Lirik Lagu Mars KORPRI, Chord, Pencipta, & Sejarah Organisasi PNS

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 30 November 2021
Dibaca Normal 2 menit
Siapa pencipta mars KORPRI, bagaimana isi lirik lagu dan chord-nya?
tirto.id - Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) adalah organisasi yang mewadahi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) baik yang berada di kementerian maupun non-kementerian. KORPRI memiliki lagu mars yang diciptakan oleh E.L. Pohan. Lantas, bagaimana lirik lagu mars KORPRI beserta chord-nya?

Selain PNS atau ASN, KORPRI juga menjadi wadah bagi para pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), beserta anak-anak perusahannya. Adapun perangkat desa tidak termasuk anggota KORPRI dan punya organisasi profesi sendiri yakni Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI).

KORPRI menjadi satu-satunya organisasi yang menghimpun dan membina semua pegawai pemerintahan Republik Indonesia di luar kedinasan. Hari KORPRI diperingati setiap tanggal 29 November. KORPRI secara resmi dibentuk dengan landasan Keputusan Presiden RI Nomor 82 Tahun 1971.

Sejarah Hari KORPRI

Cikal bakal KORPRI hadir sejak zaman pemerintah kolonial Hindia Belanda. Kala itu, banyak rakyat Indonesia atau pribumi (bumiputera) yang menjadi pegawai kelas bawah dalam pemerintahan kolonial.

Saat Jepang mengambil-alih wilayah Indonesia dari Belanda sejak 1942, para pegawai pemerintahan Hindia Belanda tersebut beralih menjadi pegawai pemerintahan Dai Nippon di Indonesia.

Setelah Indonesia merdeka sejak tanggal 17 Agustus 1945 seiring dengan mulai berdirinya pemerintahan sendiri, mulai dilakukan perekrutan pegawai pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


Beberapa pekan setelah proklamasi, Belanda datang kembali ke Indonesia dengan membonceng pasukan Sekutu sebagai pemenang Perang Dunia II. Pegawai pemerintahan pun dibagi menjadi pegawai di bawah kekuasaan RI, kekuasaan Belanda, dan kerja sama antar kedua pemerintah.

Tanggal 27 Desember 1949, bermula dari Konferensi Meja Bundar (1949) dan atas desakan dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) serta dunia internasional, Belanda akhirnya mengakui kedaulatan Indonesia.

Pengakuan kedaulatan Indonesia oleh Belanda melahirkan Republik Indonesia Serikat (RIS). Para pegawai pemerintahan menjadi pegawai RIS kala itu. RIS tidak bertahan lama dan negara ini akhirnya kembali menjadi NKRI beserta para pegawai pemerintahannya.

Gagasan untuk membentuk organisasi profesi atau wadah bagi para pegawai pemerintah tercetus pada masa peralihan dari Orde Lama ke Orde Baru.

Tahun 1971, seperti terlampir dalam Laporan Pimpinan MPRS Tahun 1966-1972 (1972), melalui Keputusan Presiden RI Nomor 82 Tahun 1971, KORPRI resmi dibentuk.


Tugas Pokok KORPRI

Mengutip laman KORPRI DPR RI, para anggota KORPRI memiliki tiga tugas pokok, yaitu:

  1. Menyukseskan program Pemerintah sejalan dengan ketentuan UUD 1945 dan Garis-Garis Besar Haluan Negara.
  2. Membimbing Korps, mulai dari anggota hingga keseluruhannya. Dilakukan dengan cara memanfaatkan hubungan fungsional yang ada agar tercipta kesatuan landasan berpikir, ucapan, dan tindakan.
  3. Membimbing serta memelihara mutu rohani dan jasmani seluruh anggota. Dilakukan agar pegawai RI memiliki moral tinggi, berwibawa, kemampuannya baik, berdaya guna, serta berhasil guna.


Lirik Lagu Mars KORPRI

Lagu Mars KORPRI diciptakan oleh E.L. Pohan dan mulai ditetapkan dalam Musyawarah Nasional VI KORPRI di Jakarta tanggal 28-30 November 2004. Berikut ini adalah lirik lagu Mars KORPRI beserta chord-:

D A D A D

D A D
Satukan irama langkahmu
G D
Bersatu tekad menuju ke depan
A E/G#m A
Berjuang bahu membahu
A E A
Memb'rikan tenaga tak segan

D A D
Membangun negara yang jaya
G A
Membina tekad menuju ke depan
A E/G#m A
Memakai akal dan daya
A E A
Membimbing, membangun, mengemban

D G D A
Berdasar Pancasila dan Undang-undang Dasar Empat Lima
D Em D/F#m G D A D
Serta dipandukan oleh haluan negara kita maju terus

D G
Di bawah panji KORPRI
D A
Kita mengabdi tanpa pamrih
D Em D/F#m G
Di dalam naungan Tuhan yang Maha Kuasa
D A D
KORPRI maju terus


Baca juga artikel terkait KORPRI atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - )

Penulis: Ilham Choirul Anwar
Penyelia: Ilham Choirul Anwar
DarkLight