Lirik Lagu "Jambo-Jambo" dari Daerah Aceh dan Makna Nyanyiannya

Kontributor: Ririn Margiyanti, tirto.id - 3 Okt 2022 23:40 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Lagu "Jambo-Jambo" dari daerah Aceh bermakna tentang suasana pedesaan yang begitu asri dengan padi-padi yang tumbuh subur di Aceh.
tirto.id - Jambo-Jambo merupakan salah satu lagu daerah yang berasal dari Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Kata "Jambo" di Provinsi Aceh memiliki arti pondok, sehingga jambo-jambo itu berarti pondok-pondok.

Dalam hal ini, pondok-pondok yang dimaksud itu tepatnya berada di Blang Padang kota Banda Aceh yang menjadi ikon dari kota tersebut.

Blang Padang itu sendiri merupakan sebuah lapangan yang terbuka dengan luas 8 hektare (Ha). Selain itu, jambo-jambo atau pondok-pondok ini juga berada pada dataran tinggi seperti bukit.

Makna Lagu Jambo-Jambo


Lagu asal kota Serambi Mekah ini memberikan gambaran tentang suasana pedesaan yang begitu asri dengan padi-padi yang tumbuh subur meski sedang berada pada musim kemarau.

Melalui lirik lagu Jambo-Jambo ini, Provinsi Aceh digambarkan sebagai suatu daerah yang luas dan subur dengan suasana pedesaan yang asri.

Aceh juga merupakan daerah yang dikelilingi persawahan dengan aktivitas penduduk sekitar sebagai seorang petani yang sedang membajak sawahnya, serta anak-anak gadis yang berlalu-lalang di area persawahan dengan padi-padi yang tampak menguning.

Setiap provinsi pasti memiliki kesenian masing-masing yang menjadi ciri khas daerahnya. Kesenian itu dapat berupa pakaian tradisional, makanan tradisional, rumah adat, tarian daerah maupun lagu daerah.

Menurut Malatu, lagu daerah tidak hanya sekedar alunan musik yang enak untuk didengar, tetapi juga berfungsi untuk iringan dalam upacara adat, iringan pertunjukan, iringan permainan tradisional, serta media komunikasi.

Namun, pada masa sekarang ini lagu-lagu daerah sudah jarang diketahui terutama oleh kalangan anak-anak.

Hal tersebut terjadi karena adanya perkembangan teknologi yang begitu pesat hingga membuat mereka menjadi lebih sering mendengarkan lagu dari berbagai genre bahkan lagu barat dibandingkan dengan lagu daerah.

Lagu daerah menjadi ciri khas suatu wilayah yang menggambarkan kehidupan masyarakat dan terkadang juga berisi pesan moral dari perilaku-perilaku positif yang terjadi pada masyarakat di daerah itu sendiri.

Banyaknya budaya yang dimiliki bangsa Indonesia dari berbagai suku, membuat kita menyadari pentingnya peran kita sebagai generasi penerus bangsa untuk turut serta dalam melestarikan warisan budaya yang salah satunya yaitu lagu daerah.

Berikut ini lirik lagu Jambo-Jambo yang berasal dari Aceh :

Lirik Lagu Jambo-Jambo


Jambo...jambo
Hai Jambo Sinan Diblang

Jambo...jambo
Hai Jambo Sinan Manyang

Jambo...jambo
Hai Jambo Sinan Diblang

Jambo...jambo
Hai Jambo Sinan Manyang

Jinoe Ka’Troeh Musem Meugo
Adun Ado Bek Lalo Le

Jak Keu Ta Jak Laju Jinoe
Bek Laloe Le Ta Pula Pade

Jambo...jambo
Hai Jambo Sinan Diblang

Jambo...jambo
Hai Jambo Sinan Manyang

Jambo...jambo
Hai Jambo Sinan Diblang

Jambo...jambo
Hai Jambo Sinan Manyang

Watee Musem Pade Kuneng
Kana Sigam Ateuh Jambo

Aneuk Dara Diajak Meuten
Kana Sigam Jak Paroh Tulo




Baca juga artikel terkait LAGU JAMBO-JAMBO atau tulisan menarik lainnya Ririn Margiyanti
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Ririn Margiyanti
Penulis: Ririn Margiyanti
Editor: Dhita Koesno

DarkLight