Link dan Cara Mengantre Faskes BPJS Kesehatan Secara Online

Kontributor: Anne Anisa - 27 Des 2021 14:57 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berikut adalah cara melakukan antrean fasilitas kesehatan BPJS Kesehatan secara online.
tirto.id - Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) atau biasa dikenal sebagai Faskes 1 adalah tempat tujuan bagi masyarakat yang ingin berobat menggunakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan/JKN.

FKTP di Indonesia terbagi menjadi 4 kategori, yaitu Puskesmas, Klinik, Rumah Sakit kelas D, dan praktik dokter atau dokter gigi. Secara umum, Puskesmas adalah unit pelaksana teknis dinas kesehatan yang biasanya ada di setiap kecamatan atau cakupan yang lebih kecil lagi.

Berbeda dengan Puskesmas, klinik adalah pelayanan kesehatan umum oleh jumlah tenaga medis lebih dari satu. Rumah sakit kelas D adalah rumah sakit yang menyediakan layanan perawatan kelas 3. Sementara itu, praktik dokter umum atau dokter gigi adalah pelayanan kesehatan yang dilakukan sendiri oleh tenaga medis (dokter).

Itulah tempat-tempat yang bisa Anda kunjungi untuk mendapatkan pelayanan kesehatan jika terdaftar sebagai peserta BPJS.

Namun, tidak jarang masyarakat harus mengantre panjang jika ingin berobat di FKTP atau Faskes 1 ini. Namun, sekarang Anda tidak perlu repot-repot lagi.

Cukup menggunakan layanan digital BPJS (secara online) saja untuk mengambil nomor antrean. Dengan begitu, waktu lebih efisien dan tenaga tetap terjaga.


Bagaimana Cara Mengambil Nomor Antrean Faskes BPJS Online?

Nomer antrean bisa secara langsung Anda dapatkan, cukup berbekal smartphone saja. Jadi, Anda cukup mengakses secara online saja, tanpa perlu datang ke FKTP atau Faskes 1 lebih awal. Melansir dari Youtube BPJS Kesehatan, berikut ini cara mengambil nomor antrean faskes BPJS online:

1. Anda perlu mengunduh aplikasi Mobile JKN di Playstore atau Appstore;

2. Buka aplikasi Mobile JKN;

3. Pilih menu “Pendaftaran Pelayanan”;

4. Pilih Poli yang akan dituju (jika perlu dirujuk ke rumah sakit, Anda dapat memilih menu antrean);

5. Selesai dan Anda akan mendapatkan nomor antrean.

Atau klik antrean.bpjs-kesehatan.go.id

Informasi terkait nomor antrean tersebut sudah langsung terintegrasi dengan FKTP atau faskes yang dipilih. Jadi, Anda hanya tinggal datang ke FKTP yang tercantum.

Perlu dicatat bahwa Anda harus segera pergi ke FKTP yang Anda tuju jika nomor antrean sudah dekat. Ini dilakukan agar antrean Anda tidak terlewat. Setelah itu, Anda hanya tinggal menunggu sebentar dan dipanggil sesuai dengan nomor antrean yang telah didapat secara online.

Dengan aplikasi Mobile JKN, Anda juga bisa melihat riwayat pelayanan kesehatan diri selama ini. Melansir dari Youtube BPJS Kesehatan, caranya cukup mudah, hanya tinggal masuk ke aplikasi Mobile JKN dan pilih menu “Riwayat Pelayanan”. Perlu Anda ketahui bahwa informasi yang tersedia dalam aplikasi ini bersifat real time.


Baca juga artikel terkait BPJS KESEHATAN atau tulisan menarik lainnya Anne Anisa
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Anne Anisa
Penulis: Anne Anisa
Editor: Alexander Haryanto

DarkLight