Premier League 2019/2020

Liga Inggris: Total 12 Kasus Positif COVID-19 di Premier League

Oleh: Ikhsan Abdul Hakim - 28 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Hingga kini, terdapat 12 kasus positif COVID-19 di Premier League jelang Liga Inggris 2019/2020 bergulir kembali.
tirto.id - Premier League melaporkan empat kasus baru positif virus Corona dari tes massal periode 25-26 Mei 2020 lalu. Tambahan ini membuat total terdapat 12 pemain atau staf yang terjangkit COVID-19 jelang Liga Inggris 2019/2020 bergulir kembali.

“Premier League dapat mengonfirmasi bahwa pada Senin 25 Mei dan Selasa 26 Mei, 1.008 pemain dan staf telah dites COVID-19. Dari jumlah ini, empat orang dari tiga klub dinyatakan positif. Pemain atau staf yang dinyatakan positif akan menjalani isolasi mandiri selama tujuh hari,” tulis pernyataan di laman resmi Premier League.

Sebelumnya pada 19-22 Mei, Premier League melakukan tes terhadap 996 pemain yang menunjukkan dua hasil positif dari dua klub. Pada periode pertama tes massal (17-18 Mei), sebanyak 748 pemain/staf diperiksa dan menghasilkan 6 kasus positif dari tiga klub.

Premier League menyatakan bahwa pihaknya hendak meningkatkan kapasitas tes untuk periode keempat mendatang menjadi 60 tes per klub. Pada periode ketiga lalu, kapasitas tes mencapai 50 per klub.

Pihak Premier League tidak merinci nama pemain dan staf yang terinfeksi Coronavirus atau klub yang menaunginya.

Sejauh ini, diketahui sejumlah pemain seperti Aaron Ramsdale (Bournemouth) dan Adrian Mariappa (Watford) dikonfirmasi positif. Demikian pula dengan asisten manajer Burnley, Ian Woan.


Premier League Sepakat Restart

Tes massal merupakan salah satu langkah Project Restart untuk memulai kembali Liga Inggris 2019/2020 pada pertengahan Juni nanti. Proyek ini pun sejauh ini menunjukkan perkembangan positif.

Pada Rabu (27/5/2020), klub-klub Premier League dilaporkan sepakat untuk memulai latihan penuh dengan kontak fisik.

Sejak pekan lalu, latihan dilakukan melalui prosedur penjarakan fisik yang ketat. Latihan terbatas itu merupakan tahap pertama dari rencana Project Restart untuk memulai liga kembali.

Mengenai perencanaan Project Restart, bek Liverpool, Andrew Robertson, mengaku optimistis bisa merumput kembali dengan protokol kesehatan ketat. Bek asal Skotlandia ini menyebut keamanan prosedur mengurangi kekhawatiran pemain atas dampak pandemi.

“Kami menanti untuk kembali [bertanding] sebentar lagi karena kami sejauh ini kami telah melakukannya dengan sangat baik. Setiap orang mematuhi peraturan, tetap memenuhi apa yang harus kami lakukan,” ucapanya sebagaimana dikutip Evening Standard.

Baca juga artikel terkait PREMIER LEAGUE atau tulisan menarik lainnya Ikhsan Abdul Hakim
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Ikhsan Abdul Hakim
Penulis: Ikhsan Abdul Hakim
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight