Lirik Torang Bisa Lagu PON Papua XX 2021: Artinya dan Makna Maskot

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 13 September 2021
Dibaca Normal 2 menit
Lirik Torang Bisa PON Papua XX 2021, maknanya dan arti maskot.
tirto.id - Lagu PON Papua XX 2021 berjudul "Torang Bisa" resmi meluncur sebagai soundtrack official pekan olahraga nasional. Panitia PON XX Papua akan menyelenggarakan pesta olahraga besar ini pada 2-15 Oktober 2021.

Lagu yang dinyanyikan oleh Vien Mangku dan Qibah Mansawan ini sudah terlebih dulu dikenalkan di Papua sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat lokal sebelum diluncurkan secara resmi di Jakarta,

"Lagu ini membawa pesan semangat pada pelaksanaan PON yang baru pertama kali digelar di Papua. Di dalamnya ada semangat dari Tanah Papua kepada para peserta yang akan bertanding, serta sambutan bagi atlet dari seluruh nusantara," kata Ketua Bidang II PB PON XX Papua, Roy Letlora, Sabtu (11/9/2021), dikutip Antara News.

Lagu "Torang Bisa" yang berarti "Kita Bisa" ini melalui proses penciptaan yang panjang. PB PON Papua sebelumnya membuka sayembara lagu tema pada Maret 2021, yang diikuti sebanyak 24 kontestan dari dalam dan luar Papua.

Dalam prosesnya, ada 15 kontestan yang akhirnya memasukkan lagu ciptaan mereka untuk tahap penilaian. Setelah melalui penjurian panjang yang dilakukan pekerja seni dari Papua, akhirnya terpilih lagu gubahan Hebat Fatahilah bertajuk "Torang Bisa" sebagai pemenang.

"Maknanya sangat dalam, dari setiap liriknya menggambarkan semangat dari Tanah Papua. Lokasinya yang berada paling timur, menjadi daerah yang paling awal menyambut matahari terbit. Dari situ maknanya akan terbit pula semangat yang tak pernah habis. Melalui lagu ini kami ingin Papua lebih dikenal," kata Plt Koordinator Bidang Pemasaran PB PON Papua, Karsudi.

Liriknya juga menceritakan empat hal yang tercermin dalam semangat para atlet di Papua, yaitu menjaga persatuan bangsa, menanamkan jiwa sportivitas, menyatukan perbedaan, dan saling bersatu menjadi juara.

Selain itu, "Torang Bisa" juga menjadi ungkapan atas isu kesetaraan yang menjadi perhatian seluruh masyarakat Indonesia.

"Kita merasa menjadi satu bagian, agar Papua bangkit dari ketertinggalan. Kita ingin semua sejajar dan lepas dari anggapan adanya kesejahteraan yang tidak merata. Itu semua digambarkan di lagu tema ini," kata Roy Letlora
menambahkan.


Arti Maskot PON Papua XX 2021 dan Tagline Torang Bisa


Torang Bisa, selain menjadi judul lagu official PON Papua 2021 juga merupakan tagline yang digunakan dalam maskot pesta olahraga ini.

Dilansir laman Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Maskot PON Papua XX 2021 terdiri dari dua hewan khas Papua, Kangpho dan Drawa. Kangpho adalah singkatan dari dari kanguru pohon, sedangkan Drawa merupakan kepanjangan burung cendrawasih.

Salah satu jenis kanguru pohon yang sangat terkenal adalah kanguru pohon mantel emas atau nama latinnya Dendrolagus Pulcherrimus. Kangpho mantel emas merupakan satwa marsupial atau mamalia yang memiliki kantung di perutnya.

Hewan ini memakan buah dan biji-bijian. Bagian pipi, leher, dan kakinya dihiasi warna kuning keemasan, sehingga hewan ini memiliki julukan mantel emas.

Sementara itu, Drawa dalam bahasa ilmiahnya disebut Paradisaea Raggiana adalah jenis burung pengicau berukuran sedang dengan panjang 34 cm.

Drawa adalah burung jantang dewasa yang memiliki hiasan didominasi warna merah, jingga dan warna campuran antara merah dan jingga pada bagian sisi perutnya. Sementara bulu bagian dada berwarna cokelat tua. Paling uniknya lagi, pada ekor Drawa terdapat dua buah tali yang panjang berwarna hitam.

Drawa dan Kangpho dilengkapi dengan rumbai dari kulit kayu atau akar pohon untuk menutupi bagian pinggang kebawah yang juga dilengkapi dengan hiasan ukiran Papua pada pinggangnya.

Kangpho dan Drawa mengenakan ikat kepala khas Papua yang berbentuk rumbai dan kerucut menyerupai gambaran pegunungan tengah Papua yang dikelilingi oleh gunung.

"Rumbai pada pinggang Drawa dan Kangpho biasa digunakan oleh perempuan dan laki-laki yang melambangkan sambutan hangat dan penuh keakraban di tanah Papua," kata Gubernur Papua, Lukas Enembe.

Tagline Torang Bisa (Kita Bisa) juga ikut diluncurkan bersamaan dengan maskot PON XX. #torangbisa bermakna penyemangat khas Papua untuk mengobarkan semangat kepada para atlet yang akan bertarung pada PON XX.


Lirik Torang Bisa Lagu PON Papua XX 2021



Mari satukan perbedaan

Ooo Kita Bisa

Tanamkan jiwa sportifitas

Dari Timur Indonesia

Ku menyambutmu dalam damaikan hadirmu

Bersatu dalam semangat serukan persatuan wahai anak bangsa

Walau tubuh penuh peluh ku akan tetap terus untuk bertahan

Meski kaki terasa lelah tetap melangkah tuk' menjadi pemenang

Ooo Torang Bisa

Mari satukan perbedaan

Ooo Kita Bisa

Tanamkan jiwa sportifitas

Mari bersatu, meraju, meraih juara tumbuhkan semangat dalam jiwa raga

Mari kita bersama satukan perbedaan

Melangkah searah meraih kemenangan

berlari melaju jadi nomer satu

Semangat juara garuda di dadaku

Berada di ujung Timur Indonesia

Ku tak perdulikan walau berbeda-beda suku

Papua bagian penting Indonesia mari kita rayakan bersama sama

Kita berlomba dari start sampai finish

Yo indonesia put your hands up like this

Keringat mengalir deras gambaran hasil kerja keras tanpa batas para atlet berlomba untuk jadi yang pertama

Tetap searah untuk banggakan Indonesia

Walau tubuh penuh peluh ku akan tetap terus untuk bertahan

Walau kaki terasa lelah tetap melangkah untuk jadi pemenang

Ooo Torang Bisa

Mari satukan perbedaan

Ooo Kita Bisa

Tanamkan jiwa sportifitas

Ooo Torang Bisa

Mari satukan perbedaan

Ooo Kita Bisa

Tanamkan jiwa sportivitas

Kita semua saudara angkat tanganmu untuk Indonesia.

Official
video klip "Torang Bisa" dapat disaksikan melalui tautan di bawah ini.



Baca juga artikel terkait PON PAPUA 2021 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Penyelia: Iswara N Raditya
DarkLight