HUT RI 2022

Lirik Lagu 'Bendera' Karya Cokelat Band & Chord Gitar untuk HUT RI

Penulis: Iswara N Raditya, tirto.id - 15 Agu 2022 08:18 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Lirik lagu Bendera oleh Cokelat akrab terdengar di momen-momen tertentu, termasuk ketika peringatan HUT RI 17 Agustus
tirto.id - Lirik lagu Bendera yang dinyanyikan oleh Cokelat band akrab terdengar pada momen-momen tertentu yang berkaitan dengan nasionalisme. Salah satunya adalah ketika peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang dirayakan setiap tanggal 17 Agustus.

Lagu Bendera terhimpun dalam album Cokelat bertajuk “Untukmu Indonesiaku”. Album ini dirilis pada 17 Agustus 2006 yang bertepatan dengan peringatan HUT RI ke-61 saat itu. Lagu Bendera diciptakan oleh Eross Candra, gitaris grup band Sheila on7.

Album “Untukmu Indonesiaku” milik Cokelat berisi 10 lagu yang hampir semuanya bernafaskan nasionalisme. Terdapat 3 tembang yang merupakan lagu baru, yakni Bendera serta Ikrar Kami dan Cinta Damai yang diciptakan sendiri oleh para personil Cokelat.

Selebihnya adalah lagu-lagu nasional yang diaransemen ulang untuk dibawakan kembali dengan gaya yang lebih segar, yaitu Satu Nusa Satu Bangsa (ciptaan L. Manik), Tanah Air (Ibu Sud), Kebyar-Kebyar (Gombloh), Bangun Pemudi Pemuda (A. Simanjuntak), Halo-Halo Bandung (Ismail Marzuki), serta Syukur dan Hari Merdeka (H. Mutahar).


Profil Singkat Cokelat Band

Cokelat didirikan di Bandung, Jawa Barat, pada 25 Juni 1996 dan mengusung aliran musik rock. Formasi awal band ini adalah Namara Surtikanti alias Kikan (vokal), Ronny Nugroho (bass), Roberto Pieter alias Robert (gitar), Bernard (gitar), dan Deden (drum).

Pertama kali Cokelat dikenal publik adalah saat menjadi bagian dari album kompilasi bertajuk "Indie Ten" (1998) dengan lagu Bunga Tidur. Di album kompilasi ini ada pula band-band pendatang baru lainnya, termasuk Padi, Wong, serta Caffeine.

Cokelat mengalami pergantian personil dengan masuknya Ervin Syam Ilyas (drum) untuk menggantikan Deden pada 1998 serta Edwin Marshal Syarif sebagai gitaris pengganti Bernard pada 2000. Tahun 2001, giliran Robert (gitar) yang memutuskan hengkang dan digantikan oleh Ernest Fardiyan Syarif, adik dari Edwin.


Komposisi Kikan, Ronny, Ervin, Edwin, dan Ernest disebut-sebut sebagai formasi terbaik Cokelat, termasuk saat merilis album “Untukmu Indonesiaku” pada 2006 yang membuat lagu Bendera menjadi sangat populer saat itu.

Bahkan, majalah Rolling Stone Indonesia pada 2006 memasukkan lagu Bendera yang dibawakan oleh Cokelat menjadi salah satu dari "150 Lagu Indonesia Terbaik Sepanjang Masa".

Kikan dan Ervin memutuskan keluar dari Cokelat pada 2010. Cokelat merekrut Sarah Hadju sebagai vokalis, namun tidak bertahan lama yang kemudian digantikan oleh Jackline Rossy. Di posisi drummer, sempat ada nama Otto Triaji Pambudi untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Ervin.

Tahun 2014, giliran Ernest dan Otto yang undur diri. Kemudian, posisi penggebuk drum ditempati oleh Axel Andaviar sejak 2018.

Ernest kembali bergabung dengan Cokelat pada Maret 2020. Beberapa bulan berselang, Cokelat mengumumkan Aiu Ratna sebagai vokalis baru sebagai pengganti Jackline yang mundur sejak 2019.

Sejak tahun 2000 hingga saat ini, Cokelat sudah menelurkan 7 album studio, itu belum termasuk puluhan lagu single yang dirilis hampir setiap tahun.


Lirik Lagu dan Chord Gitar Bendera oleh Cokelat

Intro: C Dm Em F

C Dm
Biar saja ku tak seindah matahari
F C G
Tapi selalu ku coba tuk menghangatkanmu
C Dm
Biar saja ku tak setegar batu karang
F C G
Tapi selalu ku coba tuk melindungimu

Musik: C Dm Em F

C Dm
Biar saja ku tak seharum bunga mawar
F C G
Tapi selalu ku coba tuk mengharumkanmu
Em F
Biar saja ku tak seelok langit sore
Dm C G
Tapi selalu ku coba tuk mengindahkanmu

Am G C F
Ku pertahankan kau demi kehormatan bangsa
Am G F
Ku pertahankan kau demi tumpah darah
D G
Semua pahlawan-pahlawanku

Reff:

C G Am G
Merah Putih teruslah kau berkibar
F Em Dm G
Di ujung tiang tertinggi di Indonesiaku ini
C G Am G
Merah Putih teruslah kau berkibar
F Em Dm G
Di ujung tiang tertinggi di Indonesiaku ini
Am G C
Merah Putih teruslah kau berkibar
F G F
Ku akan selalu menjagamu


Baca juga artikel terkait HUT RI 2022 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Musik)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Yantina Debora

DarkLight