Serie A 2019/2020

Liga Italia Bersiap Lanjut, Fiorentina Malah Kena COVID-19 Lagi

Oleh: Wan Faizal - 8 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Internal Fiorentina kembali ada yang terjangkit virus Corona atau COVID-19 jelang latihan untuk bersiap melanjutkan Liga Italia Serie A 2019/2020.
tirto.id -
Tiga pemain dan tiga staf Fiorentina positif terjangkit virus Corona atau COVID-19. Hal ini terkuak setelah dilakukannya tes swab jelang La Viola menggelar latihan lagi untuk bersiap melanjutkan kompetisi Liga Italia Serie A 2019/2020.

"Berdasarkan hasil cek laboratorium yang telah keluar, ACF Fiorentina mengumumkan bahwa tiga pemain dan tiga staf kami teridentifikasi menderita COVID-19. Sesuai protokol, klub telah mengisolasi keenam orang tersebut," ujar pihak klub melalui situs resminya.

"Untuk sisa pemain dan staf yang lain, esok pagi akan tetap beraktivitas di lapangan sesuai jadwal yang ditentukan," tambah otoritas Fiorentina.

Kasus baru positif COVID-19 di Fiorentina ini tentu tidak bagus bagi upaya semua pihak yang ingin melanjutkan Liga Italia 2019/2020. Ditemukannya kasus baru sangat berpotensi menghambat izin digelarnya lagi kompetisi.

Tak hanya Fiorentina, dua klub Serie A lainnya yakni Torino dan Sampdoria juga telah memberikan konfirmasi ditemukannya kasus baru COVID-19 menjelang dimulainya latihan oleh masing-masing klub itu.

Bagi Fiorentina, ini bukan kasus pertama. Pada Maret 2020 lalu, ada tiga pemain La Viola yang dinyatakan positif COVID-19, yakni Patrick Cutrone, German Pezzella, dan Dusan Vlahovic.

Setelah menjalani rangkaian tindakan, ketiganya kini sudah dinyatakan sembuh. Namun, hingga saat ini belum diketahui apakah ada dari ketiganya yang kembali terinfeksi virus tersebut.



Serie A Lanjut Atau Tidak?

Nasib sisa Serie A musim ini mendapat komentar dari bek Fiorentina, Dalbert. Ia menyarankan, sebaiknya liga tidak dipaksakan untuk lanjut. Bagi pemain asal Brasil ini, akan lebih baik jika menunggu situasi lebih baik.

"Hal terpenting adalah kami semua aman, baik untuk masyarakat umum maupun kami para atlet," ungkap bek bernama lengkap Dalbert Henrique Chagas Estevão yang merupakan pinjaman dari Inter Milan ini.

"Kami tidak yakin apakah musim akan dilanjutkan. Tapi menurut saya, tidak perlu tergesa-gesa kembali ke pertandingan di tengah pandemi seperti ini," tambah Dalbert.

"Jika kita bicara dalam konteks latihan saja, sebaiknya dilakukan dengan jarak yang lebar antar pemain. Bagi saya, kami siap untuk berlatih, tapi sebaiknya jangan memulai kompetisi dalam waktu dekat," imbuhnya.

Fiorentina saat ini berada di peringkat 13 klasemen Serie-A. Dari 26 pertandingan yang telah dijalani, skuad asuhan Giuseppe Iachini baru mengumpulkan 30 poin.

Performa La Viola musim ini memang tidak bagus, sudah menelan 10 kekalahan, 9 kali imbang, dan 7 kali menang. Perbandingan gol mereka pun tidak bagus karena hanya bisa mencetak 32 gol dan kebobolan 36 gol.

Namun, asa Federico Chiesa dan kawan-kawan mengejar tiket ke zona Eropa musim depan masih terbuka. Dengan 30 poin, Fiorentina hanya tertinggal 6 angka dari AC Milan yang menghuni slot terakhir di zona Liga Europa.



Baca juga artikel terkait LIGA ITALIA atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight