Libur Akhir Tahun #DiRumahAja Tetap Asyik dengan Board Game Klasik

Oleh: Ibnu Azis - 15 Desember 2020
Dibaca Normal 2 menit
Yuk, siapkan agenda seru #DiRumahAja untuk mengisi liburan akhir tahun, misalnya, bermain board game klasik seru, dari Ular Tangga hingga Halma.
tirto.id - Masa libur Natal dan tahun baru 2021 sudah di depan mata. Saat pandemi Corona, menghabiskan waktu liburan dengan #DiRumahAja juga bisa menyenangkan. Yuk, siapkan agenda seru, misalnya, menjajal berbagai board game klasik.

Board game atau permainan papan, adalah jenis permainan yang biasanya dimainkan di atas meja oleh beberapa orang. Jenis permainan ini biasanya terkait memindahkan bidak pada papan permainan, yang pemenangnya diputuskan setelah pemain menyelesaikan misinya.

Infografik Board Game Klasik
Infografik Board Game Klasik. tirto.id/Quita


Permainan papan cukup seru lantaran tidak hanya mengandalkan strategi tapi juga kerja sama, bila board game dimainkan secara kelompok. Yang lebih asyik lagi, permainan papan klasik tidak membutuhkan biaya tinggi lantaran peralatannya dibanderol terjangkau.

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 melalui materi edukasi yang dirilis pada 14 Desember 2020, merekomendasikan beberapa permainan papan klasik yang bisa dimainkan untuk mengisi liburan akhir tahun saat #DiRumahAja. Berikut ini di antaranya.


Ular Tangga

Permainan papan klasik ini bisa dimainkan oleh dua orang atau lebih. Papan permainan Ular Tangga dibagi dalam kotak-kotak kecil biasanya sebanyak 100 kotak, yang di antara kotak-kotak itu tersemat gambar "ular" dan "tangga".

Saat bidak berada di kotak bergambar "tangga" maka pemain bisa naik ke kotak berikutnya di ujung tangga itu. Sebaliknya, ketika bidak kebetulan "mendarat" di kotak bergambar "ular" pada bagian kepala maka pemain akan turun ke kotak bagian ekor.

Saat pemain berhasil menuju kotak ke-100 maka dirinya akan dinyatakan sebagai pemenang permainan Ular Tangga ini.

Halma

Permainan papan halma bisa dimainkan dua hingga empat orang yang duduk di sudut papan berlawanan. Pemain akan dinyatakan sebagai pemenang permainan ini apabila mampu memindahkan semua bidak dari kubu sendiri ke kubu lawan.

Monopoli

Monopoli adalah salah satu permainan papan klasik terkenal di dunia. Tujuan dari permainan ini yaitu untuk memonopoli atau menguasasi seluruh petak di atas papan permainan dengan cara membeli, menyewakan, atau pertukaran properti.

Catur

Meski catur identik dimainkan di atas papan kayu dengan bidak hitam-putih kayu, permainan ini juga tersedia dalam wujud board game klasik. Bidak kayu digantikan dengan bidak plastik, sementara papan permainan petak 8x8 berupa kertas. Catur dimainkan oleh dua orang pemain.


Selain beberapa permainan papan klasik di atas, Satuan Tugas Penanganan COVID-19 juga merekomendasikan board game lain macam Ludo dan Scrabble. Diharapkan dengan permainan papan klasik ini, anak-anak tidak akan bosan saat mengisi liburan akhir tahun dengan #DiRumahAja.

Pemerintah pada awal Desember telah mengubah waktu cuti bersama dan libur akhir tahun sebagai pengganti libur Hari Raya Idul Fitri tahun 2020. Keputusan itu berdasarkan pertimbangan lonjakan kasus COVID-19 selepas liburan tuntas pada periode sebelumnya.

"Dari data yang kami peroleh [libur panjang lebaran Idul Fitri dan Idul Adha, perayaan HUT RI, dan juga libur panjang akhir Oktober dan awal November], terdapat peningkatan kasus positif paska liburan panjang tersebut," kata Prof. Wiku Adisasmito selaku Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19 sebagaimana dikutip dari laman Covid19.go.id.

Semula cuti bersama tanggal 24, 28, 29, 30 dan 31 Desember menjadi 24 Desember sebagai cuti bersama Hari Raya Natal dan 31 Desember sebagai cuti bersama Hari Raya Idul Fitri, sebagaimana dikutip dari laman Kemenko PMK.

Adapun pengurangan libur tersebut pada 28, 29, 30 Desember secara teknis merupakan hari masuk kerja atau sekolah biasa.


--------------------

Artikel ini terbit atas kerja sama Tirto.id dengan Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB).

Baca juga artikel terkait KAMPANYE COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight