Layak Dicoba: Minyak Kelapa untuk Merawat Rambut Anda

Oleh: Widia Primastika - 17 Oktober 2018
Dibaca Normal 2 menit
Menurut beberapa riset, minyak kelapa efektif untuk merawat rambut. Tapi awas jerawatan.
tirto.id - Rambut adalah mahkota. Bukan hanya perempuan saja yang memperindah rambut, para pria pun melakukannya, terutama mereka yang memanjangkan rambutnya.

Memelihara rambut, bagi sebagian orang, tak sesepele perkara memotong dan mencucinya. Apalagi struktur rambut ternyata tak sederhana. Maria Fernanda Reis Gavazzoni Dias menulis sebuah artikel berjudul “Hair Cosmetics: An Overview” (PDF) yang menerangkan bahwa rambut memiliki struktur rumit. Sehelai rambut manusia terdiri dari tiga wilayah utama, yakni kutikula, korteks, dan medula.

Medula muncul pada rambut korser seperti rambut beruban, rambut tebal, dan rambut janggut. Pada rambut orang Asia, terkandung medula yang lebih banyak dibandingkan keturunan Kaukasia.

Bagian rambut lainnya adalah kutikula. Dias menjelaskan bahwa bagian ini merupakan bagian yang rentan terhadap bahan kimia seperti bleaching, dyeing, pelurusan rambut, serta perawatan sehari-hari seperti keramas. Bentuk dan orientasi dari sel kutikula ini berpengaruh terhadap efek perubahan berbeda pada rambut. Sel-sel kutikula diikat oleh membran sel kompleks (CMC). Di dalamnya terdapat lapisan penting yang disebut betalayer, berfungsi sebagai semen antar-seluler.

Korteks adalah merupakan bagian utama dari rambut manusia. Dias menjelaskan bahwa bagian ini dibentuk oleh sel fusiform yang memanjang dan dihubungkan oleh CMC. Bagian ini mengandung protein dan granula melanin.

Manfaat Minyak Kelapa

Bagaimana agar rambut yang ternyata tak sederhana itu tak rusak? Ada banyak cara. Anda mencuci rambut, memberi perawatan masker rambut, melakukan creambath, memberi vitamin, dan seterusnya. Selain itu, ada pula satu resep lama yang jadi andalan generasi terdahulu di banyak wilayah Nusantara: minyak kelapa.

Ternyata, tak hanya di kepulauan Indonesia saja minyak kelapa populer. Pewarna rambut selebritas, Lorri Goddard, pun merekomendasikannya.

“Sebelum berendam ke dalam kolam renang atau laut, cobalah melapisi rambut dengan minyak kelapa untuk melindungi rambut anda dari matahari dan klorin,” begitu kata Goddard kepada Teen Vogue.

Minyak kelapa, katanya, juga dapat melembabkan rambut. Caranya: oleskan minyak tersebut ke rambut saat masih basah dan diamkan lima menit sebelum dibilas.

Pernyataan Goddard diperkuat oleh studi dalam artikel berjudul “Medicinal Benefits of Coconut Oil” dari G.S. Vala dan P.K. Kapadiya (PDF). Minyak kelapa, seperti ditulis kedua peneliti tersebut, merupakan salah satu nutrisi alami terbaik untuk rambut. Minyak ini efektif untuk pertumbuhan rambut yang sehat dan berkilau.

Minyak kelapa juga mampu mengembalikan rambut yang rusak. Sebuah studi berjudul “Effect of mineral oil, sunflower oil, and coconut oil on prevention of hair damage” (PDF) yang dilakukan oleh Aarti S. Rele dan R. B. Mohile menguji khasiat minyak kelapa. Mereka melakukan penelitian terhadap sampel rambut sepanjang 25 cm milik orang India dengan kategori lurus, keriting, bergelombang, dan rambut dikeriting.

Penelitian itu menunjukkan bahwa aplikasi minyak kelapa pada rambut berdampak lebih kuat dibandingkan minyak bunga matahari dan mineral.

“Data dalam gambar 1-4 dengan jelas menunjukkan kinerja minyak kelapa dalam mengurangi protein yang hilang [pada rambut] lebih baik daripada mineral dan minyak bunga matahari,” kata Rele dan Mohile.

Rele dan Mohile menambahkan bahwa minyak kelapa bekerja lebih maksimal ketika digunakan sebelum keramas. Hal ini menunjukkan pentingnya pelumasan melawan pengurangan pembengkakan sel-sel kutikula yang menyebabkan pecah ketika Anda menyisir rambut dalam keadaan basah.

Rele dan Mohile kemudian melakukan penelitian lanjutan berjudul “Secondary ion mass spectrometric investigation of penetration of coconut and mineral oils into human hair fibers: Relevance to hair damage” (PDF) yang dilakukan bersama S. B. Ruetsch dan Y. K. Kamath. Hasilnya menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat menembus batang rambut, sedangkan minyak mineral tidak.

Infografik Manfaat Minyak Kelapa Untuk Rambut

Jangan Sembarangan Oles

Joshua Zeichner, seorang dermatolog di New York City mengakui bahwa minyak kelapa memang efektif sebagai antimikroba (bakteri dan jamur) serta pelembab untuk kulit dan rambut. Namun dalam pernyataannya yang dikutip Women’s Health Magazine, ia menjelaskan hal tersebut tak bisa diartikan mempercepat pertumbuhan rambut.

Pernyataan itu diperkuat oleh Gary Goldenberg, asisten profesor klinis dermatologi di Icahn School of Medical di Mount Sinai Hospital.

“Semua sifat ini dapat membantu rambut menjadi lebih kuat dan tidak mudah rusak, yang dapat meningkatkan pertumbuhan [rambut] yang sehat. Tapi itu tidak sama dengan secara langsung menyebabkan pertumbuhan rambut,” ungkap Goldenberg dilansir Women’s Health Magazine.

Dalam artikel berjudul “Coconut Oil for Your Hair: Benefits, Uses and Tips” yang ditulis oleh Helen West di Healthline dikatakan juga bahwa menggunakan terlalu banyak minyak kelapa justru menyebabkan penumpukan minyak pada rambut dan kulit kepala.

“Ini bisa membuat rambut anda berminyak dan kusam, terutama jika anda memiliki rambut yang sangat halus,” ujar West.

Dalam artikel di Women’s Health Magazine, Goldenberg pun berbagi tips menggunakan minyak kelapa sebagai masker rambut. Caranya, oleskan minyak kelapa tersebut, basahi, dan bilas sampai bersih setelah 10 menit. Anda juga bisa melakukannya saat tidur malam hari.

Namun, Goldenberg mengingatkan, treatment ini tak cocok untuk orang yang rawan dengan jerawat pada kulit kepala. Bisa-bisa, kepala Anda nanti malah dipenuhi jerawat dan folikulitis.

Baca juga artikel terkait KECANTIKAN atau tulisan menarik lainnya Widia Primastika
(tirto.id - Kesehatan)


Penulis: Widia Primastika
Editor: Maulida Sri Handayani