Lembaga Pengelola Investasi Tawarkan Proyek Tol ke Investor Asing

Oleh: Andrian Pratama Taher - 16 Februari 2021
LPI mengklaim pembangunan tol akan lebih cepat dengan sokongan investor asing.
tirto.id - Ketua Dewan Direktur Lembaga Pengelola Investasi (LPI), Ridha Wirakusumah mengklaim siap menawarkan proyek tol kepada investor asing.

"Kita sekarang akan mengosentrasikan yang toll road. Kenapa toll road? Karena multiple effect besar sekali," kata Ridha dalam konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (16/2/2021).

Ridha mengklaim LPI yang juga bernama Indonesia Investment Authority (INA) akan melihat dan menelaah BUMN yang bergerak di infrastruktur tol seperti Waskita, Hutama Karya, hingga Jasa Marga. Sebab, investor akan menyertakan modal bersama dengan INA.

"Jadi kami secara sinergi harus bersama-sama sebagai pemilik, membetulkan tol ini bisa dioptimasikan bagaimana. Sehingga kemajuannya betul-betul terlihat nyata secara bersama-sama," klaim Ridha.

"Jadi saya ingin tekankan, kita ini bukan hanya cari uangnya saja. Kita ingin sama-sama dengan investor untuk bisa memperbaiki kinerja misalnya sebuah toll road jauh lebih baik lagi," lanjut Ridha.

Klaimnya, investasi pengembangan tol akan semakin lebih cepat dengan hadirnya uang asing, termasuk efek positif juga dialami masyarakat.

Meski melihat infrastruktur jalan, Ridha tidak memungkiri ada proyek lain seperti tol maupun pelabuhan.

"Di pipeline kami sih banyak sekali. Yang tol yang akan kita jalankan dulu. Nanti sisanya, apakah airport, pelabuhan, atau infrastruktur lain, sudah ada daftarnya. Tetapi kami belum siap mengungkapkan karena kami akan telaah betul-betul dengan teliti," kata Ridha.


Baca juga artikel terkait PROYEK INFRASTRUKTUR atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Zakki Amali
DarkLight