Seleksi Mandiri ITS 2022

Link Daftar Seleksi Mandiri ITS 2022 Ditutup 26 Juni, Cek Syaratnya

Penulis: Yandri Daniel Damaledo - 23 Jun 2022 15:39 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Seleksi Mandiri ITS 2022 akan ditutup pada 26 Juni pukul 23.50 WIB, cek ketentuannya.
tirto.id - Pendaftaran penerimaan mahasiswa baru Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) jalur Seleksi Kemitraan dan Mandiri (SKM) telah dibuka sejak awal bulan dan akan ditutup pada 26 Juni 2022 pukul 23.59 WIB.

Seleksi Kemitraan dan Mandiri adalah pola seleksi yang diselenggarakan oleh ITS secara mandiri untuk masyarakat umum yang berminat berkuliah di ITS pada program Sarjana.

Dalam pelaksanaannya, SKM ITS dibedakan dalam dua seleksi, yakni Seleksi Kemitraan dan Seleksi Mandiri, yang keduanya diselenggarakan dalam satu periode pendaftaran.

Pendaftaran Seleksi Kemitraan dan Mandiri ITS 2022 dilakukan secara online melalui link resmi https://admission.its.ac.id.

Peserta SKM hanya bisa memilih satu seleksi, yaitu Seleksi Kemitraan atau Seleksi Mandiri.

Setelah membuka link pendaftaran di atas, klik tombol "DAFTAR" di menu jalur seleksi yang dipilih. Kemudian, ikuti prosedur pendaftaran hingga selesai.

Menu pendaftaran Seleksi Kemitraan dan Mandiri ITS di laman tersebut akan muncul mulai 2 Juni 2022.

Peserta yang dinyatakan lulus Seleksi Kemitraan dan Mandiri diwajibkan melakukan pengisian data dan mengunggah dokumen persyaratan di laman sipmaba.its.ac.id untuk pendaftaran ulang.

Adapun jumlah kuota untuk jalur Seleksi Prestasi serta Seleksi Kemitraan dan Mandiri, jumlah kuota daya tampung ITS mencapai 2.524 kursi, yang dibagi untuk 38 program studi (prodi) S1 di 6 fakultas.

Jadwal Seleksi Mandiri ITS 2022


- Pendaftaran: 2 – 26 Juni 2022

- Pengumuman Hasil Seleksi: 7 Juli 2022

- Pendaftaran Ulang: 8 – 12 Juli 2022.

Adapun detail lokasi dan jadwal TKA dan/atau UMDesain bisa diakses mulai tanggal 17 Juni 2022 melalui akun myITS masing-masing.

Ketentuan Seleksi Kemitraan dan Mandiri ITS 2022


Seleksi Kemitraan dan Mandiri (SKM) adalah pola seleksi mandiri oleh ITS berdasarkan penjaringan mahasiswa baru dengan menggunakan nilai UTBK 2022 dan/atau mengikuti TKA ITS 2022.

Pendaftar yang sudah mengikuti UTBK-SBMPTN 2022 bisa menggunakan nilai UTBK (menggunakan nomor peserta) atau memilih mengikuti TKA ITS 2022 (dijadwalkan di dalam pendaftaran SKM), dengan nilai terbaik yang digunakan untuk proses seleksi.

Pendaftaran dapat dilampiri dengan prestasi-prestasi lainnya sebagai pertimbangan. Khusus program studi Desain Produk, Desain Interior, dan Desain Komunikasi Visual, seleksi menggunakan Ujian Masuk Desain (UMDesain) ITS 2022.

Seleksi ini dapat diikuti oleh lulusan SMA/MA/SMK dan sederajat jurusan tahun 2020, 2021, dan 2022. Ketentuan jurusan asal dengan program studi yang dituju mengikuti SBMPTN.

1. Seleksi Kemitraan diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dan merupakan utusan instansi mitra (Perusahaan/Pemprov/Pemkab/Pemkot) yang mempunyai nota kesepahaman dengan ITS ditunjukkan dengan adanya MoU dan MoA.

2. Seleksi Mandiri diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dari masyarakat umum yang berminat.

Kategori Prestasi Seleksi Kemitraan dan Mandiri ITS 2022



Dalam proses seleksi, panitia seleksi akan mempertimbangkan prestasi atau penghargaan yg dibuktikan dengan dokumen surat rekomendasi dari lembaga terkait dan juga bukti prestasi. Dokumen bukti prestasi yang dapat diunggah adalah

1. Juara Lomba tingkat provinsi, nasional dan internasional

a. Olimpiade Sains

b. Olahraga

c. Seni

2. Ketua OSIS

3. Penghafal Kitab Suci.


Baca juga artikel terkait SELEKSI MANDIRI atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight