Lima Pimpinan DPRD DKI Masa Jabatan 2019-2024 Resmi Dilantik

Oleh: Haris Prabowo - 14 Oktober 2019
Lima pimpinan DPRD DKI Jakarta mengucap sumpah jabatan dalam ruang rapat paripurna DPRD di Kebon Sirih, Jakarta Pusat.
tirto.id - Lima pimpinan baru DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024 resmi dilantik usai mengucap sumpah jabatan di ruang paripurna, Gedung DPRD DKI, Senin (14/10/2019) sore.

Sumpah yang dibacakan itu sesuai salinan dari Kementerian Dalam Negeri Nomor 161.31/5344 tanggal 8 Oktober 2019 tentang peresmian pengangkatan pimpinan DPRD provinsi DKI Jakarta.

"Satu meresmikan dan melantik Prasetio Edi Marsudi sebagai Ketua, Mohamad Taufik sebagai Wakil Ketua; Abdurrahman Suhaimi sebagai Wakil Ketua, Mirsan Samsuri sebagai Wakil Ketua, dan Zita Anjani sebagai Wakil Ketua," ucap Kepala Bagian Perundang-undangan dan Hubungan Masyarakat Sekretariat DPRD DKI, Purwana Ansyori, dalam acara tersebut.

Selanjutnya ketua dan empat wakil ketua DPRD DKI Jakarta mengucap sumpah jabatan yang dipandu oleh Plt Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, Syahrial Sidik.

"Saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai ketua dan wakil ketua DPRD DKI dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengann ketentuan perundangan-undangan dengan berpedoman pada pancasila dan undang-undang dasar 1945," kata Syahrial membacakan, sembari diikuti para pimpinan.

Kelima pimpinan juga menyebut bahwa mereka bersedia menjalankan kewajiban dan bekerja dengan sungguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, atau golongan.

"Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional untuk kepentingan bangsa dan negara Republik Indonesia," kata mereka bersamaan.

Adapun kelima pimpinan berasal dari fraksi dengan perolehan kursi terbanyak di DPRD DKI Jakarta. PDI-P memperoleh 25 kursi di DPRD DKI, Gerindra mendapatkan 19 kursi, PKS mendapat 15 kursi, Demokrat memperoleh 10 kursi, dan 9 kursi untuk PAN.


Baca juga artikel terkait PELANTIKAN DPRD DKI atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Hendra Friana
DarkLight