Lima Cara Efektif yang Bisa Membuat Bayi Anda Tertawa

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 11 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Membuat bayi tertawa bisa dilakukan dengan beberapa cara, mulai dari menggelitik hingga menirukan suara binatang.
tirto.id - Melihat tingkah sang buah hati sudah dapat tersenyum atau tertawa lebar tentu akan membahagiakan, bukan? Bayangkan, ketika tawanya yang menggemaskan mampu membuat suasana rumah terasa semakin ramai.

Melansir dari Kidshealth, seorang psikolog dari San Diego State University, Louis Franzini, Ph.D berpendapat dalam salah satu bukunya berjudul "Kids Who Laugh, How to Develop Your Child’s Sense of Humor" bahwa humor dapat meningkatkan kecerdasan emosional serta intelektual anak.

Banyak pakar juga menyatakan bahwa cara bayi tertawa menunjukkan perkembangan otaknya ketika merespons keadaan di sekitarnya.

Selain itu, tawa seorang buah hati mengindikasikan bahwa mereka tengah dalam kondisi tubuh yang sehat dan terhindar dari stres.

Namun, tentu banyak pula buah hati yang susah tertawa. Jika hal tersebut terjadi pada sang buah hati Anda, barangkali lima cara membuat bayi tertawa ini bisa Anda praktekkan di rumah.

Jurus Cilukba Sangat Jitu untuk Membuat Bayi Anda Tertawa

Meski tergolong sebagai cara klasik untuk membuat bayi tertawa lebar. Jurus "cilukba" masih menjadi metode paling efektif agar sang buah hati dapat memperlihatkan tawanya yang menggemaskan.

Salah satu permainan yang paling sering dilakukan orang tua kepada sang buah hati ini ternyata tidak hanya populer di Indonesia saja.

Jurus ini bisa dijadikan sebagai metode untuk mengajak sang buah hati untuk melatih percakapan melalui tawa.

Tirukan Suara Seekor Binatang

Kebanyakan bayi sangat senang ketika mendengar suara-suara lucu. Untuk membuatnya tertawa, menirukan suara seekor binatang dapat mendorong senyum lucu mereka.

Dalam hal ini, Anda dapat menirukan suara-suara binatang seperti kucing, kambing, sapi, bebek, atau anjing di hadapan sang buah hati.

Upaya membuat bayi Anda dapat tertawa ini juga akan lebih menarik ketika Anda juga sekaligus menirukan kebiasaan binatang yang ditirukan.

Nyanyikan Sebuah Lagu untuk Sang Buah Hati

Dikutip dari Parents, dalam risetnya Laurel Trainor, Ph.D., Direktur Institut McMaster untuk Musik dan Pikiran di Hamilton, Ontario mengungkapkan bahwa memainkan musik bersama dengan bayi Anda dapat memperkuat hubungan Anda degan bayi.

Secara alamiah, seorang bayi sangat suka melihat, melakukan sesuatu, dan mendengar dalam waktu yang bersamaan.

Dengan kebiasaan sang buah hati demikian, Anda dapat membuatnya tertawa dengan bertepuk tangan kemudian menyanyikan lagu favorit sang buah hati.

Selain itu, Anda pun juga dapat memutar lagu anak-anak atau nyanyian kesukannya sembari tubuhnya ditimang secara lembut di gendongan Anda.

Berpura-pura Menggigit Jemari Si Kecil

Sang buah hati akan sangat senang saat orangtuanya berpura-pura menggigit jemarinya. Lakukan dengan hati-hati agar si kecil tidak takut.

Lakukan dengan perlahan-lahan, kemudian ubah mimik wajah Anda seolah-olah tengah menikmati sepotong daging ayam yang lezat ketika tengah berpura-pura menggigit jemarinya.

Agar terasa lebih lucu, sisipkan suara atau bunyi-bunyian seperti “nyam…nyam” atau jangan lupa setelah melakukan hal tersebut Anda perlu untuk mencuci tangan sang buah hati tersebut.

Masih Susah Tertawa, juga? Saatnya Gelitiki Si Buah Hati dengan Lembut

Menggelitiki sang bayi dengan lembut dipastikan dapat membuatnya tertawa. Cara membuat bayi tertawa paling manjur ini juga sangat penting untuk membangun ikatan sentuh dan kedekatan.

Menurut para ahli psikolog, sentuhan adalah hal yang sangat penting untuk membuat sang buah hati merasa aman dan nyaman.

Sentuhan lembut berupa kasih sayang ini dapat menstimulus hormon sang bayi untuk melakukan pergantian sel-sel tubuh menjadi lebih sehat.

Melansir dari Bounty, sentuhan untuk bayi juga dapat membentuk ikatan awal yang berharga antara Anda dan bayi.

Itulah lima cara membuat bayi Anda tertawa. Lakukan hal tersebut untuk merangsang si kecil agar ia mampu merasakan efek langsung pada orang-orang yang ada di sekitarnya.


Baca juga artikel terkait BAYI atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Gaya Hidup)


Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH