Lima Cara Hemat BBM untuk Mobil Matic

Oleh: Yantina Debora - 29 November 2018
Cara agar mobil matic hemat BBM dengan menekan pedal gas secara perlahan, jaga kecepatan mobil agar tetap stabil dan servis secara rutin.
tirto.id - Mobil matic kerap dianggap sebagai mobil yang "boros" jika dibandingkan dengan mobil manual. meski demikian, bukan berarti tak ada cara untuk mengurangi konsumsi BBM pada mobil matic.

mengutip Suzuki.co.id, terdapat beberapa cara menghemat BBM bagi pengguna mobil matic.

Pertama, gas secara perlahan. Anda harus menekan pedal gas secara perlahan saat akan menambah kecepatan. Hal ini akan membuat aliran konsumsi BBM tak terlalu deras sehingga konsumsi BBM menjadi besar.

Kedua, perhatikan putaran mesin. Tips ini juga berlaku untuk mobil manual. Baik mobil manual ataupun mobil matic, tips yang paling efektif untuk menghemat konsumsi BBM yaitu dengan memperhatikan putaran mesin. Biasanya, efektifnya konsumsi BBM dan tenaga yang dihasilkan yaitu sekitar 2.500-3.000 RPM.

Selanjutnya ketiga, jaga kecepatan mobil agar tetap stabil. Mengemudi dengan kecepatan yang stabil atau konstan bisa menurunkan intensitas untuk memainkan pedal gas. Semakin sering Anda menginjak pedal gas lebih dalam, maka semakin banyak BBM yang dikonsumsi sehingga akan membuat mobil semakin boros.

Cara keempat, selain kecepatan yang konstan, jarak aman dengan kendaraan di depannya juga perlu Anda perhatikan. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar Anda tidak perlu menginjak rem atau mengurangi kecepatan secara mendadak.

Sehingga jika mobil di depan Anda mengurangi kecepatan, maka Anda bisa mengurangi kecepatan secara perlahan baik dengan mengurangi gas. Ketika Anda akan menambah kecepatan kembali maka Anda tidak perlu menginjak gas terlalu dalam atau tidak perlu membuang tenaga yang banyak.

Tips terakhir, mengutip dari Suzukiauto.co.za, rutin menyervis mobil matic Anda. Mobil dengan kondisi prima akan membantu dalam menghemat bahan bakar. Stuff Works mengatakan mobil yang diservis secara rutin dapat menghemat bahan bakar hingga 10 persen.

Baca juga artikel terkait MOBIL MATIC atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Otomotif)


Penulis: Yantina Debora
Editor: Yantina Debora