LM Entertainment Bantah Tuduhan Kang Daniel Soal Pemutusan Kontrak

Oleh: Maria Ulfa - 26 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
“Kontrak eksklusif antara Kang Daniel dan LM Entertainment adalah kontrak biasa yang digunakan sesuai dengan jenis kontrak standar yang disediakan oleh the Fair Trade Comission."
tirto.id - LM Entertainment membantah semua tuduhan yang diajukan Kang Daniel kepada mereka terkait pemutusan kontrak ekslusif. Hal tersebut disampaikan LM Entertainment melalui kuasa hukum mereka, Kim Moon Hee pada Selasa (26/3/2019).

“Kontrak eksklusif antara Kang Daniel dan LM Entertainment adalah kontrak biasa yang digunakan sesuai dengan jenis kontrak standar yang disediakan oleh the Fair Trade Comission. LM Entertainment telah melaksanakan tugasnya seperti membayar uang kontrak,” ujar Kim Moon Hee seperti dilansir Xportsnews.

Kim Moon Hee menambahkan, mereka baru saja melakukan mediasi, tetapi pihak Daniel diklaim telah memberi informasi palsu terkait agensi. Informasi palsu itu semisal isu Kang Daniel belum menerima uang kontrak dari LM Entertainment.

"Kami mengadakan empat kali pertemuan untuk berdiskusi dengan presdir Won selaku mediator, namun akhirnya, melalui banyak pengacara, pihak Kang Daniel memberikan informasi palsu seperti belum menerima uang kontrak dan mengumumkan akan membatalkan kontrak,” jelas Kim Moon Hee lagi.

Pengacara tersebut juga menambahkan bahwa perusahaan hanya melakukan pertemuan dengan MMO Entertainment, agensi Kang Daniel sebelumnya untuk membahas investasi, dan bukannya untuk memindahtangankan kontrak tersebut seperti yang dituduhkan sebelumnya.

"Kontrak yang dimaksud hanyalah kontrak penerimaan investasi dari perusahaan saham gabungan MMO Entertainment, agensi Kang Daniel sebelumnya untuk mendukung kegiatan sang artis dengan lingkungan terbaik,” tutur pengacara itu lagi.

“LM Entertainment tidak memindahtangankan hak kontrak kepada siapapun dan masih memegang hak manajemen seperti merencanakan album, menandatangani kontrak untuk beragam acara seperti fan meeting atau konser dan lain-lain. Untuk urusan bisnis, perusahaan tengah bekerja secara mandiri dan tidak ada campur tangan dari orang lain,” tegas Kim Moon Hee.

LM Entertainment terkejut dengan tindakan Kang Daniel yang terkesan tergesa-gesa di saat mereka masih bisa melakukan mediasi untuk mencapai kesepakatan bersama. Apalagi ia juga mengganti kuasa hukumnya dan mengabaikan semua yang telah dibahas dan langsung mengajukan pembatalan kontrak.

Hingga kini, perusahaan masih berharap untuk bisa menghapus kesalahpahaman yang ada guna mencapai titik kompromi di antara mereka.

Mereka juga mengklaim bahwa perusahaan telah mempersiapkan diri agar Kang Daniel bisa segera melakukan promosi sebagai artis solo begitu kontraknya berlaku.

“LM Entertainment telah mempersiapkan diri sehingga Kang Daniel akan segera dapat melakukan promosi solo begitu kontraknya berlaku, dan kami menyesal harus menyampaikan berita semacam ini kepada penggemar Kang Daniel dan kepada publik,” ujar Kim Moon Hee, seperti dilansir Soompi.

LM Entertainment masih melanjutkan upayanya untuk mendapatkan kembali kepercayaan dan mencapai kompromi dengan Kang Daniel serta berupaya mengembalikan Kang Daniel ke aktivitasnya segera mungkin.

Seperti yang diketahui, pada 21 Maret 2019 lalu, pihak Kang Daniel secara resmi telah mengajukan pembatalan kontrak terhadap LM Entertainment melalui kuasa hukumnya Yeom Yong Pyo.

Pihak Daniel mengklaim bahwa LM Entertainment telah menandatangani kontrak kerja sama yang isinya memindahkan hak-hak yang ada di dalam kontrak eksklusif Kang Daniel ke pihak ketiga tanpa persetujuan dari Kang Daniel sebelumnya, dengan demikian hal tersebut dianggap sebagai pelanggaran kontrak eksklusif.


Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Musik)

Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight