Link Pengumuman SNMPTN UNNES 2021: Jika Gagal Bisa Ikut SBMPTN

Oleh: Yonada Nancy - 22 Maret 2021
Dibaca Normal 2 menit
Link pengumuman hasil seleksi SNMPTN UNNES 2021. Jika gagal SNMPTN, siswa bisa daftar SBMPTN dan Seleksi Mandiri.
tirto.id - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan hasil SNMPTN 2021 hari ini (22/3/2021) pukul 15.00 WIB. Pendaftar Universitas Negeri Semarang (UNNES) jalur SNMPTN dapat melihat hasil seleksi melalui laman resmi LTMPT, yaitu https://pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id/ atau di 12 laman mirror lainnya, antara lain:

1. http://snmptn.ui.ac.id

2. http://snmptn.ugm.ac.id

3. http://snmptn.undip.ac.id

4. http://snmptn.unair.ac.id

5. http://snmptn.unsri.ac.id

6. http://snmptn.untan.ac.id

7. http://snmptn.itb.ac.id

8. http://snmptn.its.ac.id

9. http://snmptn.ipb.ac.id

10. http://snmptn.unand.ac.id

11. http://snmptn.unhas.ac.id

12. http://snmptn.unsyiah.ac.id


Tahun ini UNNES menyediakan lebih dari 3.000 daya tampung untuk calon mahasiswa pendaftar jalur SNMPTN. Jumlah tersebut termasuk daya tampung untuk 69 program studi (prodi) sarjana (S1) dari 8 fakultas. Bagi pendaftar yang lolos seleksi UNNES melalui jalur SNMPTN dapat memantau laman http://penerimaan.unnes.ac.id untuk mengetahui prosedur registrasi.

SNMPTN merupakan satu dari tiga jalur masuk untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), termasuk UNNES. Selain SNMPTN, UNNES juga menyelenggarakan dua jalur masuk lainnya, yaitu SBMPTN dan Seleksi Mandiri. Bagi peserta SNMPTN 2021 yang belum lolos, dapat kembali mendaftar UNNES melalui jalur SBMPTN dan Seleksi Mandiri.

SBMPTN UNNES 2021

Seleksi SBMPTN 2021 telah dibuka pendaftarannya sejak 15 Maret 2021 dan akan ditutup pada 1 April 2021. Pelaksanaannya akan dilakukan dalam dua gelombang, dimana Gelombang I akan berlangsung pada 12 hingga 18 April 2021, dan Gelombang II yang berlangsung pada 26 April hingga 2 Mei 2021.

Pendaftaran SBMPTN sendiri dilakukan secara online melalui https://portal.ltmpt.ac.id/, dengan alur:

    • Pendaftar melakukan login di laman https://portal.ltmpt.ac.id/ yang dilanjutkan dengan mendaftar UTBK-SBMPTN 2021 dan melengkapi biodata.
    • Pendaftar memilih PTN dan program studi (prodi). Pendaftar dapat memilih paling banyak dua prodi dalam satu PTN atau masing-masing satu prodi dalam dua PTN.
    • Pendaftar mengunggah portofolio sesuai dengan ketentuan prodi yang dituju, kemudian dilanjutkan dengan memilih lokasi UTBK
    • Bagi pendaftar pemegang KIP Kuliah, lengkapi pendaftaran dengan nomor pendaftaran KIP Kuliah. Sementara bagi pendaftar non KIP Kuliah selesaikan pembayaran biaya seleksi melalui empat bank yang bermitra dengan LTMPT, yaitu BNI, BTN, BRI dan Bank Mandiri.
    • Pendaftar mendapat nomor pendaftaran dan Kartu Tanda Peserta UTBK-SBMPTN 2021. Cetak kartu sebagai syarat kelengkapan melakukan UTBK-SBMPTN


Ujian SBMPTN 2021 akan berbasis komputer (UTBK) dengan tiga pilihan kelompok ujian, yaitu Saintek, Soshum, dan Campuran. Masing-masing kelompok ujian terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TPK).

Jalur Seleksi Mandiri UNNES

Sementara, jalur Seleksi Mandiri UNNES berbasis prestasi. Seleksi ini terbuka bagi pendaftar jenjang S1 UNNES untuk tahun ajaran 2021/2022. Pendaftaran SM-UNNES telah dibuka secara online sejak 10 Februari hingga 26 April 2021 untuk Jalur Prestasi di laman http://penerimaan.unnes.ac.id.

Mengutip laman resmi Penerimaan UNNES, terdapat sejumlah persyaratan untuk mendaftar jalur Seleksi Mandiri Jalur Prestasi, meliputi:


    • Siswa yang pernah memeroleh juara I,II, dan III (medali emas, perak, dan perunggu) minimal tingkat nasional dalam bidang olahraga, seni, olimpiade atau lomba bidang studi, dan lomba bidang keagamaan selama menjalani pendidikan SMA/SMK sederajat.
    • Juara I (memeroleh piala atau medali emas) minimal tingkat provinsi dalam bidang seni, olimpiade atau lomba bidang studi, dan lomba bidang keagamaan selama menjalani pendidikan SMA/SMK sederajat.
    • Memiliki kemampuan luar biasa yang dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan dari lembaga, yaitu hafal Al-Quran minimal 20 juz, penemu teknologi tepat guna yang dibuktikan dengan paten, hak cipta, atau HKI, pembuat konten kreatif di Instagram minimal 30.000 follower atau Youtube minimal 30.000 subscriber dengan konten akademik dan prestasi, motivasi, atau inovasi.
    • Memiliki prestasi olahraga untuk cabang olahraga yang diselenggarakan oleh KONI, Kemendikbud dan merupakan kejuaraan resmi yang diakui oleh induk organisasi olahraga.
    • Memiliki prestasi di bidang seni dan teknologi yang diakui sebagai juara perorangan, meliputi musik, vokal, tari, penulisan, baca puisi, nembang macapat, seni lukis, seni kriya, komik, poster, batik, programmer, robotik, animator, desain, dan fotografi.
    • Memiliki prestasi di bidang seni dan teknologi yang diakui sebagai juara kelompok, meliputi teater (maksimal 6 orang), karawitan atau musik tradisional (maksimal 10 orang), tari (pasangan) yang diselenggarakan oleh Kemendikbud atau kementerian lainnya yang relevan.
    • Juara olimpiade atau lomba bidang studi bersifat perorangan yang diselenggarakan oleh Kemendikbud, Kemenag, atau kementerian lainnya.
    • Lulus Ujian Tes Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik.


Pendaftaran untuk jalur Seleksi Mandiri UNNES terdiri atas serangkaian proses, yaitu:


    • Pendaftar mendaftar dan login di laman Penerimaan UNNES. Kemudian pendaftar mengunggah hasil scan surat keterangan dari Kepala Sekolah SMA/SMK sederajat, pas foto, kartu identitas (KTP, SIM, Paspor, atau Kartu Pelajar, dan bukti kejuaraan, sertifikat, piagam, atau surat keterangan yang diperoleh.
    • Pendaftar melengkapi borang pendaftaran yang tersedia di laman pendaftaran.
    • Pendaftar mencetak dan menandatangani Kartu Peserta SM-UNNES Jalur Prestasi dan menunggu hasil seleksi tahap I yang diumumkan tanggal 3 Mei 2021.
    • Peserta yang lolos di tahap I wajib mengikuti Tes Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik (TPA) secara daring pada tanggal 6 Mei 2021.
    • Hasil seleki tahap dua akan diumumkan di laman pendaftaran tanggal 11 Mei 2021.




Baca juga artikel terkait PENGUMUMAN SNMPTN 2021 atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yantina Debora
DarkLight