Lirik Lagu "Mak Inang" yang Berasal dari Daerah Sumatera Barat

Kontributor: Tifa Fauziah, tirto.id - 27 Sep 2022 09:35 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Lirik lagu Mak Inang diciptakan oleh M. Yusuf Gayos, yang merupakan lagu yang berasal dari daerah Sumatera Barat.
tirto.id - Lirik lagu Mak Inang diciptakan oleh M. Yusuf Gayos, yang merupakan lagu yang berasal dari daerah Sumatera Barat.

Indonesia merupakan negara Bhineka Tunggal Ika, yang memiliki keanekaragaman adat dan budaya. Salah satunya adalah lagu daerah. Lagu daerah sendiri sangat banyak jumlahnya. Setiap provinsi di Indonesia pasti memiliki lagu daerah sebagai ciri khas.

Contohnya provinsi Sumatera Barat. Dalam laman gramedia.com, dijelaskan bahwa Sumatera Barat lebih dikenal melalui budaya Minangkabau. Banyak seniman daerah Sumatera Barat yang terjun ke dunia musik. Sama seperti daerah lainnya di Indonesia, Sumatera Barat juga memiliki lagu daerah yang sangat khas.

Setiap lagu daerah Sumatera Barat memiliki keunikan tersendiri, yang jadi pembeda dengan lagu daerah lainnya. Bukan hanya dari segi bahasa daerah yang digunakan dalam lagu tersebut, namun juga dari segi musik.

Salah satu lagu daerah Sumatera Barat adalah Mak Inang. Lagu ini diciptakan oleh M. Yusuf Gayos. Lagu daerah juga sering dijadikan lagu pengiring tarian tradisional.



Lirik Lagu Mak Inang, Berasal dari Daerah Sumatera Barat




Kami ini tak pandai menari

Sebarang tari kami tarikan

Kami ini tak pandai menari

Sebarang tari kami tarikan

Kami ini tak ahli menyanyi

Sebarang nyanyi kamu nyanyikan

Kami ini tak ahli menyanyi

Sebarang nyanyi kami nyanyikan



Singkarak kotanya tinggi

Asam pauh dari seberang

Singkarak kotanya tinggi

Asam pauh dari seberang

Awan b’raraklah ditangisi

Badan jauh di rantau orang

Awan b’raraklah ditangisi

Badan jauh di rantau orang



Asam pauh dari seberang

Tumbuhnya dekat tepinya tebat

Asam pauh dari seberang

Tumbuhnya dekat tepinya tebat

Badan jauh di rantau orang

Sakit siapa akan mengubat

Badan jauh di rantau orang

Sakit siapa akan mengubat


Arti dan Makna Lirik Lagu Mak Inang


Menurut gramedia.com, Mak Inang merupakan salah satu tarian tradisonal Melayu. Tarian ini memang sudah ada dan begitu terkenal sejak zaman kesultanan Malaka.

Sedangkan untuk lagu daerah Mak Inang sendiri, biasanya digunakan untuk menjadi salah satu lagu pengiring tari dengan alunan musik yang begitu khas sekali. Selain itu, banyak juga yang meyakini bahwa lagu tersebut ternyata diciptakan atas perintah dari Sultan Mahmud Shah.

Sultan Mahmud Shah adalah seorang sultan dari Malaka. Tarian ini juga sering disebut dengan istilah Si Kembang China. Hal ini karena di dalam tarian tersebut terdapat unsur kebudayaan etnis Tionghoa.

Di samping itu lirik lagu daerah Mak Inang juga memiliki arti dan makna tersendiri. Dilansir dari laman legitstage.com, lirik lagu Mak Inang menceritakan tentang kerinduan seorang perantau yang tinggal jauh dari kampung halamannya di Singkarak, Sumatera Barat.

Dia sangat rindu pada keindahan alam dan juga masyarakatnya. Pada bait kedua tergambar bagaimana kehidupan perantau ketika berjauhan dari kampungnya. Hidup sebatang kara tanpa sanak saudara atau keluarga. Kalau sakit tidak ada yang merawat.


Baca juga artikel terkait LIRIK LAGU atau tulisan menarik lainnya Tifa Fauziah
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Tifa Fauziah
Penulis: Tifa Fauziah
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight