Listrik Gratis Januari 2021 Cara Klaim di pln.co.id, PLN Mobile, WA

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 6 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Token listrik gratis bisa diklaim mulai 7 Januari 2021 dengan mengakses website PLN di www.pln.co.id, WhatsApp PLN dan PLN Mobile.
tirto.id - Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, Agung Murdifi mengatakan token listrik gratis bisa diklaim mulai 7 Januari 2021 dengan mengakses website PLN di www.pln.co.id, WhatsApp PLN dan PLN Mobile.

"Stimulus Covid-19 bagi pelanggan PLN sudah mulai bisa dinikmati pada tanggal 7 Januari 2021," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Tirto.

Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang waktu pemberian bantuan keringanan biaya listrik kepada pelanggan PLN kategori rumah tangga daya 450 VA dan 900VA bersubsidi, serta kategori bisnis dan industri daya 450 VA hingga bulan Maret 2021.

"Perpanjangan program subsidi tagihan listrik ini merupakan upaya pemerintah untuk meringankan beban kelompok masyarakat tidak mampu dan rentan dalam menghadapi pandemi Covid-19," katanya.

Bagi pelanggan rumah tangga, program ini memberikan diskon 100 persen kepada pelanggan listrik kategori daya 450 VA dan diskon 50 persen kepada pelanggan kategori daya 900VA bersubsidi yang sudah terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial. Sedangkan untuk pelanggan bisnis dan industri daya 450 VA akan diberikan 100 persen tagihan listrik.

Cara klaim listrik gratis PLN


Untuk mengklaim token listrik gratis dan diskon 50 persen ini pada 7 Januari 2021, Anda bisa menggunakan tiga cara di bawah ini.

Token listrik stimulus Covid-19 melalui website

1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian pilih menu Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon).
2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter.
3. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.

4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Klaim token listrik gratis melalui WhatsApp

1. Buka Aplikasi WhatsApp.
2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.
3. Token gratis akan muncul.
4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Klaim token listrik gratis melalui PLN Mobile

1. Buka Aplikasi PLN Mobile.
2. Klik “PLN Peduli Covid-19” pada bagian Info & Promo.
3. Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter.
4. Token gratis akan muncul.
5. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Subsidi listrik adalah salah satu bantuan sosial yang diperpanjang pemerintah bagi warga yang terkena dampak pandemi Covid-19. Pemerintah juga melanjutkan program PKH Kemensos, Bansos Kartu Sembako hingga bantuan tunai.

Untuk menjangkau pelanggan di daerah terpencil, PLN juga akan bekerjasama dengan perangkat pemerintah setingkat Kecamatan/Desa/Kelurahan untuk memastikan bantuan listrik selama pandemi Covid-19 dapat diterima masyarakat.

Dari sisi jumlah penerima stimulus Covid-19, pelanggan Rumah Tangga 450VA adalah 24,16 juta pelanggan, sedangkan pelanggan 900VA Bersubsidi sebanyak 7,87 juta pelanggan. Sementara jumlah pelanggan Bisnis Kecil (B1) dan Industri Kecil (I1) kurang lebih 459 ribu pelanggan.


Baca juga artikel terkait TOKEN LISTRIK GRATIS atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Agung DH
DarkLight