Libur Lebaran 2018, Sejumlah 229 Unit Kerja Bank BRI Tetap Buka

Oleh: Damianus Andreas - 8 Juni 2018
Dibaca Normal 1 menit
“Unit kerja yang beroperasi tersebut melayani setoran penerimaan BBM, setoran pajak, Penerimaan Negara Bukan Pajak, setoran pinjaman, dan penarikan tunai."
tirto.id - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI bakal tetap melaksanakan operasional layanan perbankan selama periode libur Lebaran 2018, yakni mulai 9-20 Juni 2018. Menurut Direktur Jaringan dan Layanan BRI Osbal Saragi, setidaknya ada 229 unit kerja BRI di seluruh Indonesia yang akan tetap buka selama libur Lebaran.

“Unit kerja yang beroperasi tersebut melayani setoran penerimaan BBM, setoran pajak, Penerimaan Negara Bukan Pajak, setoran pinjaman, dan penarikan tunai,” kata Osbal dalam keterangan resmi yang diterima Tirto pada Jumat (8/6/2018).

Selain membuka sejumlah unit kerjanya selama libur Lebaran, BRI turut mengimbau agar masyarakat dapat mengakses layanan perbankan BRI yang sifatnya 24 jam. Beberapa layanan yang dimaksud itu ialah BRI Mobile, Internet Banking BRI, serta SMS Banking BRI yang dapat mengakomodasi kebutuhan nasabah untuk mengecek saldo, membeli pulsa, memberi uang saku lebaran, hingga membayar tagihan.

Osbal mengungkapkan bahwa BRI telah menyiapkan uang tunai sebanyak Rp62 triliun guna mengantisipasi kebutuhan masyarakat terhadap uang tunai selama cuti bersama dan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah.

Dari jumlah sebanyak Rp62 triliun tersebut, Osbal mengatakan bahwa Rp52 triliun di antaranya dialokasikan untuk mesin ATM, sementara Rp10 triliun sisanya disebar ke kantor-kantor cabang BRI. Adapun Osbal telah memprediksi puncak kebutuhan masyarakat terhadap uang tunai telah berlangsung sejak sepekan terakhir, yakni pada 4-8 Juni 2018.

“Jumlah ini meningkat 169 persen apabila dibandingkan dengan tahun lalu. Di antaranya karena periode libur yang lebih panjang serta antisipasi pembayaran THR (Tunjangan Hari Raya) untuk PNS, pembayaran gaji PNS, TNI dan Polri, pensiunan, serta gaji ke-13,” jelas Osbal.

Masih dalam kesempatan yang sama, Osbal turut mengatakan bahwa BRI juga membuka Posko Mudik Lebaran di 32 titik lokasi yang tersebar di Pulau Jawa dan Sumatera. Menurut rencana, posko akan dibuka sejak H-7 Lebaran hingga saat Lebaran tiba.

“Pada posko tersebut, masyarakat bisa mendapatkan makanan dan minuman ringan, memanfaatkan layanan e-channel BRI, layanan kesehatan ringan, informasi produk BRI, serta hiburan,” katanya.

Baca juga artikel terkait BANK BRI atau tulisan menarik lainnya Damianus Andreas
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Damianus Andreas
Penulis: Damianus Andreas
Editor: Yulaika Ramadhani