Lima Rekomendasi Serial Netflix untuk Menunggu Buka Puasa

Oleh: Sirojul Khafid - 20 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Lima serial Netflix untuk menunggu waktu buka puasa.
tirto.id - Selain sebagai kebutuhan, buka puasa menjadi momen yang baik untuk berkumpul bersama keluarga dan orang-orang tercinta.

Momen yang tidak sering terjadi ini bisa dirayakan dengan menu buka puasa yang juga menarik. Tidak hanya dari segi rasa, penampilan juga perlu dipertimbangkan.

Ada beberapa referensi yang bisa kita gunakan. Selain video youtube, serial Netflix juga bisa menjadi rujukan. Selain mendapat referensi yang banyak dan bagus, menonton serial Netflix bisa menjadi hiburan menjelang waktu berbuka.

Berikut adalah daftar serial Netflix tentang makanan.

Street Food

Memiliki wilayah yang luas menjadikan Indonesia salah satu negara dengan makanan yang beragam dan kaya rasa. Bisa jadi hal itu lah yang menjadi pertimbangan Netflix Original Street Food mendokumentasikannya dalam bentuk film dokumenter.

Di salah satu episodenya, Street Food menampilkan makanan dari Yogyakarta. Makanan dari Yogyakarta digambarkan tidak terpengaruh oleh modernisasi atau globalisasi dalam menghidangkan makanan tradisionalnya.

Salah satu contohnya Mbah Lindu. Perempuan berusia 86 tahun ini membuat gudeg tanpa merubah resepnya sejak mulai memasak pada umur belasan. Atau seperti Mbah Satinem, penjual jajanan pasar yang legendaris.

Apabila anda penasaran atau ingin nostalgia dengan makanan tradisional khas Yogyakarta, menambahkan menu jajanan pasar, gudeg atau mie lethek untuk berbuka puasa bisa jadi pilihan yang menarik.

Ugly Delicious

Apabila sudah terlalu sering dengan makanan Indonesia, menu kombinasi roti dengan topping daging, keju, jamur dan paprika bisa menjadi selingan.

Makanan dari Italia ini sudah banyak beredar di Indonesia. Tidak ada resep paten dalam pembuatannya. Hal itu menjadikan kita bisa sekreatif mungkin dalam menghidangkannya.

Salah satu episode dalam serial Netflix Original Ugly Delicious bisa menjadi rujukan. Serial itu menampilkan ketrampilan para koki dari Jepang, Amerika dan Italia dalam membuat pizza dengan keunikan masing-masing.

Hal itu membuktikan bahwa kita bisa bereksperimen dengan rasa yang kita inginkan. Sembari menunggu buka puasa, kegiatan membuat pizza sepertinya menarik.


The Final Table

Setelah berpuasa selama kurang lebih 13 jam, berbuka dengan makanan yang bisa membangkitkan energi tentu menjadi pilihan utama. Apabila Anda sedang mencari refrensi yang tidak biasa, Taco Meksiko bisa menjadi alternatif.

Selain rasanya yang lezat, tampilannya yang berwarna-warni juga bisa menggugah selera. Taco mengandung zat karbohidrat, kalori, dan protein yang diperlukan oleh tubuh setelah berpuasa.

Salah satu episode di The Final Table, sebuah kompetisi memasak berdasarkan hidangan suatu negara, kontestan ditantang untuk menghidangkan taco. Para koki akan menghidangkan makanan yang sederhana sehingga bercita-rasa dunia.

Chef’s Table

Jika anda memiliki rencana berbuka bersama dengan jumlah orang yang banyak, makanan India patut anda coba. Selain bumbu rempahnya yang kaya rasa, makanan India juga terkenal dengan porsinya yang besar.

Salah satu rekomendasi menu yang cocok adalah nasi biryani. Kita bisa menikmati nasi biryani dengan kuah kari dan sayur-sayuran seperti palak paneer.

Salah seorang yang sering membuat makanan India adalah Asma Khan, koki asli India yang pindah ke London untuk membuka restoran India. Dalam salah satu episode Netflix Original Chef’s Table, Asma bercerita mengenai aspirasinya dalam membuat makanan India yang autentik.

Nailed It!

Saat menu pembuka dan utama telah selesai dinikmati, menu penutup yang lezat tentu membuat acara buka puasa menjadi menyenangkan.

Salah satu serial yang bisa menjadi rujukan untuk menu penutup yang manis dan cantik adalah Nailed It! Tidak hanya mekanan yang enak dan lezat, namun kita bisa belajar membuat makanan yang bagus dilihat.

Nailed It! Merupakan acara kompetisi memasak bagi orang yang tidak bisa memasak. Mereka akan membuat replika dari kue dan permen yang cukup rumit. Selain referensi makanan yang banyak, gelak tawa dan kagum akan membuat kita terhibur.

Baca juga artikel terkait NETFLIX atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kontributor: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Yantina Debora
DarkLight