Libur Akhir Tahun 2020 Usai, 80 Ribu Orang Tiba di Bandara Soetta

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 3 Januari 2021
Hari Minggu, 3 Januari merupakan puncak kedatangan ke Jakarta dan sekitarnya usai liburan akhir tahun.
tirto.id - Warga yang menghabisan waktu liburan hari raya Natal dan akhir tahun 2020 mulai kembali ke Jakarta dan sekitarnya.

Bandara Soekarno Hatta, bandara tersibuk di Indonesia, mencatatkan jumlah kedatangan mencapai sekitar 80 ribu orang dengan 850 pesawat atau penerbangan pada Minggu (3/1/2021).

“Pada puncak arus balik ini dperkirakan Bandara Soekarno-Hatta melayani 80.000 orang penumpang pesawat. Kami sudah mengkoordinasikan lokasi parkir pesawat, aktivitas pihak ground handling, alur kedatangan penumpang termasuk terkait pemeriksaan eHAC," kata Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi, Minggu (3/1/2021).

Di berbagai pelabuhan penyeberangan juga demikian. Menurut Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin ada 1,61 juta penumpang dan 453 ribu unit kendaraan yang menyeberang selama liburan tersebut. Jumlah penumpang dan kendaraan tercatat dari 10 lokasi penyeberangan di Indonesia.

Lokasi pelabuhan yang dilayani ASPD di antaranya meliputi Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk. Di tengah pandemi, jumlah penumpang dan kendaraan menurun sebesar 42 persen. Pada periode sama tahun lalu, jumlahnya mencatatkan 2,8 juta orang.

Shelvy menyebut dalam masa pandemi, terjadi kenaikan jumlah kendaraan yang menyeberang.

"Tren penggunaan mobil pribadi masih menjadi andalan pengguna jasa di tengah pandemi. Khususnya di lintasan tersibuk Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk. Rata-rata pergerakan masyarakat di wilayah Sumatera, Jawa dan Bali yang semakin mudah dengan mengakses tol," kata Shelvy.



Baca juga artikel terkait LIBUR AKHIR TAHUN 2020 atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Zakki Amali
DarkLight