkat. Nama Lodewijk disorongkan Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto ke Puan Maharani kemarin.

Sehari berikutnya, langsung diresmikan dan dilantik. Dalam pelantikan Lodewijk dipimpin Ketua Mahkamah Agung Muhammad Syarifuddin. Ia menuntun Lodewijk membacakan sumpah. Turut mendampingi Puan Maharani, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, Wakil Ketua DPR Rahmad Gobel, dan Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar.

Azis dijerat Komisi Pemberantasan Korupsi terkait suap kepada penyidik KPK sebesar Rp3,1 miliar dari komitmen suap sebesar Rp4 miliar. Uang diberikan kepada Stepanus Robin Pattuju. Kasus yang membelit Azis adalah dugaan korupsi di Kabupaten Lampung Tengah.


Baca juga artikel terkait DPR RI atau tulisan menarik lainnya Alfian Putra Abdi
(tirto.id - Politik)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Zakki Amali
DarkLight