Link Download Pidato Upacara Hari Pahlawan 10 November dari Kemsos

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 10 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Contoh pidato dan amanat Hari Pahlawan 10 November dari Kementerian Sosial.
tirto.id - Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan contoh pidato atau amanat yang sedianya dibacakan saat upacara Hari Pahlawan Nasional 2020 pada 10 November. Upacara merupakan salah satu kegiatan utama dalam peringatan Hari Pahlawan ini.

Upacara Bendera dengan jumlah terbatas di Instansi Pemerintah dan Non Pemerintah, Lembaga-Lembaga pada tanggal 10 November 2020 disesuaikan dengan kondisi masing-masing dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan (pada Upacara Bendera tersebut Pembina Upacara membacakan Amanat Menteri Sosial dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2020).

Bagi Instansi Pemerintah dan Non Pemerintah, Lembaga-Lembaga yang tidak menyelenggarakan upacara bendera dapat menyaksikan Upacara Ziarah Nasional di TMPN Utama Kalibata dengan Inspektur Upacara Pesiden RI melalui siaran TVRI pada pukul 08.00 WIB s/d 09.00 WIB atau Chanel Youtube Kemensos RI(https://www.youtube.com/c/ KemensosRI28).

Contoh pidato atau amanat Kemensos untuk upacara Hari Pahlawan dapat diunduh melalui link berikut ini: AMANAT MENTERI SOSIAL RI PADA UPACARA BENDERA MEMPERINGATI HARI PAHLAWAN TAHUN 2020

Menteri Sosial Juliari P Batubara menggelorakan semangat kepahlawanan masa kini, mengajak semua kalangan berkontribusi pada bangsa dan negara dengan menjadi pahlawan masa kini pada peringatan Hari Pahlawan, Selasa (10/11/2020).

"Menjadi pahlawan masa kini dengan memiliki empati, menolong sesama, saling menghargai, dan menghormati satu sama lain," katanya saat menyampaikan pidato peringatan Hari Pahlawan, yang disiarkan lewat kanal YouTube Kementerian Sosial di Jakarta.

Perjuangan para pahlawan kemerdekaan, ia mengatakan, bisa dijadikan sebagai inspirasi dan motivasi bagi semua untuk meneruskan perjuangan membangun negara.

"Kalau dulu mereka berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal," katanya.

Ia mengatakan bahwa peringatan Hari Pahlawan semasa pandemi bisa menjadi penggugah kesadaran seluruh elemen bangsa untuk mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa, pantang menyerah, saling bantu, dan bergotong royong.

Menteri Sosial meminta seluruh rakyat Indonesia ikut memperingati Hari Pahlawan dengan mengheningkan cipta serentak selama 60 detik pada 10 November 2020 mulai pukul 08.15 sebagai bentuk penghargaan terhadap jasa para pahlawan.


Baca juga artikel terkait HARI PAHLAWAN atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight