Link Nonton Film Perjuangan "Kadet 1947" dan Sinopsisnya

Penulis: Yandri Daniel Damaledo, tirto.id - 15 Agu 2022 14:09 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Nonton film Kadet 1947 tentang peristiwa misi serangan udara pertama Angkatan Udara RI yang dilakukan oleh para calon penerbang.
tirto.id - Salah satu film bertema perjuangan yang bisa ditonton saat Hari Kemerdekaan adalah film Kadet 1947.

Film ini merupakan film drama biografi perang Indonesia yang dirilis pada tahun 2021, dan disutradarai serta ditulis oleh Rahabi Mandra dan Aldo Swastia.

Film ini diproduksi oleh Temata Studios, dan didukung oleh Legacy Pictures, Screenplay Films, dan TNI AU.

Kadet 1947 terinspirasi dari peristiwa misi serangan udara pertama Angkatan Udara Republik Indonesia yang dilakukan oleh para kadet (calon penerbang Angkatan Udara) di markas pertahanan Belanda di Semarang, Salatiga, dan Ambarawa pada 29 Juli 1947.

Sinopsis Film Kadet 1947


Film Kadet 1947: Hari Ini Atau Tidak Sama Sekali bermula di tahun 1947, Indonesia dan Belanda baru saja melakukan Perundingan Linggarjati, yang berisi kesepakatan bahwa Belanda mengakui status kemerdekaan Indonesia dan mereka akan segera meninggalkan negeri ini.

Namun, beberapa bulan setelahnya, Belanda melanggar kesepakatan tersebut dengan melakukan serangan ke wilayah Jawa dan Sumatera untuk menguasai Indonesia kembali. Peristiwa ini disebut dengan Agresi Militer Belanda I.

Hingga kemudian, sekelompok kadet dari sekolah penerbang Angkatan Udara di Maguwo, yaitu Sigit (Bisma Karisma), Mul (Kevin Julio), Har (Omara Esteghlal), dan Adji (Marthino Lio), berambisi untuk ikut serta menjaga Indonesia dari Belanda.

Namun, ambisi mereka terhalang berbagai rintangan dikarenakan mereka masih berstatus pelajar Angkatan Udara, sehingga mereka tidak mendapat izin untuk membawa pesawat dan senjata.

Pertentangan pun datang dari para petinggi Angkatan Udara yang dipimpin oleh KASAU Komodor Udara Soerjadi Soerjadarma (Mike Lucock), Adisutjipto (Andri Mashadi), Abdulrachman Saleh (Ramadhan Al Rasyid), dan Halim Perdanakusuma (Ibnu Jamil).

Untuk menjalankan aksi nekatnya, para kadet meminta bantuan kepada sersan udara Tardjo (Wafda Saifan), serta penembak udara Dul (Chicco Kurniawan) dan Kapoet (Fajar Nugra).

Meskipun bertema sejarah Indonesia, film berdurasi 110 menit tersebut juga menawarkan elemen persahabatan, cinta dan proses pendewasaan dari para karakter yang terungkap lewat cita-cita mereka menjadi seorang penerbang untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Sutradara pun menyelipkan konflik-konflik personal diantara para karakter dan unsur humor sederhana untuk menunjukkan sisi lain perjuangan sehingga terasa lebih relevan di benak anak muda.

"Dari awal kami berkomitmen mempersembahkan film bertema Indonesia buat generasi muda. Makanya banyak effort yang kami lakukan agar film ini tidak berjarak dengan mereka dan membawa value yang berbeda," tutur Celerina.

Link Nonton Film Kadet 1947


Film Kadet 1947 bisa disaksikan secara streaming melalui platform Netflix. Berikut ini link nontonnya.

LINK NONTON FILM KADET 1947 DI NETFLIX

Trailer Film Kadet 1947


Baca juga artikel terkait FILM PERJUANGAN INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Film)

Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Yantina Debora

DarkLight