Lawan Covid-19, Timnas Jerman Berikan Sumbangan Rp43 Miliar

Oleh: Hendi Abdurahman - 19 Maret 2020
Timnas Jerman memberikan sumbangan senilai 2,5 juta euro atau sekitar Rp43 Miliar sebagai bentuk solidaritas untuk memerangi Covid-19.
tirto.id - Timnas Jerman memberikan sumbangan 2,5 juta euro atau sekira Rp43 Miliar sebagai bentuk solidaritas dalam membantu penanganan Covid-19. Hal tersebut dikonfirmasi melalui akun Twitter resmi.

“Dunia sepak bola telah terhenti. Kesehatan masyarakat dan penanganan virus menjadi prioritas saat ini,” tulisnya.

“Itulah mengapa kami memutuskan mendonasikan 2,5 juta euro untuk membantu penanganan virus sesegera mungkin,” lanjut pernyataan tersebut.

Tak hanya itu, Jerman juga mengajak untuk menggalang dana bagi siapa pun yang akan berkontribusi melalui laman wirhelfen.eu.

Tim berjuluk Die Mannschaft merupakan salah satu favorit juara pada EURO 2020. Akan tetapi, sebagaimana pengumuman teranyar, UEFA mengundurkan turnamen paling akbar di benua Eropa tersebut menjadi tahun 2021 lantaran pandemi Corona.

“Kesehatan semua pihak yang terlibat adalah prioritas, [keputusan ini juga diambil] untuk menghindari tekanan yang tidak perlu pada layanan publik nasional yang terlibat dalam menggelar laga. Langkah ini akan membantu semua kompetisi domestik, yang saat ini ditunda karena darurat Covid-19, dapat diselesaikan,” tulis keterangan dalam laman resmi UEFA beberapa waktu lalu.

Selain Timnas Jerman, penggawa Fiorentina asal Perancis, Franck Ribery juga memberikan donasi guna membantu rumah sakit di sekitar Florence, Italia. Apa yang dilakukan Ribery pun mendapat pujian dari Presiden La Viola, Rocco Commiso.

“Saya juga ingin berterima kasih kepada Franck Ribery atas donasinya [sebesar 50 ribu euro]. Kita berdua merasa seperti di rumah sendiri di Florence sebagaimana kami diterima dengan hangat oleh orang-orang di sini,” ucapnya.

Dari laporan Global Cases by the Center for Systems Science and Engineering (CSSE) di Johns Hokins University hingga Kamis (19/3/2020), Jerman menjadi negara kelima dengan jumlah positif Corona sebanyak 12.327 orang. Dari data tersebut, 28 di antaranya meninggal dunia sedangkan 105 dinyatakan pulih.


Baca juga artikel terkait TIMNAS JERMAN atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight