Link Download Lagu "Indonesia Raya" MP3 untuk Upacara HUT RI ke-77

Penulis: Ibnu Azis, tirto.id - 4 Agu 2022 18:13 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini link download lagu “Indonesia Raya” MP3 untuk upacara HUT RI ke-77 pada 17 Agustus 2022 mendatang.
tirto.id - Lagu “Indonesia Raya” wajib berkumandang saat upacara bendera termasuk ketika upacara HUT RI ke-77 pada 17 Agustus 2022 mendatang.

Secara utuh, lagu “Indonesia Raya” terdiri dari 3 stanza (bait), penciptanya adalah Wage Rudolf Supratman, seorang komponis sekaligus wartawan.

Dikutip dari situs Kemenlu, lagu “Indonesia Raya” dinyanyikan pertama kali pada Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928.


Pada tanggal 17 Agustus 1945 tepatnya saat hari kemerdekaan Indonesia, lagu “Indonesia Raya” ditetapkan sebagai lagu kebangsaan Indonesia.

Mayoritas masyarakat mungkin hanya akrab dengan bait lirik 1 stanza saja, sedangkan 2 stanza lainnya jarang terdengar. Hanya stanza pertama dan refrain lagu yang biasanya dinyanyikan.

Namun, membuka tahun ajaran baru sekolah, pemerintah mulai Juli 2017 menerapkan kebijakan baru: stanza dua dan tiga dalam lagu “Indonesia Raya” bakal dinyanyikan dalam helatan upacara tertentu.

Selain dinyanyikan saat upacara bendera, lagu “Indonesia Raya” dikumandangkan secara serentak di berbagai lokasi dan daerah pada momen 17 Agustus, tak terkecuali tahun ini.

Hal itu sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Sekretaris Negara tentang Penyampaian Tema, Logo dan Partisipasi Menyemarakkan Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022.

“Pada tanggal 17 Agustus 2022 pukul 10.17 s.d. 10.20 WIB, selama 3 menit, menghentikan semua kegiatan. Berdiri tegap saat lagu kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan secara serentak di berbagai lokasi dan daerah, untuk menghormati peringatan Detik-detik proklamasi,” bunyi SE tersebut diteken Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, pada 12 Juli 2022.


Lirik Lagu “Indonesia Raya” dan Link Download MP3-nya


Berikut ini lirik lagu “Indonesia Raya” versi 1 stanza (bait) ciptaan Wage Rudolf Supratman.

Indonesia Tanah Airku
Tanah Tumpah Darahku
Disanalah Aku Berdiri
Jadi Pandu Ibuku

Indonesia Kebangsaanku
Bangsa dan Tanah Airku
Marilah Kita Berseru
Indonesia Bersatu

Hiduplah Tanahku
Hiduplah Negriku
Bangsaku Rakyatku Semuanya
Bangunlah Jiwanya
Bangunlah Badannya
Untuk Indonesia Raya

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Tanahku Negriku yang Kucinta
Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Tanahku Negriku yang Kucinta
Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya

Dikutip dari situs Kemdikbud, berikut link download lagu “Indonesia Raya” yang diaransemen oleh Jos Cleber dan direkam ulang di Studio Lokananta, Surakarta, Jawa Tengah oleh Paduan Suara dan Orkestra Gita Bahana Nusantara.

LINK DOWNLOAD LAGU “INDONESIA RAYA” MP3


Baca juga artikel terkait HUT RI KE-77 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Yantina Debora

DarkLight