Link Pengumuman PMB Unesa di pmb.unesa.ac.id dan Daftar Ulang

Penulis: Ilham Choirul Anwar, tirto.id - 3 Jul 2023 11:50 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Link pengumuman hasil SPMB UNESA 2023 jalur Mandiri Non Tes - UTBK Nasional diumumkan 3 Juli di pmb.unesa.ac.id/pengumuman.
tirto.id - Pengumuman hasil Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Universitas Negeri Surabaya (UNESA) 2023 jenjang sarjana untuk jalur Mandiri Non Tes - UTBK Nasional diumumkan hari ini, Senin, 3 Juli 2023.

Para peserta dapat melakukan pengecekan melalui laman pmb.unesa.ac.id/pengumuman. Dalam pengecekan, peserta hanya perlu mempersiapkan informasi nomor tes SPMB dan tanggal kelahiran.

Pendaftaran SPMB UNESA 2023 jalur Non Tes - UTBK dibuka dari 22-30 Juni 2023 lalu. Jalur ini secara khusus diperuntukkan bagi peserta yang mengikuti UTBK-SNBT 2023. Seleksi dilakukan berdasarkan nilai UTBK dan setiap peserta boleh memilih dua program studi (Prodi) baik dari kelompok Saintek atau pun Soshum.


Peserta tidak memperoleh seleksi berbasis tes lagi. Panitia SPMB UNESA akan melakukan verifikasi terhadap scan data yang telah diunggah peserta berdasarkan dokumen asli. Dokumen yang dipakai untuk seleksi di antaranya ijazah atau Surat Keterangan Lulus bagi lulusan 2023, dan nilai UTBK-SNBT 2023.

Bagi peserta SPMB UNESA 2023 jalur Non Tes - UTBK yang dinyatakan lulus,wajib melakukan daftar ulang. Daftar ulang dilakukan secara online melalui laman sipenmaru.unesa.ac.id/simreg. Peserta lalu melakukan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) setelah nilainya ditetapkan bagi setiap mahasiswa, beberapa hari usai pengumuman hasil SPMB.



Cara Cek Hasil SPMB UNESA 2023 Jalur Mandiri Non Tes - UTBK Nasional


Cara mengecek hasil SPMB UNESA 2023 Jalur Mandiri Non Tes - UTBK dapat dilakukan dengan langkah berikut:

1. Buka laman pengecekan di pmb.unesa.ac.id/pengumuman
2. Masukkan nomor tes SPMB UNESA 2023 pada kolom "No. Tes"
3. Masukkan tanggal lahir lengkap peserta pada kolom "Tanggal Lahir"
4. Klik "Cari Data"



Jadwal SPMB UNESA 2023 Jalur Mandiri Non Tes - UTBK Nasional

SPMB UNESA 2023 jalur Mandiri Non Tes - UTBK Nasional dilaksanakan dengan jadwal agenda sebagai berikut:

1. Pendaftaran: 22-30 Juni 2023
2. Verifikasi scan data yang diunggah: 1-2 Juli 2023
3. Pengumuman hasil: 3 Juli 2023
4. Masa sanggah: 3-7 Juli 2023
5. Pengumuman akhir: 8 Juli 2023


Tata Cara Daftar Ulang Online SPMB UNESA 2023

Informasi lengkap mengenai daftar ulang untuk jalur Mandiri Non Tes - UTBK Nasional 2023 dalam SPMB UNESA belum diumumkan, termasuk syarat dokumen yang perlu dipersiapkan.

Ada pun daftar ulang online UNESA secara umum dipusatkan melalui laman sipenmaru.unesa.ac.id/simreg. Tata caranya sebagai berikut:

1. Buka laman sipenmaru.unesa.ac.id/simreg

2. Klik "Login Here"/ Gunakan nomor tes sebagai Username, dan gabungan tanggal lahir dengan NISN (format: YYYYMMDDNISN) sebagai password. Pilih jalur tes yang diikuti (SNBP, SNBT, SPMB), lalu klik tombol "Login". Jika proses login berhasil, identitas calon mahasiswa baru (nomor tes dan nama) akan ditampilkan

3. Klik link "Registrasi" lalu "Isi Data Registrasi". Isi data dengan lengkap dan benar. Direkomendasikan mengisi data secara urut sesuai urutan pada menu.

4. Unggah berkas/dokumen pendukung sesuai jenis berkas pada form upload. Pastikan dokumen pendukung telah disiapkan dalam bentuk softcopy untuk memudahkan proses unggah.

5. Lakukan proses finalisasi data setelah semua data registrasi telah tersimpan dan merupakan data lengkap dan benar. Jika belum, lakukan edit data sampai semua data benar. Proses finalisasi data akan mengunci data anda sehingga tidak dapat diedit lagi.

6. Lakukan cetak dan simpan bukti-bukti registrasi online yang dilakukan seperti bukti registrasi online, KTMS (Kartu Tanda Mahasiswa Sementera), dan sebagainya

7. Selesai


Baca juga artikel terkait SELEKSI MANDIRI 2023 atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight