Lirik Lagu Daerah "Ondel-Ondel" dari Jakarta, Kesenian Betawi

Kontributor: Balqis Fallahnda, tirto.id - 9 Des 2022 14:50 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Lirik lagu "Ondel-Ondel" yang merupakan lagu daerah Jakarta khususnya masyarakat Betawi. Lagu ini diciptakan oleh Djoko Subagyo.
tirto.id - Lagu "Ondel-Ondel" merupakan lagu daerah yang berasal dari Jakarta khususnya masyarakat Betawi. Lagu ini diciptakan oleh Djoko Subagyo. Sebagaimana lagu daerah pada umumnya, lagu "Ondel-Ondel" menggunakan bahasa daerah Betawi dalam liriknya.

Lagu "Ondel-Ondel" bercerita tentang kesenian Betawi Ondel-Ondel berupa sepasang boneka yang memiliki tinggi sekitar 2,5 meter dan diameter 80 sentimeter. Untuk memainkannya, pemain Ondel-Ondel akan memasuki ruang di dalam boneka tersebut dan bergerak mengikuti irama gambang kromong yang mengiringinya.

Banoe dalam buku berjudul Kamus Musik menjelaskan bahwa lagu daerah di Indonesia yakni lagu dari daerah tertentu atau wilayah budaya tertentu, lazimnya dinyatakan dalam syair atau lirik bahasa wilayah (daerah) tersebut baik lagu rakyat maupun lagu-lagu ciptaan baru. Tanah air Indonesia sangat kaya dengan lagu-lagu daerah. Hampir setiap daerah memiliki lagunya sendiri-sendiri sebagai gambaran kehidupan masyarakat setempat secara umum.


Selain itu, Malatu dalam buku Seni Musik 1 untuk Kelas VII SMP dan MTs mengatakan bahwa lagu daerah adalah lagu yang berasal dari suatu daerah menjadi populer dan banyak dinyanyikan oleh rakyat daerah tersebut maupun rakyat lainnya. Lagu daerah Indonesia tidak hanya sekedar alunan musik yang enak untuk didengar, tetapi juga memiliki fungsi, antara lain untuk upacara adat, pengiring pertunjukan, pengiring permainan tradisional, dan media komunikasi.

Lebih lanjut, Setyobudi, dkk dalam buku Seni Budaya untuk SMP Kelas VIII memaparkan walaupun ada lagu-lagu khusus yang aturannya tetap dan bersifat magis untuk ritual adat dan keagamaan, kebanyakan lagu-lagu daerah dipakai sebagai sarana hiburan masyarakat dan dekat dengan rakyat jelata.

Akibatnya, lagu-lagu daerah juga sering disebut lagu rakyat. Lagu daerah memiliki ciri serta karakter tersendiri. Bahasa dan gaya yang digunakan sesuai dengan bahasa dan gaya daerah setempat. Lagu daerah biasanya merujuk kepada sebuah lagu yang mempunyai irama khusus bagi sebuah daerah.



Lirik Lagu Ondel-Ondel – Jakarta

Nyok, kite nonton ondel-ondel
Nyok, kite ngarak ondel-ondel
Ondel-ondel ade anaknye
Anaknye ngigel ter-iteran

Mak, bapak ondel-ondel ngibing

Ngarak penganten disunatin
Goyangnye asyik endut-endutan
Nyang ngibing igel-igelan

Plak gumbang gumplak plak plak
Gendang nyaring ditepak
Yang ngiringin nandak
Pade surak-surak

Tangan iseng ngejailin
Kepale anak ondel-ondel
Taroin puntungan
Rambut kebakaran

Anak ondel-ondel jejingkrakkan
Kepalenye nyale bekobaran
Yang ngarak pade kebingungan
Disiramin aer comberan




Baca juga artikel terkait LAGU DAERAH atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight