Lewandowski di Puncak Top Skor Liga Jerman & Klasemen Sepatu Emas

Oleh: Oryza Aditama - 21 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
Robert Lewandowski (33 gol) ada di puncak daftar top skor Liga Jerman dan Sepatu Emas Eropa.
tirto.id - Robert Lewandowski, kian kukuh di puncak daftar top skor Bundesliga Jerman 2019/2020 hingga spieltag 33. Mencetak brace saat Bayern Munchen menang 3-1 atas Freiburg di Allianz Arena, Munich, Sabtu (20/6/2020), total Lewandowski mengemas 33 gol. Ia juga memimpin klasemen Sepatu Emas Eropa.

Hingga Bundesliga tersisa satu pekan lagi, Robert Lewandowski unggul cukup jauh dari peringkat 2 daftar top skor, yaitu Timo Werner (RB Leipzig) dengan 26 gol. Perbedaan Lewandowksi semakin mencolok dengan posisi ketiga, Jadon Sancho (Borussia Dortmund) yang mengoleksi 17 gol.

Pekan terakhir Bundesliga akan digelar pada Sabtu (27/6/2020) pukul 20.30 WIB. Lewandowski hampir dapat dipastikan menyandang gelar top skor kompetisi, kecuali Timo Werner mampu mencetak 8 gol saat RB Leipzig menghadapi tuan rumah Augsburg.

Tak cukup sampai di situ, dua gol Lewandowski yang ia lesakkan ke gawang Freiburg pada Sabtu (20/6) menjadikannya sebagai pemain non-Jerman dengan koleksi gol terbanyak dalam satu musim Bundesliga.

Jumlah tersebut mengalahkan rekor Pierre-Emerick Aubameyang yang mampu mengemas 31 gol pada musim 2016/17, saat memperkuat Borussia Dortmund.

Jumlah gol Lewandowski pada musim ini masih berpotensi terus bertambah, mengingat Bayern Munchen masih menyisakan laga terakhir Bundesliga kontra Wolfsburg pada Sabtu (27/6/2020) di Volkswagen Arena.

Sampai saat ini rekor jumlah gol terbanyak sepanjang satu musim Bundesliga masih dipegang oleh Gerd Mueller, dengan 40 gol. Legenda timnas Jerman dan Bayern Munchen itu membukukan rekor tersebut pada musim kompetisi 1971/1972.

Di samping membukukan rekor di kompetisi lokal, Lewandowski juga dalam posisi terdepan untuk memperebutkan Sepatu Emas Eropa. Dalam daftar penghargaan pencetak gol di liga-liga Eropa tersebut, Lewandowski memimpin jauh dengan torehan total 66 poin.

Sang penyerang internasional Polandia unggul dari juru gedor Lazio, Ciro Immobile (27 gol atau 54 poin), Timo Werner (26 gol atau 52 poin), hingga Erling Braut Haaland dari Red Bull Salzburg/Borussia Dortmund dengan 50 poin.

Lewandowski unggul jauh dari bintang Juventus, Cristiano Ronaldo (21 gol atau 42 poin). Ia juga lebih baik dari bintang Laliga Spanyol milik Barcelona, Lionel Messi (20 gol atau 40 poin).

“Robert (Lewandowski) tahu bahwa hal yang paling penting adalah kesuksesan tim. Dia tidak dapat mencapai apapun sendirian, dia membutuhkan rekan tim untuk mendukungnya,” ujar pelatih Bayern Munchen, Hans Flick, dikutip dari laman resmi Bundesliga.

“Tapi tentu saja dia memiliki kualitas mencetak gol di depan, atau mendukung pemain lain, seperti yang ia lakukan hari ini. Dia ikut terlibat dalam tiga gol. Itu tentu saja hebat. Ia mengerti fokusnya adalah tim, tapi jika dia mendapat satu atau dua rekor, maka akan lebih baik. Saya rasa seluruh anggota tim juga merasa senang untuknya,” imbuh juru taktik berusia 55 tahun itu.



Daftar Top Skor Bundesliga 2019/2020 hingga pekan ke-33

Robert Lewandowski (Bayern Munchen): 33 gol
Timo Werner (RB Leipzig): 26 gol
Jadon Sancho (Borussia Dortmund): 17 gol
Wout Weghorst (Wolfsburg): 16 gol
Rouwen Hennings (Dusseldorf): 15 gol
John Andres Cordoba (FC Koln): 13 gol
Erling Haaland (Borussia Dortmund): 13 gol
Florian Niederlechner (Augsburg): 13 gol
Robin Quaison (Mainz): 13 gol
Sebastian Andersson (Union Berlin): 12 gol

Baca juga artikel terkait LIGA JERMAN atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Oryza Aditama
Penulis: Oryza Aditama
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight