Liliyana Natsir Pensiun dari Bulutangkis dan Akan Tekuni Bisnis

Oleh: Agung DH - 27 Januari 2019
Liliyana Natsir resmi menyatakan pensiun dari bulu tangkis. Usai pensiun, ia berencana menekuni bisnis.
tirto.id - Liliyana Natsir menyatakan pensiun dari bulu tangkis menjelang laga final babak ganda campuran Indonesia Masters 2019 di Istora Senayan Jakarta, Minggu (27/1/2018) melawan pasangan China Zheng Siwei/Huang Yaqiong.

"Hari ini adalah hari yang sangat berat buat saya, 24 tahun saya berkarir dalam bulu tangkis, dan 17 tahun saya menjadi pemain profesional di pelatnas PBSI Cipayung," kata Liliyana yang bakal berpasangan dengan Tontowi Ahmad dalam laga nanti.

Setelah "gantung raket" atlet berusia 33 tahun ini berencana memfokuskan diri pada bisnis yang digelutinya sejak 2015. yaitu Nine Family Reflexology dan properti di Serpong Tangerang Selatan, serta bisnis penukaran mata uang yang baru dirintisnya.

Kendati berencana menggeluti bisnis, pemain dengan sapaan akrab Butet itu mengatakan tidak akan menjauh dari bulu tangkis. "Saya ingin memberikan kesempatan kepada junior saya. Saya ingin adik-adik atlet saya menjadi pemenang-pemenang baru ke depan," kata Liliyana.

Liliyana Natsir meniti karier dari klub bulu tangkis Pisok Manado. Ia kemudian pindah ke PB Tangkas Jakarta dan terakhir di PB Djarum Kudus.

Selama kariernya di bulu tangkis, Liliyana pernah meraih
gelar juara dunia 2005, 2007, 2013, dan 2017.

Pada ajang SEA Games, Liliyana total meraih empat medali emas yakni dua medali SEA Games 2007 pada ganda putri dan beregu putri, SEA Games 2009, dan SEA Games 2011.

Pada laga Asian Games 2014, Liliyana yang berpasangan Tontowi meraih medali perak
setelah kalah dari ganda China Zhang Nan/Zhao Yunlei 21-16, 21-14.

Baca juga artikel terkait LILIYANA NATSIR atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Antara
Penulis: Agung DH
Editor: Agung DH