Lazada dan EVOS Berkolaborasi Kembangkan eSports di Indonesia

Oleh: Ibnu Azis - 14 April 2020
Dibaca Normal 2 menit
Kolaborasi ini sejalan dengan perkembangan mobile gaming dan eSport di kalangan milenial dan Gen Z di Indonesia.
tirto.id - Lazada berkolaborasi dengan EVOS Esports, salah satu organisasi eSports multidivisi ternama Indonesia, untuk mendukung pertumbuhan industri eSports di tanah air.

"Kami sangat bersemangat atas kerja sama yang akan dilakukan Lazada dengan EVOS Esports dalam setahun kedepan," kata Monika Rudijono, Chief Marketing Officer, Lazada Indonesia, melalui keterangan tertulis yang diterima Tirto di Yogyakarta, Selasa (14/4/2020).

Kolaborasi yang diumumkan di Jakarta pada 10 April 2020 itu seiring dengan perkembangan mobile gaming dan eSport di kalangan milenial dan Gen Z di Indonesia.

Monika mengatakan Lazada berkomitmen untuk terus mempercepat kemajuan perekonomian kreatif berbasis teknologi dan mendorong talenta setiap individu agar dapat tumbuh di sektor mobile gaming dan eSports.

"Melalui kolaborasi ini, Lazada menghadirkan pengalaman baru bagi seluruh pecinta eSports di Indonesia," imbuh Monika.

Hal senada juga diutarakan oleh Hartman Harris, EVOS Esports Co-Founder and Chief Business Officer.

Ia mengatakan komitmen yang ditunjukkan oleh Lazada menunjukkan bahwa mereka dapat memahami kebutuhan generasi muda.

"Kami senang menjadi bagian dari perjalanan ini," imbuh Hartman.


Potensi eSports

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Newzoo, pengguna smartphone di Indonesia mencapai lebih dari 82 juta.

Pemain game mobile di Indonesia mencapai lebih dari 52 juta dan menempatkan Indonesia di ranking dunia ke 17 dengan jumlah pemain game mobile terbanyak.

Indonesia juga telah menyumbang sebesar 624 juta dolar AS atau setara Rp8,7 triliun untuk mobile gaming selama 2019.

Data itu menunjukkan minat dan ketertarikan masyarakat Indonesia terhadap industri eSports.

Lazada Indonesia pun ingin ikut ambil bagian dalam mendukung minat ini dengan menghadirkan berbagai inisiatif yang dapat dilakukan bersama EVOS Esports.

Pada saat yang bersamaan, sebagai perusahaan eCommerce, Lazada pun ingin turut mendukung pemerintah dalam mendorong industri eSports game sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi ekonomi lokal.


Official Store EVOS

Lazada melalui kolaborasi ini menghadirkan pengalaman end-to-end tidak hanya bagi EVOS, tetapi juga untuk seluruh pecinta eSports di tanah air.

"Karena tak hanya official store EVOS yang sekarang telah tersedia di platform kami, tapi juga dengan adanya layanan penjualan digital goods untuk kebutuhan top up dalam berbagai permainan," kata Monika.

Pecinta eSports di Indonesia pun tak hanya dapat memenuhi kebutuhan perlengkapan mobile game, tetapi juga kesempatan berinteraksi dengan EVOS Esports melalui program Lazada Cyber Combat di channel LazLive.

Selama periode soft launch yang dimulai dari tanggal 10-17 April 2020, EVOS eSports dan Lazada menawarkan beberapa promo menarik, yaitu diskon 15 persen untuk produk jaket pilihan, 15 persen diskon voucher untuk minimum transaksi Rp350.000.

Ada pula gratis ongkir dengan minimum transaksi Rp150.000 dan subsidi gratis ongkir hingga Rp50.000.

"Lazada akan menjadi one stop shop untuk gamers dengan menghadirkan berbagai gaming tools terlengkap serta opsi top-up yang tersedia di Lazada Digigoods," kata Monika.


Pencarian Talent

Pada tahun ini, EVOS Esports akan mengadakan audisi terbuka pencarian talent untuk pertama kalinya di Indonesia sejak bermitra dengan Lazada.

Sebanyak 250 tiket untuk audisi Mobile Legends dan 250 tiket untuk audisi Free Fire akan dijual di platform Lazada.

Peserta akan diseleksi dan nantinya hanya akan ada dua orang pemenang dari masing-masing divisi, yaitu satu orang pemenang akan bergabung dengan EVOS divisi Mobile Legends Academy (try out selama satu bulan) dan satu orang pemenang akan bergabung dengan EVOS divisi Free Fire (try out selama satu bulan).

Selain itu, penggemar eSports juga dapat bertanding bersama EVOS Esports melalui program live streaming Lazada Cyber Combat setiap hari Selasa pada pukul 16.30-17.30 WIB, mulai dari tanggal 12 Mei hingga 28 Juli 2020.

Para pemenang di setiap episodenya akan mendapatkan hadiah berupa ‘diamonds’ yang dapat digunakan untuk membeli peralatan di dalam online game tersebut.

Peserta dengan nilai tertinggi pada setiap episode, dapat memenangkan sebuah smartphone dan beberapa hadiah menarik lainnya.

"Kedepannya Lazada akan terus mengikuti perkembangan dan tren yang ada di masyarakat serta berkomitmen dalam menghadirkan pengalaman unik dan menarik," tutup Monika.


Baca juga artikel terkait ESPORTS atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Marketing)

Sumber: Siaran Pers
Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight