Link Download Twibbon Hari Santri Nasional 22 Oktober 2021

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 21 Oktober 2021
Dibaca Normal 1 menit
Hari Santri mengapresiasi peran santri dalam memberikan kontribusi positif bagi negeri.
tirto.id - Hari Santri diperingati setiap 22 September. Tema yang diusung pada Hari Santri 2021 yaitu Santri Siaga Jiwa dan Raga. Tema ini memiliki arti yang mendalam terhadap peran santri dalam kehidupan.

Mengutip situs Kemenag, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menjelaskan bahwa tema tersebut merupakan bentuk pernyataan siap santri Indonesia untuk menyerahkan jiwa dan raga demi membela tanah air. Di samping itu, santri Indonesia juga siap siaga menjaga persatuan Indonesia dan mewujudkan perdamaian dunia.

Ujaran "Siaga Jiwa dan Raga" juga menjadi komitmen santri sepanjang hidupnya dalam membela tanah air yang tumbuh melalui sifat santun, pengalaman, hingga tempaan selama belajar di pesantren. Santri menjadi sosok yang kuat dan dan memberikan manfaat.

Yaqut mengingatkan agar santri tidak sampai lengah untuk menjaga kesucian hati dan akhlak. Santri tetap harus konsisten dalam menjaga akidah, nilai, dan ajaran Islam yang rahmatan lil 'alamin dan merawat tradisi bangsa Indonesia yang luhur. Ditegaskannya pula, pembentengan diri dari para santri dapat mencegah masuknya ancaman ideologi yang pemikiran dan komitmen pada persatuan dan kesatuan Indonesia.

Logo dan twibbon Hari Santri 2021

Logo yang dibuat untuk Hari Santri 2021 berupa beberapa potongan dari bentuk lingkaran dan dua buah lingkaran. Keduanya dipadukan hingga membentuk sebuah logo yang memiliki enam makna filosofi. Makna filosofi yang diangkat pada logo kali ini adalah:

1. Sholat, bermakna berserah diri pada Tuhan sebagai puncak kekuatan jiwa raga.
2. Sujud, bermakna ikhtiar dan ketulusan agar pandemi segera selesai
3. Kebersamaan, bermakna kolaborasi santri dalam suka dan duka
4. Semangat, bermakna semangat dan kerja keras demi mencapai tujuan
5. Berbagi, bermakna berbagi pada sesama dan berbagi untuk Indonesia
6. Warna-warni logo, bermakna luapan semangat dan kolaborasi santri dalam mengabdi untuk negeri dan Ilahi Rabbi.

Sementara itu, ada cara untuk memberi dukungan terhadap Hari Santri 2021 yaitu dengan memasang twibbon. Gambar twibbon bisa dipasang pada foto profil diri atau status sosial media. Bisa juga, twibbon dibagikan untuk orang lain melalui aplikasi perpesanan di ponsel pintar.

Twibbon merupakan bingkai dengan tema khusus yang memiliki area kosong agar bisa ditambahkan gambar pribadi sesuai keinginan. Biasanya, tambahan gambar tersebut berupa foto diri untuk memberikan dukungan atas tema yang disematkan pada bingkai. Cara menyisipkan gambar pada bingkai Twibbon umumnya mudah, hanya tinggal unggah foto lalu terpasang otomatis.

Terdapat banyak contoh Twibbon bertema Hari Santri 2021 di internet. Berikut ini daftar link berbagai pilihan Twibbon Hari Santri yang bisa dipakai:


Baca juga artikel terkait HARI SANTRI atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight