Hari Kesehatan Nasional HKN

Link Twibbon Hari Kesehatan Nasional ke-57 pada 12 November 2021

Oleh: Syamsul Dwi Maarif - 11 November 2021
Dibaca Normal 1 menit
Daftar link twibbon Hari Kesehatan Nasional ke-57 yang bakal diperingati 12 November 2021 dengan tema Sehat "Negeriku Tumbuh Indonesiaku”
tirto.id - Hari Kesehatan Nasional (HKN) akan diperingati pada tanggal 12 November 2021. Tahun ini, Hari Kesehatan Nasional merupakan peringatan yang ke-57 sejak pertama kali dikumandangkan pada tanggal 12 November 1964.

Peringatan Hari Kesehatan Nasional dicetuskan sejak tahun 1950, yakni ketika penyakit malaria banyak merebak di Indonesia yang menyebabkan ratusan nyawa harus meregang.

Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Hari Kesehatan Nasional adalah sebuah langkah pengingat atas keberhasilan dalam upaya pemberantasan penyakit malaria.

Sejarah Hari Kesehatan Nasional 12 November

Dalam sejarahnya, pemerintah pada tahun 1959 membentuk Dinas Pembasmian Malaria sebagai badan yang bertugas memberantas malaria (malaria eradication) di seluruh wilayah Indonesia. Kemudian, pada tanggal 1963, badan pemberantasan tersebut berganti nama menjadi Komando Operasi Pemberantasan Malaria (KOPEM).

KOPEM melakukan pemberantasan malaria dengan melakukan penyemprotan masal dari rumah ke rumah di wilayah Jawa, Bali, dan Lampung menggunakan insektisida Dichloro Diphenyl. Selain itu, juga dilakukan acara penyemprotan secara simbolik oleh Presiden Sukarno pada tanggal 12 November 1959 di Desa Kalasan, Yogyakarta.

Dalam upaya penyemprotan insektisida tersebut, badan pemberatasan malaria juga melakukan langkah lain seperti kegiatan edukasi kesehatan kepada masyarakat. Langkah-langkah pemberantasan yang dilakukan oleh pemerintah, nyatanya membawa dampak baik.

Tepat lima tahun setelahnya, tercatat sekitar 63 juta penduduk Indonesia dapat terselamatkan dari bahaya penyakit malaria. Hal tersebut merupakan latar belakang di mana kemudian dilaksanakan peringatan Hari Kesehatan Nasional untuk yang pertama kalinya pada tanggal 12 November 1964.

Pada tahun peringatan 2021, Hari Kesehatan Nasional membawa tema “Sehat Negeriku Tumbuh Indonesiaku”. Kemudian, logo peringatan berupa adanya angkat 57, di mana hal tersebut menjelaskan jumlah peringatan untuk yang kesekian kalinya.

Logo Hari Kesehatan Nasional 2021 juga menggambarkan semangat kerja sama, kolaborasi, dan gotong royong elemen kesehatan bersama masyarakat dalam usaha melawan pandemi COVID-19.

Hal tersebut senada dengan kutipan dari laman Kemenkes, bahwa kolaborasi antara elemen dijabarkan dalam program Vaksinasi Nasional yang akhirnya membentuk Herd Immunity yang merata ke pelosok sehingga mewujudkan Indonesia yang sehat, lepas dari pandemi COVID-19 dan terus tumbuh.

Selain itu, kolaborasi semua elemen juga diwujudkan dalam pelaksanaan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak) yang saat ini ditambahkan dengan Menghindari Kerumunan serta Mengurangi Mobilitas oleh semua pihak.

Link Twibbon Hari Kesehatan Nasional 2021

Terdapat banyak cara untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional 12 November, salah satu yakni merayakan Hari Pahlawan di media sosial dengan menggunakan twibbon. Beberapa link yang dapat digunakan untuk men-download twibbon Peringatan Hari Kesehatan Nasional 2021 sebagai berikut:

https://www.twibbonize.com/hari-kesehatan-nasional-2021

https://www.twibbonize.com/promkesdinkesasahan

https://www.twibbonize.com/hknke-57

https://www.twibbonize.com/hkn57tte2021

https://www.twibbonize.com/hkn2021ntb

https://www.twibbonize.com/harikesehatannasional57b

https://www.twibbonize.com/hkn2021tapin

https://www.twibbonize.com/hkn57kabtegal

https://www.twibbonize.com/hknriau

https://www.twibbonize.com/hknpatelki


Baca juga artikel terkait HARI KESEHATAN NASIONAL atau tulisan menarik lainnya Syamsul Dwi Maarif
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Syamsul Dwi Maarif
Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Yantina Debora
DarkLight