Lebaran Ketupat 2022 Jatuh pada Tanggal 9 Mei dan Ucapan Selamat

Penulis: Yulaika Ramadhani - 9 Mei 2022 08:58 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Lebaran Ketupat jatuh pada hari Senin, 9 Mei 2022. Apa itu makna lebaran ketupat dan bagaimana sejarahnya?
tirto.id - Lebaran Ketupat 2022 Jatuh pada tanggal 9 Mei 2022. Lebaran ketupat adalah salah satu tradisi yang dilaksanakan setelah Hari Raya Idul Fitri.

Lantas, apa itu sebenarnya Lebaran Ketupat, apa bedanya dengan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal?


Apa Itu Lebaran Ketupat



Lebaran Ketupat adalah tradisi yang dilakukan sebagian besar masyarakat Muslim Indonesia khususnya di Pulau Jawa, yang tanggalnya jatuh seminggu setelah Idul Fitri 1 Syawal. Tradisi lebaran ketupat di beberapa wilayah juga diartikan sebagai kegiatan syawalan.

Perayaan tradisi lebaran ketupat ini dilambangkan sebagai simbol kebersamaan dengan memasak ketupat dan mengantarkannya kepada sanak kerabat pada tradisi masyarakat Jawa.

Sejarah Lebaran Ketupat

Sejarah lebaran ketupat sangat erat kaitannya dengan salah satu Walisongo, yakni Sunan Kalijaga. Dahulu, Sunan Kalijaga memperkenalkan dua istilah yaitu, Bakda Lebaran yang merupakan tradisi silaturahmi dan bermaaf-maafan setelah salat Idul fitri, dan Bakda Kupat (lebaran ketupat) yang merupakan perayaan sepekan setelah Idul Fitri.

Lebaran ketupat 2022 Jatuh pada Tanggal 9 Mei


Asal Usul lebaran ketupat yang pelaksanaannya 7 hari setelah lebaran ini dasar perhitungannya terkait erat dengan puasa 6 hari di bulan syawal.

Puasa 6 hari di bulan Syawal dimulai pada hari kedua setelah hari raya Idul Fitri, karena pada hari pertama atau tanggal 1 syawal umat Islam diharamkan untuk berpuasa.

Puasa syawal tersebut kemudian akan berakhir pada tanggal 7 Syawal, sehingga Lebaran Ketupat ini akan dilaksanakan pada tanggal 8 sebagai perayaan selesainya puasa 6 hari di bulan Syawal tersebut.

Jadi berdasarkan perhitungan ini, lebaran ketupat dirayakan setiap tanggal 8 Syawal. Tahun ini 1 Syawal 1443 H resmi jatuh pada Senin, 2 Mei 2022, maka lebaran ketupat jatuh pada tanggal 8 Syawal, yakni hari Senin tanggal 9 Mei 2022.


Ucapan Selamat Lebaran Ketupat 2022


Berikut adalah ucapan selamat lebaran ketupat yang bisa Anda bagikan untuk memeriahkan tradisi tahunan ini:

1. Saya mengucapkan selamat Lebaran Ketupat di bulan Syawal 1443 H. Semoga Allah menerima semua doamu dan memaafkan semua kesalahanmu.


2. Selamat Lebaran Ketupat, selamat berkumpul bersama keluarga. Semoga hari istimewa ini membawa kedamaian, kebahagiaan, dan kemakmuran bagi semua orang.

3. Lebaran Ketupat elah tiba! Semoga Anda dan keluarga mendapatkan kemenangan dan berkah Idul Fitri yang sangat bahagia dan sejahtera.

4. Selamat Lebaran Ketupat! Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri, semoga Idul Fitri kali ini menjadi yang terbaik untuk kita semua. Mohon maaf lahir dan batin!

6. Semoga Allah menerima semua doa kita dan mengampuni segala kesalahan kita, selamat merayakan Lebaran Ketupat.

7. Ini adalah hari di mana kita harus berterima kasih kepada Allah untuk semua hal indah yang ada di sekitar kita. Selamat Lebaran Ketupat.


Baca juga artikel terkait LEBARAN KETUPAT atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight