Live Streaming Sidang Penentuan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah

Oleh: Endah Murniaseh - 11 Mei 2021
Dibaca Normal 1 menit
Pelaksanaan sidang isbat akan dilaksanakan secara daring dan luring mulai pukul 17.00 WIB.
tirto.id - Sidang isbat penentuan hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah akan dilaksanakan hari ini, Selasa (11/5/2021) di Auditorium HM. Rasjid, kantor Kementerian Agama, jalan MH. Thamrin No.6 Jakarta.

Pelaksanaan sidang isbat akan dilaksanakan secara daring dan luring sebab, saat ini masih dalam masa pandemi COVID-19. Selain itu, pada pelaksanaan sidang isbat tidak semua perwakilan akan hadir secara fisik di kantor Kementerian Agama.

Sidang isbat juga akan dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan, serta dipimpin langsung oleh Menteri Agama, Yaqut Qoumas.

Panitia juga akan menyiapkan aplikasi pertemuan secara daring (Zoom Meeting) yang disediakan untuk peserta sidang ataupun para media. Mengingat peliputan akan dilakukan secara terbatas.

Sidang isbat nantinya hanya akan dihadiri oleh Menteri Agama, Wakil Menteri Agama, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Komisi VIII DPR, sejumlah duta besar negara sahabat, serta perwakilan ormas.

Kamarudin Amin, selaku Dirjen Bimas Islam menyampaikan bahwa Kementerian Agama bekerjasama dengan TVRI untuk menjadi TV Pool dalam pelaksanaan sidang isbat penentuan 1 Syawal 1442 Hijriah.

“Kemenag bekerjasama dengan TVRI untuk menjadi TV Pool. Media yang ingin menyiarkan sidang isbat awal Syawal bisa berkoordinasi dengan TVRI,” ucap Kamaruddin yang dilansir dari laman Kemenag RI.

Selain dapat disaksikan melalui siaran TVRI serta media yang bekerjasama dengan TVRI, sidang isbat juga dapat disaksikan melalui live streaming pada media sosial Kementerian Agama.

Berikut adalah link untuk menyaksikan sidang isbat penentuan 1 Syawal 1442 Hijriah.
Melansir dari Instagram Kemenag RI, pelaksanaan sidang isbat akan dimulai pada pukul 17.00 WIB. Berikut adalah susunan acara pada sidang isbat penentuan 1 Syawal 1442 Hijriah.

Agenda Pukul Sifat
Seminar posisi hilal 17.00 WIB untuk umum via zoom dan Youtube Kemenag RI
Sidang isbat, diawali dengan salat Maghrib 18.00 WIB khusus untuk undangan
Telekonferensi pers penetapan 1 Syawal 1442 H 19.15 WIB khusus jurnalis via zoom / TV Pool TVRI



Baca juga artikel terkait LEBARAN 2021 atau tulisan menarik lainnya Endah Murniaseh
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Endah Murniaseh
Penulis: Endah Murniaseh
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight