Piala AFF 2018

Lawan Thailand Akhir Pekan Ini, Timnas Indonesia Perbaiki Transisi

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 15 November 2018
Dibaca Normal 1 menit
Jelang pertandingan melawan Thailand, Timnas Indonesia melakukan upaya perbaikan transis.
tirto.id - Timnas Indonesia akan melakoni laga tandang melawan Thailand dalam lanjutan penyisihan Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Rajamanggala, Sabtu (17/11/2018). Untuk pertandingan ini, pelatih Bima Sakti menekankan perbaikan pada aspek transisi.

Bukan rahasia lagi jika Timnas Thailand memiliki permainan agresif. Terbukti pada laga sebelumnya mereka mampu membantai Timor Leste--tim yang hanya mampu dikalahkan Indonesia 3-1--dengan kemenangan tujuh gol tanpa balas. Bima menegaskan jika cara paling logis untuk menundukkan Tim Gajah Putih adalah mengantisipasi serangan lawan dengan baik, kemudian menyerang balik, di mana transisi bakal memiliki peranan penting.

"Pemain juga harus disiplin, terutama dalam posisi saat antisipasi serangan dari Thailand. Saat diserang terutama perpindahan bola pemain harus selalu mengingat siapa yang mengcover, pressing dan membuat segitiga di belakang. Saat ini kondisi pemain bagus dan sudah siap melawan Thailand," tutur Bima seperti dikutip laman resmi PSSI.

Rombongan Timnas Indonesia telah tiba di Thailand, Kamis (15/11/2018) hari ini dan telah melakoni sesi latihan perdana di di Stadion Universitas Kasetsart, Bangkok, petang waktu setempat. Transisi pun tak luput jadi menu latihan perdana, selain tentunya adaptasi cuaca.

"Hari ini kami latihan adaptasi seperti cuaca, dan bagaimana organisasi bertahan maupun menyerang. Semua pemain harus kompak baik menyerang maupun bertahan harus sama-sama," ujar sang pelatih.

Saat ini Timnas Indonesia dan Thailand sama-sama mengoleksi tiga poin. Meski demikian, Thailand yang menyimpan satu laga lebih banyak bertengger di puncak klasemen, unggul selisih gol atas Indonesia. Selain Indonesia dan Thailand, dua negara lain, Singapura dan Filipina juga sama-sama mengumpulkan tiga poin. Situasi ini pula yang membuat persaingan di Grup B kian sulit ditebak.

Bima Sakti optimis, skuatnya punya peluang untuk menyapu bersih dua laga sisa dan lolos ke semifinal, meski tugas ini diakuinya tidak akan mudah. Namun tak hanya sang pelatih. Bek sekaligus palang pintu tim Garuda, Fachrudin Aryanto pun meyakini hal serupa.

"Kami optimistis meraih poin di kandang Thailand. Semua pemain Thailand kita waspadai. Yang jelas pada laga nanti, kami harus berjuang keras dan bermain secara maksimal demi target yang kami inginkan," tandas bek asal Madura United itu.

Baca juga artikel terkait PIALA AFF 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan