Lion Air akan Karantina Kru yang Bertugas Evakuasi WNI di Cina

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 1 Februari 2020
Lion Air mengirim beberapa kru ke Cina untuk evakuasi warga dari Corona. Kru ini tak luput dari pengawasan.
tirto.id - Lion Air akan menerapkan prosedur yang ketat usai pesawat Airbus 330 kembali dari penerbangan evakuasi WNI yang berada di Provinsi Hubei, Cina. Setiap awak yang bertugas akan dipastikan bebas virus Corona terlebih dahulu.

“Untuk awak pesawat setelah selesai bertugas akan menjalani proses karantina kesehatan dalam tahapan pengawasan (monitoring),” ucap Corporate Communications Strategic Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/2/2020).

Penanganan khusus juga diberikan bagi pesawat yang digunakan. Pesawat Airbus ini nantinya akan langsung dibersihkan dalam rangka menghilangkan potensi virus yang terbawa dari Cina.

“Setelah pesawat tiba di Indonesia, sesuai SOP akan langsung masuk hanggar (pusat perawatan pesawat) guna dilakukan pembersihan, sterilisasi, dan perawatan,” ucap Danang.

Danang mengatakan pesawat Batik Air itu membawa 19 kru dan 30 tim medis. Penerbangan dengan registrasi PK-LDY ini sudah berangkat per pukul 13.00 WIB dan dijadwalkan tiba di Tianhe Wuhan pada 19.00 waktu setempat.

Untuk antisipasi lanjutan, Danang menjelaskan Lion Air menyediakan penyemprotan cairan multiguna pembunuh kuman (disinfectant spray). Kru yang bertugas pun diharuskan menggunakan masker dan alat pelindung diri (APD), sarung tangan (hand gloves), dan cairan pembersih tangan (hand sanitizer).

“Armada Airbus 330-300CEO telah didukung atau memiliki peralatan yang dapat menyaring udara di dalam pesawat,” ucap Danang.

Pesawat ini akan mendarat di Batam. Setelahnya, WNI yang dievakuasi akan dibawa ke Natuna untuk disterilisasi sebelum dipulangkan ke keluarga masing-masing.


Baca juga artikel terkait CORONA atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Rio Apinino
DarkLight