Link Streaming & 4 Kata Kunci Konser BLACKPINK: The Show di YouTube

Oleh: Maria Ulfa - 31 Januari 2021
Dibaca Normal 2 menit
BLACKPINK akan menggelar konser online pertama mereka bertajuk "The Show" pada hari ini di YouTube.
tirto.id - BLACKPINK akan menggelar konser online pertama mereka bertajuk "The Show" pada hari ini, Minggu (31/1/2021) pukul 14.00 KST, atau pukul 12.00 WIB.

Konser "BLACKPINK: The Show" digelar YG Entertainment bekerja sama dengan YouTube Music. The Show akan tersedia secara eksklusif di saluran YouTube BLACKPINK.

Dalam konser online BLACKPINK ini, mereka juga akan menampilkan pertunjukan pertama lagu-lagu dari THE ALBUM yang telah dirilis pada bulan Oktober 2020 lalu.

Selain itu, Rose juga akan menampilkan lagu debut solonya untuk pertama kalinya dalam konser online “BLACKPINK: The Show” .

Menurut YG Entertainment, Rose sendiri yang meminta kesempatan untuk membawakan lagu barunya untuk para penggemarnya sebelum albumnya dirilis, dan setelah melakukan banyak pertimbangan, agensi akhirnya menyetujuinya.

4 Kata Kunci Penting dalam Konser "BLACKPINK: The Show"


YG Entertainment menyebutkan 4 kata kunci yang mengekspresikan konser BLACKPINK: The Show.

1. Stage

Kunci dari The Show adalah panggung itu sendiri. Dengan situasi Covid-19, industri K-Pop telah menerapkan berbagai keterampilan teknologi tinggi yang digunakan untuk konser online. Akibatnya, rasa haus para artis dan penggemar untuk pertunjukan telah padam pada tingkat tertentu.

“Kami terkejut dengan set panggung yang halus dan bervariasi, dibandingkan dengan tur dunia kami. Kami memiliki 3 set utama besar dengan karakter berbeda yang dapat bertransisi menjadi 10 tahapan berbeda dengan suasana hati berbeda,” tutur Jung Chiyoung, direktur konser YG.


“Ini bukan klip digital. Dari satu set yang merekonstruksi gua yang sebenarnya hingga satu set yang merekonstruksi reruntuhan kota, ada instalasi mengesankan yang menghidupkan kembali fragmen tangga. Ini akan sangat berbeda dari apa yang kami sajikan melalui teaser dan penampilan dalam music video “DDU-DU DDU-DU””.

2. Human

Faktor penting dalam konser The Show adalah sang artis dan orang-orang yang membuat konser tersebut. Seniman adalah manusia, sedangkan sosok yang memanfaatkan teknologi dan peralatan digital juga manusia.

“YG telah mulai membuat konser dengan membayar anggota staf musisi legendaris seperti Michael Jackson, Madonna, Queen, Justin Timberlake, dan Beyonce dari awal 2000-an. Ada satu syarat, yaitu 'Anda harus memberi tahu staf YG tentang segala hal yang mereka [para artis tersebut] ingin tahu’,” kata Jung Chiyoung lagi.

Ia menambahkan, “Itu semacam transfer teknologi. Staf konser YG setidaknya adalah yang terbaik di Asia. YG adalah agensi pertama yang menampilkan kredit akhir di layar. Itu dimaksudkan untuk membuat orang-orang bangga dengan pekerjaan mereka dan membuat mereka melakukan yang terbaik.”

3. Origin

Sementara aspek teknologi adalah tanggung jawab anggota staf, artis harus fokus hanya di atas panggung, dan BLACKPINK tahu ini lebih baik daripada siapa pun. Mereka memperhatikan esensi dan nilai konser yang sebenarnya.

Mereka telah mempersiapkan pertunjukan lagu b-side track dari album solo Rose yang akan datang dan pertunjukan lagu-lagu dari album debut resmi mereka yang belum pernah ditampilkan ke publik.

BLACKPINK berbagi ide dengan staf sejak tahun lalu pada bulan September 2020, dan telah berlatih sejak saat itu. Band yang pernah berkolaborasi dengan mereka melalui tur dunia ini juga sudah bergabung pada November lalu.

“Ada banyak pertunjukan yang akan kami suguhkan untuk pertama kalinya. Jadi kami berlatih keras dalam mempersiapkan dan mempelajari gerakan baru. Kami tidak akan bertemu penggemar kami dari daerah yang sama, tapi kami bisa bersama melalui musik yang sama di waktu yang sama.”

4. Way

Karena konser akan disajikan melalui platform digital, tim khawatir dan mempelajari bagaimana pertunjukan dapat dilakukan secara efektif. Ini berfokus pada esensi konser, tetapi mengubah sudut pandang pada lokasi kamera, sudut, dan area panggung.

“Pemilik konser adalah penontonnya, bukan artisnya. Namun, saat ini tidak ada penonton di tempat konser. Mengapa kami masih mencoba untuk melihat artis dan penampilan mereka hanya melalui mata kamera? Mengapa ada sumber klip digital yang tidak dapat dibedakan di belakang artis?”

“Penonton berhak menyaksikan seluruh panggung yang merupakan seni sintetik. Kami akan menangkap panggung yang indah dan serasi sebanyak yang kami bisa ”.

Link Streaming BLACKPINK: The Show


Tiket The Show bisa dibeli dengan cara mendaftar membeship di akun YouTube BLACKPINK selama sebulan. Pendaftaran membership untuk mengakses konser The Show sudah bisa dilakukan lewat laman YouTube BLACKPINK.

Harga membership tersedia menjadi dua kategori, yaitu:

- Standard dengan harga Rp449.800

- Plus dengan harga Rp599.800.

Untuk jenis pembayaran, penggemar bisa memilih menggunakan kartu kredit atau via GoPay.

Dengan membayar biaya membership standard, kita bisa mengakses akun YouTube BLACKPINK secara eksklusif dan menikmati siaran ulang konser BLACKPINK.

Sementara, untuk membership kategori Plus, tidak hanya menonton ulang konser tersebut, tetapi penggemar juga bisa mendapatkan keuntungan berupa konten behind the scence The Show.

Link Youtube yang Menayangkan Konser Online BLACKPINK: The Show


Baca juga artikel terkait KONSER BLACKPINK atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Musik)

Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yantina Debora
DarkLight