Live Pilpres dan Pileg 2019: Rakyat Memilih

Header Quick Count Pilpres 2019. tirto.id/Gery
TIMELINE KRONOLOGI
00:01
Pemilu Legislatif dan Presiden 2019 sudah hampir rampung. Kini, pemilu tinggal menyisakan proses rekapitulasi suara yang berlangsung tadi siang hingga Rabu (22/5/2019).

Rekapitulasi ini berlangsung secara bertahap mulai dari TPS hingga KPU. Proses rekapitulasi di TPS sudah berlangsung hari ini, Rabu (17/4/2019) hingga Kamis (18/4/2019) besok. Setelah dihitung di tingkat TPS, suara akan direkapitulasi di tingkat kecamatan mulai Kamis (18/4/2019) hingga Sabtu (4/5/2019).

Selepas itu, 514 KPUD Kabupaten/Kota akan mulai merekapitulasi hasil pilpres dan pileg mulai Senin (22/4/2019) hingga Selasa (7/4/2019). Pada hari yang sama, rekapitulasi suara berjalan di 34 KPUD Provinsi dan berlangsung hingga Senin (12/5/2019).

Kemudian, hasil rekapitulasi ini dihitung ulang KPU Pusat mulai Kamis (25/4/2019) hingga Rabu (22/5/2019). Di hari terakhir penghitungan ini, capres-cawapres dan caleg terpilih sudah bisa dipastikan, meski KPU belum secara resmi menetapkan mereka.

Penetapan secara resmi ini menunggu hasil sidang sengketa pilpres di Mahkamah Konstitusi yang digelar mulai Kamis (23/5/2019) hingga Sabtu (15/6/2019). Paling lama 3 hari setelah sidang di MK selesai, KPU bakal mengumumkan secara resmi siapa pemenang Pilpres 2019.
23:40
Komisi Pemilihan Umum menyatakan data scan C-1 sudah mencapai 1,7 persen hingga pukul 22.45 malam ini. Data itu didapat dari dalam dan luar negeri.

“Aplikasi situng sampai pukul 22.45, juga telah menerima hasil scanning C-1 untuk dalam negeri sebanyak 14.567, kemudian untuk luar negeri sebanyak 49,” kata Ketua KPU Arief Budiman di Kantor KPU.

Hingga pukul 23.00 WIB, Arief mengatakan data TPS yang belum melaksanakan pemungutan suara berjumlah 2.249 dan tersebar 18 kabupaten/kota.

“Kalau diprosesntase kurang lebih 0.28 persen,” ucap dia.

Arief juga berharap partisipasi pada Pileg dan Pilpres 2019 ini mencapai 77,7 persen sesuai target. Sementara untuk partisipasi pemilu di luar negeri hingga saat ini sudah mencapai 65 persen.

“Laporan ini berasal dari 67 PPLN dari total 130 ppln yang kami bentuk untuk jalankan pemilu,” kata dia.
22:45
Sandiaga Uno meninggalkan rumah Prabowo di Kertanegara, Jakarta Selatan, dengan menggunakan mobil. Di dalam mobil terlihat pula istrinya, Nur Asia.

Saat Sandiaga keluar, kira-kira 250an orang pendukung meneriakkan namanya, juga nama Prabowo. Mereka juga menyinggung Jokowi.

"Prabowo menang!"
"Turunkan Jokowi!"

Sandiaga sebelumnya tak muncul sama sekali saat Prabowo dua kali muncul mendeklarasikan kemenangan.
22:03
Prabowo Subianto meninggalkan kediamannya di Kertanegara, Jakarta Selatan. Ia keluar rumah sembari menyapa para pendukung dan relawan yang masih berkumpul. Jumlahnya kira-kira 350an orang.

Saat Prabowo keluar, mereka berteriak-teriak.

"Prabowo presiden!"
"Turunkan Jokowi!"

Prabowo menghabiskan waktu 10 menit hingga mobilnya keluar dari garasi menuju Jalan Raya Sisingamangaraja.

Masih ada beberapa tokoh yang berada di rumah Kertanegara, dari mulai Sandiaga Salahuddin Uno, Fahri Hamzah, hingga Amien Rais.
22:00
Komandan Komando Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono meminta sejumlah pihak menunggu hasil perhitungan suara yang dilakukan KPU. AHY, sapaannya, tak mau buru-buru mengucapkan selamat meski partainya merupakan salah satu pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno.

“Kita tahu bahwa hingga malam ini, sedang rekapitulasi suara. Mari hargai proses yang berjalan, kita kawal suara jangan sampai terjadi kecurangan di TPS, maupun tempat lain dalam proses perhitungan suara. Kita hormati proses di KPU,” ucap Agus.

AHY yang didampingi Ketua Bappilu Partai Demokrat Edhi Baskoro Yudhoyono dan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan, juga menyoroti sejumlah masalah yang terjadi dalam Pilpres dan Pileg 2019 ini. Salah satunya, seperti yang terjadi di Papua.

“Mudah-mudahan segera dihadirkan solusi agar dapat hak yang sama untuk salurkan suara,” ucap dia.

Buat menghindari kesimpangsiuran hasil pemilu, AHY juga meminta kepada seluruh pihak untuk menahan diri guna menghindari benturan antarkubu yang sedang bertarung di pemilu ini. Jika mendapati kecurangan, AHY meminta kepada siapapun untuk segera melapor kepada aparat.

“Partai Demokrat mengimbau siapapun yang temukan kecurangan kumpulkan bukti dan laporkan melalui jalur hukum,” ucap dia.
21:00
Komisioner KPU mengatakan secara umum Pemilu 2019 berjalan dengan baik. Namun ada sejumlah TPS di tujuh kabupaten/kota yang belum melaksanakan pemungutan suara.

"Dari 29 kabupaten/kota itu yang ada problem, kemudian pemungutan suaranya belum dapat dilaksanakan, tersebar di tujuh kabupaten kota," kata Komisioner KPU Hasyim Asy'ari di Hotel Ritz Carlton Jakarta.

Hasyim menjelaskan, penyebab tertundanya pemungutan suara ialah karena faktor cuaca. Pengiriman logistik dengan pesawat jadi tertunda.

"Posisi logistik sudah siap, tapi belum bisa diterbangkan," tambah Hasyim.

Proses pemungutan suara akan dilakukan sesegera mungkin jika cuaca sudah cerah, kata Hasyim.
20:29
Prabowo Subianto menyampaikan pidato di depan pendukungnya di depan rumahnya di Jalan Kartanegara, Jakarta Selatan. Ia mengklaim menang dan akan jadi presiden bagi seluruh rakyat.

"Ini kemenangan bagi rakyat Indonesia, seluruh rakyat indonesia, dan saya katakan di sini, saya akan jadi presiden seluruh rakyat Indonesia, dan bagi saudara sekalian yang membela 01, tetap kau akan saya bela," kata Prabowo.

"Saya akan dan sudah menjadi presidennya seluruh rakyat Indonesia. Kita akan membangun Indonesia yang menang, Indonesia yang adil makmur, yang damai, dan disegani seluruh dunia," imbuhnya.

Selain menyampaikan pidato kemenangan, Prabowo berterima kasih kepada seluruh pendukungnya terutama kepada emak-emak yang selama ini menjadi pendukung di garda depan.

"Terima kasih sekutu saya, PAN, PKS, Demokrat, Berkarya, dan paling penting partai emak-emak juga para pejuang di seluruh indonesia," imbuhnya.

Saat memberikan pidato kemenangan, Prabowo tampak berpidato dengan semangat. Ia didampingi Salim Segaf Al Jufri, Mustafa Kemal, Slamet Ma'arif, Idrus Sambo, Tedjo Edhy, namun kembali tanpa didampingi Sandiaga Uno. Ia kemudian menutup pidatonya dengan takbir dan bersujud.
20:23
Jokowi-Ma'ruf Amin unggul di TPS 012, tempat sekitar 36 tahanan KPK menggunakan hak pilih dalam Pilpres 2019.

Dari total 215 surat suara, termasuk 36 suara tahanan KPK, Jokowi-Ma'ruf unggul dengan perolehan suara 127 suara. Sementara Prabowo-Sandiaga hanya mengantongi 85 suara.

"Hasil suara pemungutan capres 01 (nomor urut Jokowi-Ma'ruf) mendapatkan 127, capres 02 mendapatkan 85, suara tidak sah 3, jumlah total 215. Deal?" kata Ketua KPPS Bangun Mulyono.

"Deal," jawab para saksi.
19:50
PSI mengalahkan Partai Berkarya di TPS 02 Gondangdia, Jalan Cendana, kawasan kediaman keluarga mantan Presiden Soeharto.

Di tempat ini Ketua Umum Berkarya sekaligus anak Soeharto, Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto, mencoblos tadi pagi.

Jumlah suara sah di TPS ini sebanyak 217. Berkarya merebut 39 suara, sedangkan PSI mendapat satu suara lebih banyak, 40.

PSI bertengger di posisi dua, sementara berkarya di peringkat ketiga. Suara terbanyak di TPS ini diraih PDIP (49 suara).
19:40
Penghitungan suara Pilpres 2019 di TPS 012, Guntur, tempat 36 tahanan KPK menggunakan hak pilih, baru dimulai.

Penghitungan sempat ditunda karena ada perbedaan antara daftar nama yang menggunakan hak pilih dengan jumlah surat suara.

"DPT dan DPTb itu jumlahnya 215, begitu kami hitung kotak suara [ada] 216 surat," Kata panitia pemungutan suara.

KPPS memutuskan menganulir satu surat suara.

"Sepakat ya, saksi? Satu surat suara kita anggap rusak. Jadi di 215. Cocok?" Kata panitia.

"Cocok," kata para saksi.
18:49
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengucapkan terima kasih kepada calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto. Ucapan itu ia sampaikan dalam konferensi pers di kediamannya, Kebagusan, Jakarta Selatan.

Megawati menyebut dirinya sempat menyaksikan pidato yang disampaikan Prabowo Subianto. Meski Prabowo mengklaim menang, Mega lebih menyoroti arahan Prabowo kepada pendukungnya untuk tak mudah terprovokasi.

“Saya ingin juga ucapkan terima kasih banyak, karena beliau [Prabowo] telah menginstruksikan untuk jangan terpengaruh terprovokasi dan harus juga bersama-sama menjaga untuk tidak terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan,” kata Megawati yang didampingi dua anaknya, Puan Maharani dan Prananda Prabowo.

Menurut Megawati, sikap Prabowo menunjukan demokrasi. “Jadi kita boleh saja berbeda, tapi kita tetap merupakan warga bangsa,” ucap dia.

Sementara terkait hasil Pilpres 2019, Megawati mengatakan dirinya masih akan menunggu hasil perhitungan resmi dari KPU.

“Seperti tadi dikatakan Pak Jokowi, calon presiden, kami masih tetap mengikuti dan akan menunggu hasil keputusan resmi KPU,” kata Mega.
18:00
Anggota Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar, mengatakan ada TPS yang akan melakukan pemilu susulan dan juga pemilu ulang karena perkara teknis: kendala logistik atau pemilih.

Ada 38 TPS yang akan melakukan pemungutan suara ulang. Sedangkan TPS yang melakukan pemungutan suara susulan ada 1.395.

"Paling banyak terdapat di distrik yang ada di Papua. Seperti di Abepura sebanyak 367 TPS yang akan susulan, Jayapura Selatan 335, dan Intan Jaya 288 TPS," kata Fritz.

Ketua Bawaslu RI Abhan menambahkan kalau titik pemilu susulan dan ulang kemungkinan bertambah. Dan ini akan menjadi catatan mereka.

"Tentu ini harus menjadi catatan bagi KPU terkait ketersediaan logistik," pungkasnya.
17:55
TKN Jokowi-Ma'ruf tidak ambil pusing terhadap klaim kemenangan dari kubu Prabowo-Sandiaga. Wakil Ketua TKN, Abdul Kadir Karding, mengatakan itu bukanlah hal baru. Tim 02 selalu menampik hasil survei.

"Kalau dari sejak terbentuknya BPN sampai sekarang memang ada klaimnya, kan. Biar aja mereka menikmati itu sebagai bentuk pengobatan," kata Karding di Djakarta Theater, Jakarta.

Wakil Ketua TKN lainnya, Arsul Sani, juga tidak mau menanggapi serius klaim BPN dan Prabowo-Sandiaga. Dia mengaku cukup yakin dengan hasil lembaga survei nasional yang memang mempunyai rekam jejak terpercaya.

"Kalau exit poll, quick count, TKN mempercayakan kepada lembaga-lembaga survei," kata Arsul.
17:54
Wakil Ketua TKN, Abdul Kadir Karding, mengatakan malam ini mereka akan fokus mengawal para saksi--yang mengawal suara dari tingkat TPS hingga pusat.

"Kami tinggal mengawal saksi," kata Karding di Djakarta Theater.

Pengawalan ini, katanya, dilakukan agar tak ada kecurangan.

Karding bilang hasil hitung cepat TKN menyimpulkan Jokowi-Ma'ruf memperoleh suara 55 persen. Ini, menurutnya, cukup baik.

Jika tak ada masalah berarti, Karding optimistis Jokowi-Ma'ruf akan memenangkan Pilpres 2019.
17:45
Jokowi-Ma'ruf meraih lebih banyak suara di rumah tahanan (rutan) klas 1 Cipinang, Jakarta Timur, dibanding Prabowo-Sandiaga.

Jokowi-Ma'ruf mendapat 453 suara, sementara Prabowo-Sandiaga 410. 11 suara dinyatakan tidak sah.

Oga G Darmawan, Kepala Rutan Cipinang, mengatakan ada 1.110 warga binaan yang telah terdata sebagai pemilih dari total 4387 penghuni rutan. Mereka terbagi ke dalam 7 TPS (masing-asing TPS melayani 300an pemilih).

Mereka semua menggunakan seragam biru dan tertib mengantre.

Namun tak semua memilih. Hanya 868 orang yang memberi suara.
17:36
Ma'ruf Amin meninggalkan Djakarta Theater setelah beberapa menit sebelumnya Jokowi juga pergi. Dia akan pulang ke rumahnya di Menteng, Jakarta.

Sebelum pergi, Ma'ruf sempat melambaikan tangan ke arah wartawan dari dalam mobil. Saat itu dia bilang yakin menang Pilpres 2019. 

"Ya, ya [yakin menang]," kata Ma'ruf.

Dia yakin karena hasil hitung cepat--yang memang hasilnya memenangkan 01--biasanya tak banyak berubah. 

"Ya seperti tadi dilaporkan," tegas Ma'ruf.
17:01
Capres Nomor Urut 01 Joko Widodo memberikan respons terkait hasil quick count sejumlah lembaga survei. Ia meminta sejumlah pihak untuk menunggu hasil perhitungan KPU.

"Sudah beredar hasil exit poll dan quick count, tapi kita harus bersabar menunggu perhitungan dari KPU," kata Jokowi di Djakarta Theatre, Jakarta Pusat.

Selain memberi respons terhadap hasil quick count, Jokowi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada sejumlah pihak termasuk TNI dan Polri atas kelancaran Pilpres dan Pileg 2019.

Ia pun meminta kepada semua masyarakat Indonesia untuk kembali menjaga persatuan dan kesatuan selepasa Pemilu 2019 ini. 

"Marilah kita kembali bersatu sebagai saudara sebangsa dan tanah air setelah pilpres, merawat persatuan dan kerukunan kita," kata Jokowi.
16:54
Prabowo Subianto mengklaim ia menang Pilpres 2019 di hadapan pada pendukungnya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan. Ini didasarkan atas exit poll internal pada sekitar 5.000-an TPS di seluruh Indonesia.

Exit poll internal tim sukses bilang Prabowo-Sandiaga menang 55,45 persen.

Selain itu Prabowo juga menyerang lembaga survei lain yang sebagian besar hasilnya bertolak belakang: memenangkan Jokowi-Ma'ruf.

"Mohon semua relawan untuk mengawal kemenangan kita di TPS dan kecamatan. Juga saya tegaskan di sini pada rakyat bahwa ada upaya lembaga-lembaga survei-survei tertentu yang memang sudah bekerja untuk satu pihak, untuk menggiring opini seolah-olah kita kalah," kata Prabowo.

Ia juga bicara soal kecurangan, yang akhirnya membikin mereka rugi.

"Banyak surat suara tidak sampai, TPS buka jam 11, pendukung kita enggak dapat undangan dan sebagainya. Belum lagi banyaknya surat yang sudah dicoblos 01," kata Prabowo.

Saat konferensi pers 'kemenangan' ini, Prabowo ditemani beberapa orang seperti Djoko Santoso, Shohibul Iman, Yusuf Martak, Dahnil Anzhar Simanjuntak, dan Sufmi Dasco Ahmad. Tak ada Sandiaga Uno.
16:51
Berdasarkan hitung cepat Indikator pukul 16.51 WIB, PDIP menempati urutan pertama dengan raihan suara sebesar 21,31 persen. Disusul dengan partai Gerindra 12,26 persen, Golkar 11,7 persen, PKB 10,67 persen, dan Nasdem 9,56 persen.

Total data yang masuk baru mencapai 26,65 persen.

Sementara dalam hitung cepat Saiful Mujani pada waktu yang sama, Raihan suara PDIP sebesar 19,76 persen, disusul berturut-turut Golkar 12,33 persen, Gerindra 12,91 persen, PKB 9,98 persen dan Nasdem 9,55 persen.

Total suara yang telah masuk mencapai 29,8 persen.

Dalam survei Charta Politika, PDIP juga bertengger pada urutan pertama dengan raihan suara sebesar 21,06 persen. Pada posisi kedua ada Gerindra dengan perolehan 12,45 persen. Di bawahnya ada Golkar dengan perolehan 12,02 persen, PKB 10,23 persen, dan PKS 8,54 persen.

Meski data yang masuk masih di bawah 30 persen, Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, optimistis partainya benar-benar bakal jadi yang teratas.

"Ini suatu kepercayaan rakyat. Kami akan terus berbenah dan memperbaiki diri. Yang koruptor akan dipecat, dan itu tetap langkah yang akan dilakukan oleh PDI Perjuangan," ujar Hasto kepada reporter Tirto.
16:40
Paslon 01 Jokowi-Ma'ruf menang telak di TPS 08 Gondangdia. Lokasi TPS ini tepat di seberang markas Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Jalan Cemara, Jakarta Pusat.

Paslon 01 memperoleh 155 suara. Prabowo-Sandiaga memperoleh kira-kira sepertiganya, cuma 58 suara. Sementara 4 lainnya terhitung suara tidak sah.

Dengan demikian, total pemilih di TPS ini berjumlah 221. Sedangkan total suara sahnya berjumlah 217.

DPT TPS 08 Gondangdia berjumlah 293. Ada 24 orang terdaftar sebagai DPT tambahan.
16:20
Tak seperti di tempat lain, di TPS 012, Guntur, Jakarta, penghitungan suara dilakukan terhadap surat suara legislatif dulu. Di TPS ini ada sekitar 36 tahanan KPK menggunakan hak pilih.

Penghitungan sedianya dilakukan pukul 15.00. Namun akhirnya diundur karena muncul satu surat suara bermasalah.

"DPT dan DPTb itu jumlahnya 215, begitu kami hitung kotak suara [ada] 216 surat," Kata panitia pemungutan suara.

Panitia akhirnya sepakat melakukan penghitungan legislatif terlebih dulu.
16:19
Penghitungan suara untuk pemilihan legislatif di TPS 008 Gambir, tempat Jokowi memilih tadi pagi, dimulai. Ketua KPPS Hamdi Basjar memimpin langsung penghitungan.

Penghitungan dilakukan pertama-tama dengan mengeluarkan seluruh surat dari dalam kotak suara. Selanjutnya para petugas KPPS menjejerkannya di meja untuk dapat dilihat saksi dan wartawan.

"Surat suara DPR RI telah dikosongkan. Kami akan merinci pilihan masing-masing warga," ucap Hamdi.

"Kita mulai ya," lanjut Hamdi.

Pemenang akan diketahui kira-kira satu jam lagi.

Pada 2014, di TPS 27-Taman Suropati, tempat Jokowi menggunakan hak pilihnya, PDIP meraup suara hampir 50 persen atau setara dengan 125 suara. Di bawahnya ada Gerindra yang memperoleh 31 suara, lalu Golkar dengan 21 suara, Demokrat 15 suara, dan disusul Hanura dengan 15 suara.

Sisanya, sembilan suara, dinyatakan tidak sah.

Selain surat suara DPR RI, KPPS masih akan menghitung perolehan suara DPD, dan DPRD DKI Jakarta.
16:10
Seluruh petinggi partai pendukung Koalisi Indonesia Kerja berkumpul di Djakarta Theater, Rabu (17/4/2019). Dalam foto resmi yang dirilis oleh TKN Jokowi-Ma'ruf, sebagian besar ketua umum sudah ada di lokasi.

Jokowi berbincang ditemani Jusuf Kalla di sebelah kirinya, dan cawapres Ma'ruf Amin di sebelah kanannya. Di sebelah Ma'ruf ada Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, sedangkan di sebelah Jusuf Kalla ada Megawati Soekarnoputri.

Megawati awalnya dikabarkan berkunjung ke Istana Negara menemui Jokowi untuk "minum-minum teh". Namun keduanya ternyata hadir di Djakarta Theatre--yang rencananya digunakan sebagai tempat memantau hasil hitung cepat.

Dalam foto itu juga ada Ketua Umum PSI Grace Natalie, Ketua Umum PKP Indonesia Diaz Hendropriyono, Ketua Umum Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan juga Menko Polhukam Wiranto.

Yang tak terlihat dalam foto tapi datang adalah Ketua Umum PPP Muhaimin Iskandar dan Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang.
15:55
Setelah melakukan penghitungan suara untuk pilpres, KPPS TPS 041 Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat, memulai penghitungan untuk caleg DPR RI.

Di lokasi Prabowo Subianto mencoblos ini, tiga surat suara sah untuk Gerindra mengawali proses penghitungan suara.

Di Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat V ini ada nama-nama seperti Fadli Zon. Ia menempati nomor urut 1. Politikus lain yang cukup populer adalah Adian Napitupulu, caleg dari PDIP nomor urut 1.

Gerindra memang selalu unggul sejak Pileg 2014. Ketika itu mereka mendapatkan suara terbanyak dengan perolehan suara 343. Ini unggul jauh dari partai yang ada di posisi kedua, PDI Perjuangan, Nasdem, dan Hanura. Masing-masing hanya mendapatkan 3 suara. Sementara total suara tidak sah sebanyak 38.
15:30
Paslon 02 Prabowo-Sandiaga kalah telak dengan paslon 01 Jokowi-Ma'ruf di TPS 02 Gondangdia. TPS 02 terletak di kawasan kediaman keluarga mantan Presiden Seoharto, Jalan Cendana, Menteng, Jakarta Pusat.

Pasangan calon nomor urut 02 ini memperoleh 75 suara. Jumlahnya hampir separuh dari raihan suara Jokowi-Ma'ruf yang memperoleh 147 suara.

Di TPS 02, lima anak dan sejumlah cucu mantan Presiden Soeharto menggunakan hak pilihnya di TPS ini. Kelimanya adalah Hutomo Mandala Putra, Sigit Harjojudanto, Siti Hardiyanti Hastuti Rukmana, Siti Hediati Hariyadi, dan Siti Hutami Endang Adiningsih.

Di TPS ini, ada 288 DPT. Total pemilih sebanyak 224 orang. Total suara sah Pilpres 2019 sebanyak 222 surat suara tidak sah berjumlah 2 surat suara.

Pada Pilpres 2014, Keluarga Cendana menggunakan hak pilihnya di TPS 01 Gondangdia yang terletak Jalan Tanjung No 8, tidak jauh dari Jalan Cendana. Di TPS ini, Jokowi-JK unggul dengan perolehan suara sebesar 314 suara. Sedangkan Prabowo-Hatta mendapatkan hanya 215 suara.
15:25
Calon presiden (capres) nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) tiba di Djakarta Theater, Jakarta Pusat. Jokowi terlihat mengenakan kemeja putih dan celana hitam.

Saat dimintai tanggapan soal hasil perhitungan suara, Jokowi belum bisa memberikan tanggapan. Jokowi meminta awak media untuk sabar menunggu.

"Sabar... Sabar... Tunggu sepuluh menit," ujar Jokowi.

Jokowi tampak tidak datang dengan pasangannya Ma'ruf Amin. Jokowi datang bersama Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Lokasi Djakarta Theater merupakan tempat berkumpulnya kubu paslon 01, Jokowi-Ma'ruf, Tim Kampanye Nasional (TKN), dan sejumlah tokoh lainnya untuk menyaksikan proses hitung cepat.
15:22
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto percaya diri melihat hasil hitung cepat sejumlah lembaga yang memang menunjukkan hasil positif bagi paslon nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf.

LSI Denny JA, misalnya, mengatakan dari hasil exit poll, Jokowi-Ma'ruf keluar sebagai pemenang. Ini disampaikan via Twitter.

"Selamat datang Presiden-Wakil Presiden terpilih 2019-2024 versi Exit Poll LSI Denny JA. Diumumkan Denny JA di Kantor LSI Denny JA tanggal 17 April 2019, di hadapan wartawan, 1 detik setelah jam 15.00 WIB," cuit Denny JA.

Meski demikian, Hasto mengaku tidak ingin berlebihan menyikapi ini. Pengawalan suara, katanya, tetap diperlukan sampai akhir.

"Meskipun seluruh exit poll dan juga quick count menunjukkan dukungan rakyat kepada Jokowi-Ma'ruf Amin serta PDI-P, kami mengimbau kepada seluruh simpatisan anggota dan kader PDI-P untuk tetap terus bekerja sama dengan partai koalisi Indonesia kerja mengawal setiap suara rakyat," tegasnya.
15:15
Jokowi-Ma’ruf menang di TPS 008, Gambir, Jakarta Pusat. Ini adalah tempat Jokowi mencoblos pagi tadi.

Jokowi terdaftar dengan nomor 154, sedangkan Iriana, istrinya, 155.

Paslon nomor urut 01 ini memperoleh suara sebanyak 109. Sementara paslon nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga, hanya memperoleh 46. 1 suara tidak sah.

Sementara total yang tercatat di DPT mencapai 235.

Hasil perolehan ini dibacakan langsung oleh Ketua KPPS Hamdi Basjar.
15:14
Jokowi-Ma'ruf unggul di TPS 123 Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta, tempat Dewan Pembina BPN Prabowo-Sandiaga, Amien Rais, mencoblos.

Dari hasil perhitungan suara yang dilakukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Jokowi menang atas Prabowo dengan selisih 78 suara.

"Pasangan 01 mendapatkan 158 suara, pasangan 02 mendapatkan 80 suara, sedangkan ada dua suara tidak sah" kata Ketua KPPS 123 Condongcatur, Chitmatul Huda.

Jumlah pemilih di TPS tersebut yang menggunakan hak pilihnya ada 240 orang. Di antara ratusan DPT itu terdapat keluarga Amien Rais.
15:10
TPS 002, Kelurahan Selong, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, telah selesai melakukan penghitungan suara. Dari 210 surat suara yang tercoblos, Jokowi-Ma'ruf mendapat 133 suara.

Ini mengungguli Prabowo-Sandiaga yang hanya mendapat 76 suara. 1 suara dianggap tidak sah.

Hasil ini mungkin biasa-biasa saja. Jadi luar biasa karena faktanya di TPS inilah Sandiaga Uno mencoblos tadi pagi.

DPT di TPS itu sebanyak 239 orang, tapi 29 orang memilih menyoblos di tempat lain.

"Betul, itu hasil akhirnya. 29 orang memilih mencoblos di luar," kata Isman, Ketua KPPS 002 Selong.
15:05
Prabowo-Sandiaga menang telak di markas FPI di TPS 046, Petamburan, Jakarta Barat. Mereka memperoleh suara 150, sementara Jokowi-Ma'ruf 66. Ada 4 surat suara tidak sah.

Warga yang tinggal di sekitar TPS 046, terutama emak-emak, lantang berteriak: "Jemput Habib!"--panggilan bagi Rizieq Shihab, pentolan FPI.

Proses penghitungan surat suara dimulai pada 14.00, dan berakhir 15.05.

Ketua KPPS di TPS 046 Petamburan, Karyawan, menyebut bahwa penghitungan suara berjalan baik dan lancar.
15:05
Jokowi-Ma'ruf unggul di TPS 076, 077, dan 078, RT 02/055 di Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Ini adalah TPS yang dekat dengan rumah Gus Dur.

Dari tiga TPS itu, Jokowi-Ma'ruf mengantongi suara sebanyak 338. Sementara Prabowo-Sandiaga 266.

Hasil tahun ini juga sama seperti Pilpres 2014. Jokowi, yang ketika itu didamping Jusuf Kalla, unggul dengan perolehan 156 suara. Sedangkan Prabowo, bersama Hatta Rajasa, hanya meraih 116 suara. 6 suara dinyatakan tidak sah.

Jumlah DPT saat itu sebanyak 360 orang.
15:00
Paslon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul tipis terhadap Prabowo Subianto-Sandiaga Uno ddi TPS 062 Kebagusan, Jakarta Selatan, tempat Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mencoblos.

Paslon petahana Joko Widodo-Ma'ruf Amin mendapat 129 suara dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapat 118 suara. Perbedaaannya cukup tipis, hanya selisih 11 suara.

Dari total DPT di TPS 062, ada 286 orang yang harusnya mencoblos tapi hanya 247 pemilih yang mencoblos. Artinya 39 orang yang tidak menggunakan hak pilihnya. Namun, tidak ada surat suara tidak sah. 

Ketika penghitungan selesai, massa yang berada di luar TPS 062 bersorak. Mereka meneriakan nama Jokowi sambil bernyanyi.
14:55
Jokowi-Ma'ruf menang telak di TPS 39 dan TPS 40 Kelurahan Menteng, Jakarta Pusat. Dua TPS itu berlokasi tepat di depan rumah dinas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Perhitungan suara berakhir pada 14.45 WIB. Di TPS 39, Jokowi-Ma'ruf meraup 166 suara, sementara Prabowo-Sandiaga hanya mampu meraih 24 suara. Di TPS ini total ada 293 calon pemilih, namun hanya 190 orang yang menggunakan hak pilihnya.

Sementara di TPS 40, Jokowi-Ma'ruf pun berhasil menang telak dengan meraup 175 suara. Di sisi lain pasangan Prabowo-Sandi hanya meraih 52 suara. 4 suara lainnya dinyatakan tidak sah.
14:50
Pasangan calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menang telak di TPS 013 Jalan Wijaya Jalan Wijaya Timur VI, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

TPS ini jadi tempat Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mencoblos.

Paslon Prabowo-Sandiaga unggul telak dengan perolehan 170 suara. Paslon 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin hanya memperoleh 70 suara.

"Ini hasil akhirnya pasangan calon nomor 02 unggul 170,” kata Ketua KPPS Syaiful Bahri TPS 013.

Terdapat 240 suara sah, ada 4 suara tidak sah, dan ada 37 surat suara tidak digunakan di TPS 013.
14:45
Politikus PDI Perjuangan yang juga Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyambangi kediaman Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Kebagusan, Jakarta Selatan.

Sebelum Tjahjo, sebelumnya Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly juga menyambangi kediaman Megawati pada pukul 13.58.

Tjahjo datang mengenakan busana warna merah yang merupakan warna dominan PDI-P. Dalam kunjungannya, Tjahjo ingin memantau hasil hitung cepat bersama kader PDI-P yang lain.

Sebagai Mendagri, Tjahjo juga menyinggung soal pemilihan umum di Sentani, Papua yang bermasalah. Namun menurutnya hal itu bisa diselesaikan.

"Kalau tidak memungkinkan bisa besok. KPU sudah cukup ahli," kata Tjahjo.
14:37
Capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf unggul tipis raihan suara dari paslon 02 Prabowo-Sandi di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 51, Koja, Jakarta Utara.

Lokasi TPS ini adalah tempat cawapres nomor urut 01, Ma'ruf Amin bersama istrinya, Wury Estu Handayani mencoblos. Nama Ma'ruf Amin tercatat pada DPT nomor 128, sementara istri Ma'ruf, Wury Estu Handayani pada nomor 286. Riyan Setiawan

Jokowi-Ma'ruf hanya memperoleh suara sebesar 132 suara. Sedangkan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo-Sandi membayangi dengan raihan 129 suara. Sementara suara yang tidak sah sebanyak 5 suara.

"Calon dari 01 Jokowi-Ma'ruf Amin 131 suara. Calon dari 02 (Prabowo-Sandiaga Uno) 129 suara. Suara tidak sah 5. Jadi semua 266 suara yang memilih," kata Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Malawi Makhraj di lokasi pemilihan, Rabu (17/4/2019).

Saat ini penghitungan suara bagi capres-cawapres selesai dilakukan dan dilanjutkan dengan penghitungan suara DPRD, DPR-RI, dan DPD.

Di TPS ini, terdapat 300 daftar pemilih tetap (dpt) Pemilu serentak 2019. Dengan komposisi 151 pemilih laki-laki dan 149 pemilih perempuan.
14:25
Megawati Soekarnoputri meninggalkan kediamannya di Kebagusan, Jakarta Selatan. Dia akan bertemu Jokowi di Istana Merdeka.

Megawati pergi bersama dua anaknya, Prananda Prabowo dan Puan Maharani, dengan mobil yang berbeda.

Menurut Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, pertemuan itu bukan dalam rangka merumuskan pidato kemenangan atau diskusi hasil pemilu.

"Minum teh saja," katanya.

Megawati juga tidak jadi pergi ke Djakarta Theater, berkumpul bersama tim pemenangan Jokowi-Ma'ruf. Sore hari dia dijadwalkan kembali ke Kebagusan.
14:25
Erick Thohir sukses jadi tim kampanye Jokowi-Ma'ruf. Setidaknya di TPS-nya sendiri, TPS 17 Gudang Peluru, Tebet, Jakarta Selatan. Di sana Jokowi-Ma'ruf unggul dengan perolehan 163 suara, sementara Prabowo 69 suara.

Perhitungan suara dilakukan mulai 13.39 hingga 14.25.

"Iya, menang 01 (nomor urut Jokowi-Ma'ruf)," kata Ketua TPS 17 Wilson.

TPS 17 berada di gedung Sekolah Dasar Negeri Kebon Baru Blok F Komplek Gudang Peluru Tebet Jakarta Selatan. Di tempat ini ada 6 TPS lain selain TPS 17, yang juga seluruhnya dimenangkan Jokowi-Ma'ruf.
14:20
Prabowo-Sandiaga menang mutlak di TPS 041, Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. TPS ini adalah lokasi Prabowo mencoblos pagi tadi.

Prabowo-Sandi meraih suara 160, sementara Jokowi-Ma'ruf hanya enam. Suara yang tidak sah berjumlah empat (total ada 170 surat suara).

Di Pemilu 2014, Prabowo yang saat itu berpasangan dengan Hatta Rajasa juga menang telak. Saat itu ia memperoleh suara 752, sedangkan Jokowi hanya 19.
14:20
Paslon 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul di TPS 045 RT 001, 002, RW 004 Kelurahan Petamburan, Jakarta Barat. Di TPS ini nama tokoh Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Proses perhitungan yang dimulai 13.45 WIB selesai pada pukul 14.20, hasilnya, jumlah suara mendukung Paslon 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul dengan 98 suara, sedangkan kubu Prabowo-Sandi hanya meraih 79 suara. Di TPS ini, DPT laki-laki berjumlah 123 orang dan perempuan berjumlah 125 orang.

Jeky Mareno, Ketua KPPS TPS 045 menegaskan penghitungan berlangsung lancar dan kondusif, tidak ada hitung ulang.

“Jokowi menang engga masalah. Kami netral di sini. RT harus netral yg penting negara aman. Siapapun yg menang kami dukung,” katanya.

Rizieq Shihab masih terdaftar di TPS 045 Petamburan. Meski yang bersangkutan sudah menggunakan hak pilih dan hak suaranya lebih dulu di Mekkah, Arab Saudi, pada Jumat, 12 April, akhir pekan lalu.
14:19
Ketua KPPS Hamdi Basjar memimpin perhitungan suara di TPS 008 Gambir, tempat Jokowi memilih. Perhitungan dilakukan oleh sekitar 8 petugas KPPS dan sejumlah saksi.

"Kita mulai dari perhitungan suara pilpres. Capres dan cawapres," ucap Hamdi kepada saksi dan wartawan.

Perhitungan dimulai dengan mengeluarkan surat suara dari lima kotak. Selanjutnya surat suara yang ada dihitung di depan para saksi.

Lalu jumlah suara dicatat pada papan yang bisa disaksikan semua orang.

Panitia menyediakan tiga papan vertikal dan papan persegi panjang. Di papan-papan itu ada kertas yang memuat kolom-kolom untuk mencatat suara.
14:15
Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 039 yang terletak di Jl. Taman Pluit Permai mulai melakukan perhitungan suara pukul 14.15. TPS ini jadi lokasi Ketua Umum PSI Grace Natalie menyalurkan hak suaranya.

Steve Prasetyo Tanjung, Ketua KPPS memimpin perhitungan suara di TPS 039 yang terletak di belakang Gereja Katolik Stella Maris itu.

Perhitungan dilakukan sekitar 6 petugas KPPS dan sejumlah saksi yang hadir, yang merupakan gabungan dari partai hingga capres. Prosesi perhitungan surat suara ini dimulai dengan mengeluarkan surat suara dari keempat kotak. Selanjutnya surat suara yang ada dihitung di depan para saksi dan dicatat pada papan.

"Mari kita mulai penghitungan suara pada pemilu kali ini," ujar Steve.

Grace Natalie melakukan pencoblosan bersama suaminya, Kevin Osmond, ia mulai datang ke TPS sejak pukul 08.15 WIB.
14:07
Ada orang yang memilih pasangan Prabowo-Sandiaga di TPS 062 daerah Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, tempat Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memilih. Ini diketahui saat panitia melakukan penghitungan.

Tiga surat suara pertama dicoblos pada bagian Jokowi-Ma'ruf. Surat keempatlah yang berisi dukungan untuk Prabowo-Sandiaga.

Saat itulah massa bersorak dengan nada negatif.

"Woo..."

"Huu..."

"Whoo.."

Demikian kata warga.

Di TPS ini pemungutan suara selesai pukul 13.00. Penghitungan baru dimulai satu jam kemudian. Ada 286 orang yang terdaftar dalam DPT di TPS ini.

Megawati sendiri tetap berada di dalam rumah ketika penghitungan dimulai.
13:58
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menyambangi kediaman Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Kebagusan, Jakarta Selatan. Ia datang langsung dari bandara menuju rumah Megawati.

Yasonna adalah menteri pertama dari PDI-P yang mulai datang di Kebagusan. Rencananya para menteri dari PDI-P yang lain akan berkumpul di rumah Megawati.

Saat di rumah Megawati, Yasonna mengatakan tujuan kedatangannya untuk menyimak hasil hitung cepat versi internal dari PDI-P.

Ia juga menegaskan sejauh ini, kegiatan pemungutan suara terbilang lancar, termasuk di beberapa lokasi lembaga pemasyarakatan (LP). Namun, ia mengakui masih ada beberapa kendala, antara lain tidak lengkapnya nomor induk kependudukan atau dapilnya jauh dari lapas tempat penahanan.

"Ada napi-napi yang tinggalnya ditransfer dari daerah," kata Yasonna.

"Overall good,” tegasnya.
13:30
Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Erick Thohir dan anggota Dewan Pengarah TKN Pramono Anung meninggalkan kediaman Ketua PDI-P Megawati Soekarnoputri, di Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Saat meninggalkan lokasi, Erick terus berjalan masuk ke mobil bersama Pramono. Saat dicecar pertanyaan oleh para awak media, keduanya saling melempar tanggung jawab menjawab.

Erick juga tidak menjelaskan apa tujuannya datang ke rumah Megawati. Namun rencananya pada jam 14.30 nanti, TKN akan berkumpul bersama paslon 01 di Djakarta Theater, Jakarta, untuk menyaksikan hitung cepat.

"Nanti ketemu di sana ya," ucap Erick.
13:00
TPS 013 Jalan Wijaya Timur VI, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, tempat Ketua Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mencoblos, resmi ditutup pukul 13.00.

Jumlah DPT mencapai 263.225 orang di antaranya sudah menggunakan hak pilihnya. Sementara jumlah DPTb mencapai 13. Sisanya, enam orang, termasuk DPK. Mereka menggunakan KTP-elektronik sebagaimana diatur oleh KPU.

Jadi, total ada 285 orang yang terdaftar sebagai DPT, DPTb dan DPK. Dari jumlah itu hanya 244 yang menggunakan hak pilihnya.

Pukul 13.20, panitia penyelenggara di TPS 13 tengah bersiap melakukan penghitungan suara.

Pada Pilpres 2014, pasangan calon Joko Widodo-Jusuf Kalla menang di Kelurahan Petogogan dengan perolehan sebesar 4.125 suara atau setara 53,02 persen, sementara Prabowo Subianto-Hatta Rajasa 3.655 suara atau 46,98 persen.
13:00
Usai ditutup karena surat suara habis, TPS 041 Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, tempat Capres 02 Prabowo Subianto menggunakan hak pilihnya resmi memulai proses penghitungan suara.

"Saat ini tepat pukul 13.00 WIB kami secara resmi umumkan bahwa kegiatan pemungutan suara telah ditutup di TPS 041 dan akan dilanjutkan rapat penghitungan suara," ucap Dadan. Danuri Ahmad, Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 041.

Surat suara untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 akan dihitung lebih dulu, menyusul kemudian surat suara untuk Pemilihan Legislatif (Pileg).

Pada Pemilu 2014 lalu, Prabowo yang berpsangan dengan Hatta Rajasa menang telak di Desa Bojongkoneng, Kecamatan Babakanmadang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dari hasil penghitungan, kala itu Prabowo-Hatta memperoleh 752 suara, sedangkan Jokowi hanya 19 suara. Ada 8 suara dianggap tidak sah.
12:25
Anggota Dewan Pengawas Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Pramono Anung dan Ketua TKN Erick Thohir tiba di kediaman Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri. Keduanya datang bersamaan dengan dua mobil SUV.

Pramono dan Erick enggan berkomentar banyak soal detail agenda pertemuan pukul 14.30 WIB nanti.

"Nanti ya," kata Pramono.

"Udah pada tau kan," imbuh Erick.
12:12
Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Ace Hasan Syadzily mengatakan sampai sekarang belum ada perubahan terkait agenda TKN. Mereka rencananya akan berkumpul di Djakarta Theater pada pukul 14.30.

"Ya rencananya sampai sekarang Pak Jokowi dan Kyai Haji Ma'ruf Amin akna memantau hasil quick count bersama tim pemenangan," kata Ace kepada reporter Tirto.

Namun dia menyatakan bahwa pertemuan itu belum tentu dihadiri seluruh partai politik pendukung paslon nomor urut 01. Ace hanya bisa memastikan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang akan hadir di sana.

"Ketua Umum partai lain itu tergantung mereka. Tapi kalau Ketua Umum kami Pak Airlangga akan hadir," ucapnya lagi.
11:45
Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto tiba di kediamannya di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Kediaman Prabowo hanya sekitar 150 meter dari TPS 02, tempat Sandiaga Uno menggunakan hak pilihnya.

Prabowo tiba bersama dengan rombongan dalam iring-iringan mobil Lexus, Alphard dan Pajero berwarna putih.

Keluar dari mobil, Prabowo tampak menggunakan baju koko putih dengan peci hitam dan celana panjang. Dia sudah mencoblos di TPS 041, Bojong Koneng, Babakan Madang, Jawa Barat dan meninggalkan TPS tersebut sekitar pukul 08.45 WIB.
11:40
TPS 041 Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat telah mengakhiri proses pemungutan suara. Surat suara di TPS yang menjadi lokasi pencoblosan Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto ini telah habis sehimgga tak ada lagi yang mencoblos saat ini.

Menurut keterangan Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 041, Dadan Danuri Ahmad terdapat 117 Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan 144 Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) di TPS 041. Sementara, jumlah surat suara yang ada terdapat 170.

"Surat suara hanya ada 170," papar Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 041, Dadan Danuri Ahmad.

Dadan mengungkapkan, jika jumlah surat suara kurang, maka para pemilih akan dialihkan ke TPS-TPS sekitarnya, seperti ke TPS 40 dan TPS 38.

Meski jam TPS 041 sejatinya dijadwalkan tutup pukul 13.00 WIB, saat ini KPPS di TPS tersebut terlihat mulai mencicil persiapan untuk perhitungan surat suara.
11:38
Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mencoblos di TPS 13 Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Dia didampingi istrinya, Annisa Pohan dan putrinya, Almira Tunggadewi Yudhoyono.

Mereka kompak mengenakan baju serba biru dengan tulisan "jangan golput". Beberapa warga mengerubungi mereka untuk meminta foto bersama.

Usai mencoblos, rencananya AHY akan memantau quick count di Wisma Proklamasi. Pertemuan itu akan dihadiri para elite Partai Demokrat.
11:30
Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno menghibur para wartawan yang ada di Media Center BPN Prabowo-Sandiaga, Jalan Sriwijaya, Jakarta Selatan. Ia melakukan itu setelah melakukan pencoblosan di TPS 02 di dekat rumahnya.

Salah satu lagu yang dinyanyikan adalah lagunya Sindetosca berjudul "Kepompong". Ia bernyanyi ditemani Koordinator Juru Bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzhar Simanjuntak, juru bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Ferdinand Hutahaean, dan juga beberapa timses.

Setelahnya, ia berencana menuju Ambhara Hotel untuk melakukan peninjauan ke tempat timses bekerja.
11:20
Istri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Mufidah secara tidak sengaja salah memasukkan surat suara DPRD saat mencoblos di TPS 04, Jalan Brawijaya IV, Kelurahan Pulo Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Menurut keterangan JK, Mufidah salah memasukkan surat tersebut ke kotak ketiga yang sebenarnya diperuntukkan guna menampung surat suara DPD. Alhasil, dua surat suara yang dicoblos sang istri—DPD dan DPRD—tertukar.

"Ibu tadi salah masukin kotak, warnanya tidak cocok. Surat suara DPD dengan DPRD terbalik. Surat DPD jadi masuk ke kotak DPRD," jelas JK.

Menanggapi kesalahan Mufidah, salah seorang saksi bernama Olga Utomo dari Partai PDIP mengatakan surat suara yang tertukar tersebut nantinya akan tetap terhitung.

"Saya sebenarnya enggak lihat langsung karena terhalang wartawan. Tapi enggak apa-apa masih terhitung," tuturnya kepada Tirto.
11:18
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri berharap Pemilu 2019 beralangsung riang gembira. Dia berharap tak ada keributan dan pihak yang kalah bisa menerima dengan lapang dada.

"Waktu kalah ya saya ndak ribut ya sudah ketawa saja ayok kita makan-makan. Itu pilihan rakyat," kata Megawati di kawasan Kebagusan, Jakarta Selatan, Rabu (17/4/2019).

Menurut Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, apa yang diucapkan Megawati adalah upaya untuk mewaspadai gerakan massa bila ada kekalahan. Ancaman itu pernah keluar dari mulut dari Dewan Pembina PAN Amien Rais.

"Jangan sampai ada ancaman-ancaman lagi kalah pemilu mau melakukan people's power. Maka tadi ibu Megawati Soekarnoputri mengingatkan," kata Hasto di lokasi yang sama dengan Megawati.
11:01
Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin maramalkan akan menang 90 persen di TPS tempatnya mencoblos.

"Mencoblos di tempat sendiri mendapat dukungan dari masyarakat, semuanya menyambut gembira, saya kira ini pencoblosan paling nikmat," kata Ma'ruf Amin seusai menggunakan hak pilih di TPS 051, Koja, Jakarta Utara seperti dikutip dari Antara.

Ma'ruf juga berencana bertemu capres petahana Jokowi hari ini. Namun belum ada kepastian pukul berapa.

"Enggak tahu nanti malam, atau nanti sore, nanti saya diberi tahu pak Jokowi," ujarnya
11:00
Capres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) belum ingin berspekulasi soal siapa yang memenangkan Pilpres 2019.

"Ya nanti dilihat [menang atau tidak], sabar tinggal berapa jam nanti juga kelihatan," ucap Jokowi kepada wartawan usai menggunakan hak pilihnya.

Jokowi optimistis bahwa ia dapat memperoleh hasil pemilu yang memuaskan. Usai mencoblos, dia menyatakan tak ada agenda partai. Jokowi bersama istrinya hanya mengagendakan makan siang bersama keluarga.
10:40
Siti Hediati Hariyadi alias Titiek Soeharto telah menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 di TPS 02 Gondangdia, Jakarta Pusa. Selepas keluar dari TPS, Titiek mengatakan bersyukur telah menggunakan hak pilihnya.

Namun, Titiek menyinggung kotak suara yang digunakan pada Pemilu kali ini, yang menurutnya tak setara dengan membumbung tingginya anggaran. 

"Saya pegang kotak suara. Biaya pemilu begitu besar, kotaknya kok kardus?" ujar Titiek.

Titiek menilai kotak suara seperti itu rawan rusak karena di beberapa daerah, kotak suara diangkut melalui jalan rusak. Mantan istri Prabowo Subianto itu juga khawatir kotak suara rusak bila terkena hujan. 

Sebelum meninggalkan TPS bersama anaknya, Ragowo Hediprasetyo, Titiek berfoto pose salam jari dua ala Prabowo-Sandiaga. Sore hari nanti, Titiek berencana menyambangi rumah Prabowo di Jalan Kartanegara, Jakarta Selatan untuk memantau hasil hitung cepat (quick count).
10:31
Capres Nomor Urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menganggap tak tegang menghadapi pencoblosan Pemilu 2019. Sebelum menggunakan hak pilih bersama istrinya, Iriana, Jokowi malah asik bercengkrama dengan keluarganya.

"Main sama cucu," kata Jokowi ketika ditanya kegiatan sebelum mencoblos.

Jokowi mengatakan, hari ini dia tidak ada agenda pertemuan dengan partai. Usai mencoblos, kata Jokowi, agendanya ialah makan siang.
10:25
Ketua KPU Arief Budiman berserta komisioner KPU lainnya memantau pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2019 di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cipinang, Jakarta Timur.

Terdapat tiga TPS di Lapas Cipinang yang dikunjungi KPU, yakni TPS 168 yang terdapat di area rumah tahanan Cipinang, TPS 161 yang terdapat di Lapas Cipinang, dan TPS 175 yang terdapat di Lapas Narkotika Cipinang.

Bersama rombongan komisioner KPU juga hadir perwakilan dari beberapa negara sahabat.
10:22
Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto mengatakan, sore ini akan ada pertemuan koalisi. Rencananya akan dihadiri Jokowi, Ma'ruf, hingga para petinggi partai seperti Megawati Soekarnoputri.

"Kami rencanakan setelah jam 3 [sore]," kata Hasto di Kebagusan, Jakarta Selatan. "Tempat yang menyenangkan dan sejuk."

Tempat pertemuan itu masih dirahasiakan Hasto. Sementara ini, kabar yang beredar, pertemuan akan dilaksanakan di Djakarta Theater. Rencananya mereka akan melakukan monitoring hasil Pemilu 2019.
10:20
Cawapres nomor urut 01, Ma’ruf Amin telah menggunakan hak pilihnya di TPS 51, Koja Jakarta Utara sekitar pukul 10.20. Setelah keluar dari TPS, Ma’ruf mengutarakan kepercayaan dirinya.

Dia yakin khusus di TPS Koja, Paslon nomor urut 01 mampu meraup suara sampai 90 persen.

"Nikmat sekali, mencoblos di tempat sendiri dapat dukungan masyarakat semuanya menyambut gembira, saya kira ini pencoblosan paling nikmat. Yakinlah, ya 90 persen lah disini," kata Ma'ruf.

Setelah mencoblos, Ma’ruf yang didampingi istri dan keluarganya bertolak ke kediamannya di Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat.
10:16
Capres Nomor Urut 01 Joko Widodo (Jokowi) tiba di TPS 008 yang bertempat di Pelataran Gedung Lembaga Administrasi Negara. Dia datang didampingi ibu negara, Iriana Joko Widodo. Mereka disambut Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi.

Sebelum mencoblos untuk Pemilu 2019, di bilik suara, Jokowi dan Iriana berulangkali mengacungkan kertas suara ke awak media. Pengamanan di TPS tersebut berlangsung ketat. Beberapa jam sebelumnya TPS itu sempat disterilkan.
10:16
Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri telah menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2019 di TPS nomor 62, Kebagusan, Jakarta Selatan, Rabu (17/4/2019). Megawati mencoblos didampingi keluarganya, termasuk Puan Maharani dan Prananda Prabowo.

"Saya dan keluarga telah menjalankan kewajiban kami sebagai warga negara Indonesia," kata Megawati.

Ketika Megawati datang, dia mendahulukan keluarganya untuk lebih dulu menggunakan hak pilih mereka. Megawati bersyukur masih diberi kesempatan untuk memilih. Ia juga mengimbau semua kadernya untuk menyalurkan hak pilihnya.

"Saya merasa bersyukur semoga Insya Allah semuanya berjalan dengan baik," pungkasnya.
09:45
Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla telah menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 di TPS 4 Kelurahan Pulo Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Mengenakan baju putih, JK ini datang didampingi istrinya, Mufidah. JK juga didampingi oleh beberapa cucunya.

"Kami harapkan [pasangan] nomor 1 yang menang. Nanti kita lihat hasilnya. Berapapun [persentase], yang penting menang," kata JK kepada wartawan, Rabu (17/04/2019).

Selain JK, CEO Go-Jek Indonesia, Nadiem Makarim juga telah menggunakan hak pilihnya di TPS yang sama. Namun Nadiem enggan berkomentar banyak soal pilihannya.

"Saya ke sini cuma ingin mencoblos aja," tuturnya kepada Tirto.

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS 4 tercatat ada 250 orang. Tiga orang di antaranya memilih di tempat lain. TPS ini juga akan melayani 11 orang yang masuk ke dalam Daftar Pemilih Tambahan.
09:39
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta Timur keluhkan prosedur pemantauan Pemilu di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). Pernyataan itu diungkap oleh Komisioner Bawaslu Jakarta Timur Divisi Pengawasan Hubungan Antar Lembaga, Marhadi saat ditolak masuk ke dalam Lapas Kelas IIA Pondok Bambu.

"Iya katanya tadi surat perintah dari atasannya, Bawaslu juga masuk harus pakai surat tugas. Padahal saya juga ingin mengawasi di sana [di dalam Lapas]. Walaupun sudah ada pengawas TPS kita di dalam," ujar Marhadi kepada reporter Tirto di Lapas Kelas IIA Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Padahal kata Marhadi, tujuan dirinya datang ke Lapas salah satunya untuk memastikan bahwa petugas yang mereka terjunkan benar-benar sudah berada di dalam.

Marhadi meminta kepada Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM agar terbuka terkait aturan pengawasan pemilu di Lapas.

"Biasanya kita karena memang tugas kita mengawasi, kita biasa di mana aja boleh [melakukan sidak]," tandasnya.
09:37
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mencoblos di TPS 60, Lebak Bulus Dalam II, Jakarta Selatan. Dia datang ditemani istri dan putrinya.

"Dari dulu saya nomor 3!" ujar Anies sembari menunjukan jarinya yang berlumur tinta.

Nomor itu mengingatkan pada urutan pasangan Anies dan Sandiaga Uno dalam Pilkada DKI Jakarta 2017. Anies sengaja mengenakan kemeja putih saat berangkat ke TPS. Bukan bermaksud menyatakan dukungannya ke salah satu calon, kata Anies, ia hanya ingin mengulang kembali momen saat mencoblos pada Pilkada DKI Jakarta.

Siang ini Anies rencananya akan lawatan ke beberapa wilayah untuk memantau penyelenggaraan Pemilu. Beberapa di antaranya TPS 39 di daerah Menteng hingga TPS di Rutan Salemba. Kunjungan itu akan dilakukan Anies bersama sejumlah pejabat yang tergabung dalam forum komunikasi pimpinan daerah (Forkominda) DKI Jakarta.
09:32
Cawapres nomor urut 01, Ma'ruf Amin tiba di TPS 51, Koja, Jakarta Utara bersama istrinya, Wury Estu Handayani yang juga terdaftar di TPS tersebut. Selain istri, Ma’ruf juga didampingi anak-anaknya.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) non-aktif tersebut tampak mengenakan baju putih dengan bawahan sarung dan peci hitam. Ma'ruf bersama rombongannya berangkat dari kediamannya di Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat sekitar pukul 09:04 WIB, namun baru tiba di TPS sekitar pukul 09:32 WIB.

Jeda lama ini disebabkan rombongan Ma’ruf sempat mampir terlebih dahulu ke kediamannya yang lain di Jalan Deli Lorong 27 nomor 41 RT.007/008 Koja, Jakarta Utara yang hanya berjarak satu rumah dari lokasi TPS nya.

"Iya mampir ke rumah dulu," ujarnya.
09:29
Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto mengantre untuk memberikan suaranya pada Pemilu 2019 di TPS 02 Gondangdia, Jakarta Pusat. Ketua Umum Partai Berkarya itu mengenakan kemeja batik berwarna oranye bermotif Burung Cenderawasih.

Sambil berdiri mengantre, caleg dapil Papua itu berbincang dengan keponakannya, Danty Indriasari Purnamasari. Dia juga sesekali menatap daftar hadir pemilih TPS.

Tommy merupakan anak kelima mantan presiden Soeharto dan Siti Hartinah. Kedua kakaknya, Sigit Harjojudanto dan Tutut Soeharto, dan adiknya, Mamiek Soeharto, telah memberikan suaranya di TPS yang sama.
09:05
Budi Gunadi Sadikin, mantan Direktur Utama Bank Mandiri yang saat ini menjabat sebagai Direktur Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) telah menggunakan hak pilihnya di TPS 02, Pelong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Semoga sesudah selesai dicoblos ini yang terbaik buat Indonesia yang terpilih," ujar Budi.

TPS 02 juga tercatat merupakan tempat Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno menggunakan hak pilihnya. Sandiaga telah melakukan pencoblosan bersama keluarganya sekitar satu jam sebelum Budi.

Secara pribadi, Budi berharap tidak ada kericuhan yang terjadi akibat Pemilu 2019 ini.

"Buat yang menang ga usah sombong, Buat yang kalah ya ga usah sedih, kompak lagi buat membangun Indonesia," imbuhnya.
08:45
Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto meninggalkan TPS 041 Curug, Bojong Koneng, Bogor, Jawa Barat untuk menuju kediamannya yang hanya berjarak sekitar 600 meter. Saat akan meninggalkan TPS, Prabowo menyempatkan bersalaman dan berswafoto dengan warga setempat.

Kepergiannya juga diiringi yel-yel dari emak-emak warga sekitar TPS.

"2019 Prabowo-Sandi Presiden, Prabowo Presiden, Prabowo Presiden, Prabowo Presiden," teriak salah satu emak-emak bernama Siti Nurhasanah.

Hari ini Prabowo masih dijadwalkan bertolak ke kediamannya yang lain di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan untuk memantau proses hitung cepat (quick count).
08:45
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah memberikan hak suaranya di TPS 60, Lebak Bulus Dalam II, Cilandak Barat, Jakarta Selatan. Mengenakan pakaian serba putih, Anies berangkat ke TPS bersama istrinya, Verry Farhati dan Ibunya, Alliyah Rasyid dengan berjalan kaki.

Selain istri dan ibunya, Anies juga didampingi dua anaknya: Mikhail Azizi dan Mutiara Anisa, serta saudara kandungnya Abdillah Rasyid Baswedan.

Sebelum berjalan ke TPS, Anies sempat menjamu Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah, serta Camat Cilandak, S. Idris di kediamannya.
08:39
Bimo Setiawan Almachuzi alias Bimbim, salah satu personel grup music Slank bersama istrinya Reny Setiawati dan anaknya, Mezzaluna D'Azzuri telah menggunakan hak pilihnya di TPS 031 Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan.

Di TPS, Bimbim dan rombongan sempat berkerumun di dekat papan pengumuman kertas suara yang memuat nama partai. Dia mengatakan sempat kebingungan ketika diharuskan memilih calon anggota DPRD dan DPD.

"Iya sudah nyari, googling tapi rada susah, susah nyari track record-nya" ucap Bimbim saat ditanya.

Keluarga besar Slank mulai terlibat dalam kampanye Pemilu secara terbuka sejak 2014. Selain Bimbim, personel Slank lain, salah satunya Kaka (vokalis) juga terdaftar di TPS 031, namun belum terlihat hadir di lokasi.
08:37
Peneliti Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Mahardhika menegaskan proses penghitungan suara bisa didokumentasikan melalui foto atau video. Hal yang tidak diperkenankan ialah mendokumentasikan saat mencoblos di bilik suara.

“Semua proses di TPS boleh didokumentasikan dari luar area TPS,” kata Mahardhika kepada reporter Tirto.

Sedangkan terkait quick count, baru diperbolehkan dipublikasi pukul 15.00. "MK ingin kemurnian suara pemilih terjaga, tidak terganggu oleh informasi-informasi yang dikhawatirkan menggiring pilihan pemilih,” jelas Mahardhika," tuturnya.
08:30
Ketua Umum PSI Grace Natalie Louisa mencoblos di TPS 039, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara. Dia datang bersama suaminya, Kevin Osmond. Caleg DPR RI itu dikerubungi warga yang meminta foto bersama.

Sambil membuka surat suara Pemilu 2019, Grace sempat 'nyeletuk', "Kok enggak ada Nurhadi-Aldo ya?" ujarnya berkelakar. Usai mencoblos, Grace segera memasukkan surat suara ke kotaknya masing-masing dan mencelupkan jari ke tinta.

"Ini jantung masih berdebar kencang nih, dari semalam susah tidur. Rasanya melebihi pas mau nikah karena ini pertama kalinya saya menjadi partisipan di dalam pemilu," katanya saat ditemui usai mencoblos.
08:20
Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto mencoblos di TPS 041, Curug, Bojong Koneng, Bogor, Jawa Barat. Dia mengenakana kemeja putih dan celana krem, dengan kopiah dan kacamata berwarna hitam. Prabowo datang bersama Waketum Partai Gerindra Fadli Zon menggunakan mobil.

"Kok kalian di sini? Enggak pada nyoblos?" kata Prabowo bertanya ke para wartawan yang sedang bekerja.

Saat berada di bilik suara, Prabowo terlihat kesulitan saat membuka surat-surat suara, terutama untuk surat suara Pemilihan Legislatif. Usai mencoblos, Prabowo melumuri dua jarinya dengan tinta.
08:15
Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno telah melakukan pemilihan di TPS 02 Pelong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Dia datang bersama istrinya, Noor Asiah A. Aziz, kedua anaknya: Amyra Atheefa Uno dan Anneesha Atheera Unoditemani, dan orangtuanya: Razif Halik (Henk) Uno dan Mien Rachman Uno.

"Plong, Plong banget," katanya sesaat setelah melakukan pemilihan. "Plong dan kami ingin sekali lagi menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih kepada seluruh masyarakat, rakyat Indonesia."

Dia mengimbau masyarakat untuk datang ke TPS sesegera mungkin, untuk menghindari antrian panjang.

"Saya semenjak datang dan antriannya tadi tidak terlalu panjang sekitar 45 menit sampai satu jam," kata Sandiaga. "Sekali lagi saya menghimbau, terutama yang di wilayah Indonesia tengah dan barat segera ke TPS untuk memastikan bahwa hak pilih digunakan."
07:35
Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno tiba di TPS 02 Pelong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan bersama istrinya, Noor Asiah A. Aziz, kedua anaknya: Amyra Atheefa Uno dan Anneesha Atheera Unoditemani serta orangtuanya: Razif Halik (Henk) Uno dan Mien Rachman Uno.

Sandi terdaftar dengan nomor urut 193 dari total 237 nama dalam DPT TPS 02. Selain Sandi, salah satu figur publik yang terdaftar sebagai pemilih di TPS 02 Pelong adalah Budi Gunadi Sadikin, mantan Direktur Utama Bank Mandiri yang saat ini menjabat sebagai Direktur Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum).

Selepas mencoblos, Sandi dijadwalkan bertolak ke kediaman Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan untuk memantau proses quick count (hitung cepat).
07:30
Sri Sultan Hamengkubuwono (HB) X tiba di TPS 15, Kraton, Panembahan, Yogyakarta. Dia didampingi GKR Hemas, anak-anaknya (kecuali GKR Mangkubumi dan suami), menantu, dan cucunya.

HB X mendatangi TPS dengan berjalan kaki. Begitu tiba, HB X dan rombongan langsung mendaftarkan diri, kemudian duduk di kursi khusus yang telah disediakan panitia. Namun dia belum bisa langsung mencoblos karena hingga saat ini panitia masih membuka dan menata surat suara.

Di TPS Panembahan, tercatat ada 285 DPT. Namun dalam data tersebut ada beberapa nama yang dicoret, dengan rincian: satu orang meninggal dunia, empat orang terdaftar ganda, dan satu orang pindah tempat memilih. Sehingga terhitung ada 279 orang yang akan memilih.
07:25
Anak kedua mantan presiden Soeharto dengan Siti Hartinah, Sigit Harjojudanto tiba di TPS 02 Gondangdia, Jakarta Pusat, pukul 07.10 WIB. Namun saat diminta petugas untuk menunjukkan e-KTP sebagai syarat mencoblos, Sigit tidak membawanya.

Sigit lantas memutuskan pulang guna mengambil e-KTP dan tiba kembali di TPS sekitar pukul 07.25 WIB. Sambil mengantre giliran mencoblos, dia melihat daftar calon anggota DPR dan DPRD yang terpampang di papan pengumuman TPS.
07:00
Eks Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo tiba di TPS 02 Gondangdia, Jakarta Pusat. Didampingi istrinya, Foke tampak mengenakan kemeja batik.

Foke sempat melihat-lihat papan bertuliskan Daftar Calon Tetap (DCT) DPR, DPRD, dan DPD sebelum melakukan proses pencoblosan.

"Pilih yang bisa kerja," ujar Foke saat ditanya siapa calon yang dia pilih.
05:50
Usai salat tahajud dan subuh berjaamaah, Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno meninggalkan masjid dan menuju kediamannya dan bersiap melakukan pencoblosan di TPS 02, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Kami sudah sampaikan kepada calon pemilih bahwa isu utama yang dihadapi bangsa adalah persoalan ekonomi dan referendum ekonomi yang akan kita hadapi tanggal 17 April ini, insyaallah akan menghadirkan solusi buat bangsa," kata Sandiaga.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum Kota Jakarta Selatan di TPS 02 Kebayoran Baru, terdapat 237 orang yang terdaftar akan melakukan pencoblosan di TPS tersebut, terdiri dari 110 laki-laki dan 127 perempuan.
04:50
Warga yang tinggal di sekitar Sekretariat DPP Front Pembela Islam (FPI) di Petamburan III, Jakarta Pusat melaksanakan salat subuh berjamaah sebelum menggunakan hak pilih masing-masing. Usai salat, jamaah yang hadir mendengarkan ceramah Muhammad Bin Hasan Bin Tahir.

"Pemilihan jangan sampai menimbulkan keributan, memutuskan silaturahmi, dan juga persatuan," ucap Muhammad.

Muhammad juga berdoa agar Indonesia mendapatkan pemimpin yang adil dan bisa menjadikan Indonesia negara yang aman.

Terdapat enam Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di sekitar Sekretariat DPP FPI. Masing-masing adalah TPS 46, TPS 47, TPS 25, TPS 52, TPS 31, dan TPS 53.
04:40
Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto memulai rutinitas pada hari pencoblosan dengan salat subuh berjamaah di Masjid Nurul Wathan, Hambalang, Bojongkoneng, Jawa Barat, Rabu (17/4/2019) pagi.

Prabowo tampak memakai setelan baju koko putih serta celana panjang dan peci hitam. Setelah menunaikan salat subuh, dia bersalaman dengan jamaah lain.

Prabowo dijadwalkan mencoblos di TPS 041, Bojong Koneng, Babakan Madang, Jawa Barat sekitar pukul 07.00 WIB.
03:15
Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Salahudin Uno salat tahajud berjamaah di Masjid At-Taqwa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Dia datang mengenakan kopiah dan baju koko bewarna putih serta celana panjang hitam.

"Saya mau tahajud dulu," kata Sandiaga. Dia tampak berada di shaf kedua.

Masjid At-Taqwa dipadati puluhan orang mengenakan pakaian warna putih. Mereka turut serta beribadah bersama Sandiaga. Sejumlah personil polisi dan TNI juga terlihat berjaga di sekitar masjid.
22:10
Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto berharap tak ada kecurangan dalam Pemilu 2019. Sebab ia yakin betul akan menang 63 persen melawan pasangan petahana Jokowi-Ma'ruf.

"Sebetulnya kami hitung 63,26 persen. Tapi 63 [persen] oke lah," kata Prabowo saat konferensi pers di Kertanegara, Selasa (16/4/2019).

Usai meramal, Prabowo dan pasangannya, Sandiaga Uno bersama para elite partai koalisinya mengadakan doa lintas iman. Beberapa petinggi partai di antaranya Presiden PKS Shohibul Iman, Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan, Ketua DPP Partai Berkarya, Siti Hediyati Soeharto atau Titiek Soeharto, Sekjen PAN Eddy Soeparno, hingga Ketua BPN Prabowo-Sandiaga Djoko Santoso.
21:30
Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin, Erick Thohir menyerukan ulang agar masyarakat menggunakan hak pilihnya. Dia meminta jangan ada yang takut diintimidasi.

"Pelaksanaan pemungutan suara pemilu, dikawal oleh aparat keamanan," kata Erick Thohir kepada pers, di Media Center Cemara, Menteng, Jakarta, Selasa (16/4/2019).

Dia berharap pelaksanaan pemilu harus berjalan sesuai azasnya yakni langsung, umum, bebas, dan rahasia, serta jujur dan adil. "Jangan sampai golput," ucapnya.
20:56
Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono mengajak milenial agar menggunakan hak pilih masing-masing dalam Pemilu kali ini. Ajakan itu dilakukan AHY lewat unggahan video di akun Twitternya.

"Gunakan hak pilih kita besok, jangan sampai golput. Sekali lagi jangan golput khususnya anak-anak muda," katanya dalam video berdurasi satu menit tersebut.

Putra Sulung Presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono itu dijadwalkan menggunakan hak pilihnya hari ini di TPS 13, Kelurahan Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Berdasarkan data KPU, jumlah DPT di TPS ini adalah 263 orang, terdiri 134 pemilih laki-laki dan 129 perempuan.