Link Pengumuman Seleksi Mandiri S1 Domisili dan Kampus UNY 31 Juli

Kontributor: Ilham Choirul Anwar, tirto.id - 29 Jul 2021 18:09 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Seleksi mandiri jalur tes tulis untuk jenjang S1 di Universitas Negeri Yogyakarta akan diumumkan melalui situs PMB UNY.
tirto.id - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) telah melaksanakan seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jenjang strata 1 (S1) melalui jalur Seleksi Mandiri S1 jalur tes tulis. Seleksi ini dibagi menjadi CBT Domisili dan CBT Kampus. Masing-masing jalur seleksi mandiri terbagi menjadi kelompok saintek dan soshum.

Seleksi mandiri tes tulis CBT Domisili dan CBT Kampus dibuka pendaftarannya pada 22 Juni 2021 lalu melaui situs https://daftarpmb.uny.ac.id. Penutupan pendaftaran keduanya berbeda hari. CBT Kampus ditutup pada 14 Juli 2021, sementara CBT Domisili pada 20 Juli 2021.

Proses seleksi sudah hampir menyelesaikan semua alur tahapannya. Kini tinggal menunggu pengumuman hasilnya. Hasil seleksi akan disampaikan serentak pada 31 Juli 2021 mulai pukul 12:00 WIB melalui laman https://daftarpmb.uny.ac.id/pengumuman.

Ujian pada seleksi ini dilakukan dengan sistem Computer Based Tes (CBT). Dengan demikian, setiap peserta harus mengerjakannya menggunakan PC atau laptop. Mengutip laman PMB UNY, perbedaan seleksi mandiri antara Domisili dan Kampus terletak pada pelaksanaan ujian CBT tersebut.

Seleksi mandiri jalur ujian tulis CBT Domisili, memberikan kesempatan kepada calon peserta untuk melaksanakan CBT di tempat tinggalnya masing-masing. Sementara bagi calon peserta yang ingin mengerjakan ujian CBT di kampus UNY, maka dipersilakan mengambil jalur tes tulis CBT Kampus.

Setiap peserta diperbolehkan memilih dua program studi S1 pada kelompok saintek atau soshum di kedua jalur seleksi mandiri CBT. Materi untuk ujian CBT Domisili dan CBT Kampus meliputi materi Tes Potensial Akademik (TPA), Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan IPA atau IPS sesuai kelompok pilihan peserta.

Seleksi mandiri ini dibuka untuk calon mahasiswa lulusan SMA/MA/SMK/Paket C tahun 2019, 2020, dan 2021. Pengecualian untuk calon mahasiswa yang memilih prodi olahraga atau seni, mereka diminta mengunggah portofolio sesuai pilihannya. Pendaftaran seleksi mandiri ini dikenakan biaya pendaftaran Rp 200 ribu.

Seleksi mandiri S1 di UNY tahun 2021 memiliki berbagai pilihan jalur masuk. Selain jalur tes tulis CBT ada pula jalur Prestasi Unggul, Talent Scouting, Prestasi Olahraga Unggul, Skor UTBK, dan S1 Kerja Sama.


Baca juga artikel terkait SELEKSI MANDIRI UNY atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Alexander Haryanto

DarkLight