Liga Brasil: 16 Pemain Vasco da Gama Positif COVID-19

Oleh: Ikhsan Abdul Hakim - 2 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
Klub Liga Brasil, CR Vasco da Gama, mengumumkan 16 pemainnya positif terinfeksi virus Corona atau COVID-19.
tirto.id - Klub Liga Brasil, CR Vasco da Gama, mengumumkan 16 pemainnya positif terinfeksi virus Corona atau COVID-19. Kasus terbaru ini diketahui setelah klub yang berasal dari Rio de Janeiro tersebut menggelar tes massal kepada 350 pemain dan stafnya.

“Kami menemukan 16 pemain dengan hasil tes positif. Mereka dipisahkan dari kelompok, mereka tetap dalam kontak medis dan mereka akan diuji sampai kami yakin bahwa mereka tidak dapat menularkan virus ke seluruh tim,” ucap Direktur Medis Klub, Marcos Teixeira, di kanal Youtube Vasco da Gama sebagaimana dikutip Antara.

Teixeira menambahkan bahwa 30% dari pemain atau staf yang diuji sebelumnya pernah kontak dengan orang yang positif COVID-19, termasuk tiga pemain.

Vasco da Gama sendiri merupakan satu dari sejumlah tim yang memutuskan kembali berlatih setelah kompetisi ditangguhkan sejak dua bulan lalu.


Liga Brasil Bakal Lanjut

Kendati pandemi Coronavirus di Brasil masih dalam kondisi mengkhawatirkan, sejumlah tim bersiap merumput dan wacana memulai kembali liga juga bergulir.

Dua pekan lalu, Presiden Klub Vasco da Gama, Alexandre Campello, dan Presiden Klub Flamengo, Rodolfo Landim, dilaporkan bertemu Presiden Brasil, Jair Bolsonaro. Ketiganya dilaporkan membahas rencana melanjutkan Serie A Brasil di tengah pandemi.

Pemerintah Brasil sendiri telah menyatakan dukungannya atas rencana melanjutkan kembali kompetisi. Konfederasi Sepak Bola Brasil (CBF) berambisi memulai kembali Serie A pada akhir Juni.

“Persyaratannya adalah penerapan protokol keamanan. Di fase ini, klub baru bisa melakukan fisioterapi, olah tubuh untuk merehabilitasi otot-otot pemain, dan fisioterapi dengan bola,” ucap Wali Kota Rio de Janeiro, Marcelo Crivella dikutip The National.

“Sedangkan untuk pertandingan dan latihan berkelompok, telah disepakati bahwa hal tersebut baru diizinkan dari awal Juni,” tambahnya.

Brasil merupakan negara Amerika Selatan dengan dampak pandemi COVID-19 terparah. Per 1 Juni 2020, Brasil tercatat mempunyai 529.405 kasus positif atau 2.505 kasus per satu juta orang. Kurva kasus positif per hari di negara ini terus menanjak dalam dua bulan terakhir.

Di seluruh dunia, Brasil mencatatkan kasus positif terbanyak setelah Amerika Serikat. Negara ini juga mencatatkan total lebih dari 30 ribu kematian akibat Coronavirus.

Baca juga artikel terkait LIGA BRASIL atau tulisan menarik lainnya Ikhsan Abdul Hakim
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Ikhsan Abdul Hakim
Penulis: Ikhsan Abdul Hakim
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight