Seni dan Budaya

Lirik "Ngusak Asik" Lagu Daerah yang Berasal dari Bali

Kontributor: Ai'dah Husnala Luthfiyyah Ans, tirto.id - 26 Des 2022 09:55 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Lirik lagu Ngusak Asik adalah salah satu lagu daerah yang berasal dari daerah Bali, Indonesia.
tirto.id - Lirik lagu Ngusak Asik adalah salah satu lagu daerah yang berasal dari daerah Bali, Indonesia.

Pulau Bali dikenal sebagai daerah dengan keindahan alamnya. Selain itu, Bali juga dikenal sebagai satu kesenian Indonesia, terutama alat-alat musik tradisionalnya yang begitu khas.

Tak kalah penting, lagu daerahnya juga memiliki musik dan nilai-nilai luhur. Biasanya nih, lagu daerah Bali juga berisi tentang nilai moral, tapi nggak sedikit juga yang memiliki arti berupa hiburan untuk keseharian. Umumnya, lagu-lagu asal Bali masih sering dijadikan lantunan musik pengiring dalam upacara adat dan kesenian.


Lagu daerah sendiri merupakan lagu yang berasal dari daerah tertentu dengan ide penciptaan berdasarkan budaya dan adat istiadat suatu daerah tertentu. Dalam lagu tersebut terkandung suatu makna, pesan untuk masyarakat/keadaan masyarakat setempat, dan bahasa yang digunakan adalah bahasa daerah setempat.

Bali memiliki beberapa lagu daerah, di antaranya yaitu Janger, Macepet Cepetan, Meyong-Meyong, Dewa Ayu, Mejangeran, dan Ngusak Asik.

Ngusak Asik sebagai salah satu lagu daerah telah diakui secara resmi sebagai lagu yang berasal dari Bali. Lagu Ngusak Asik yang berasal dari Bali ini memilikin tempo cepat dan melodi jenaka. Seperti kebanyakan lagu Bali, lagu ini juga banyak menggunakan inversi dan repetisi berirama.

Lagu ini secara garis besar menggambarkan ciri khas dan juga adat istiadat penduduk setempat yang menceritakan tentang kisah cinta antara seorang anak laki-laki dan seorang gadis.




Lirik Lagu Daerah Bali - Ngusak Asik


Cai ketut demai rusuh


Bas kaliwat cai ngawe sakit hati

Cang sing demen

Ngidih olas ketut pang enggal megedi



Baca juga artikel terkait PENDIDIKAN atau tulisan menarik lainnya Ai'dah Husnala Luthfiyyah Ans
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Ai'dah Husnala Luthfiyyah Ans
Penulis: Ai'dah Husnala Luthfiyyah Ans
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight