Link Materi AKHLAK Culture Journey untuk Tes Rekrutmen BUMN 2022

Kontributor: Tifa Fauziah, tirto.id - 6 Des 2022 13:10 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Link download materi AKHLAK Culture Journey untuk tes Rekrutmen BUMN 2022.
tirto.id - Salah satu tahap dalam proses Rekrutmen Bersama BUMN Batch 2 adalah Tes Kompetensi Dasar & AKHLAK. Untuk materi dari AKHLAK sendiri telah tercantum dalam materi AKHLAK Culture Journey.

Selain materi tersebut, Anda bisa mendapatkan panduan AKHLAK melalui buku panduan AKHLAK Culture Journey yang telah dirilis oleh Kementerian BUMN dan Forum Human Capital Indonesia (FHCI).

Buku panduan ini akan menjadi pedoman BUMN untuk menerapkan fundamental AKHLAK dalam perusahaannya masing-masing.


"Melalui ini (buku panduan), apa yang kita hari ini akan lebih terarah, apa yang kita harapkan, apa yang kita dambakan, bahwa BUMN perlu maju, perlu mendukung budaya kerja. Ini akan kejadian," kata Deputi Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata, dikutip Antara News.

Menurut Tedi, tim task force yang terdiri dari beberapa BUMN dari berbagai sektor industri adalah inisiator dari buku panduan ini. Oleh karena itu, buku ini adalah produk bersama yang jadi kebanggaan serta milik bersama, tidak hanya Kementerian BUMN.


Tahap Penerapan AKHLAK

Syahrial Amin selaku perwakilan dari PT PLN (Persero) mengatakan bahwa buku panduan ini berisi tentang tahapan penerapan nilai utama AKHLAK.

Tahap pertama adalah membangun kesadaran dan pemahaman SDM BUMN pada perubahan perilaku dan budaya AKHLAK.

Tahap kedua adalah intervensi yaitu BUMN mengusahakan adanya perubahan perilaku dan budaya AKHLAK secara sistematis. Tahap ketiga yaitu penerimaan, SDM BUMN menerima dan mendukung adanya perubahan perilaku dan budaya AKHLAK.

Tahap keempat adalah tahap perubahan perilaku yaitu AKHLAK yang terlihat dalam perilaku sehari-hari SDM BUMN.

Tahap kelima yaitu tahap hasil dan dampak, dalam tahap ini perubahan perilaku dan budaya AKHLAK berdampak untuk perusahaan dan sudah menjadi kebiasaan dalam budaya kerja SDM BUMN.

Siti Indah Suri selaku Wakil Sekretaris Jenderal FHCI mengungkapkan bahwa perilisan buku panduan ini adalah tindak lanjut dari Keputusan Menteri BUMN yang tercantum dalam SK-115/MBU/05/2022 tentang Pedoman Implementasi Nilai-Nilai Utama SDM BUMN.

"Ini merupakan strategi serta manifestasi FHCI yaitu character building yang kuat dalam ciptakan role model dan mindset AKHLAK di lingkungan BUMN," ujar Siti.

Selain itu, perwakilan dari 12 perusahaan BUMN juga melakukan penandatangan komitmen penerapan AKHLAK Culture Journey dalam lingkup BUMN.

Bagi yang ingin mengunduh materi panduan AKHLAK: klik link berikut ini AKHLAK Culture Journey - RBB 2022 Batch 2.


Baca juga artikel terkait AKTUAL DAN TREN atau tulisan menarik lainnya Tifa Fauziah
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Tifa Fauziah
Penulis: Tifa Fauziah
Editor: Dipna Videlia Putsanra

DarkLight