Laskar Pemimpi, Film Tema Kemerdekaan Tayang Sore Ini di Global TV

Oleh: Sirojul Khafid - 17 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis Laskar Pemimpi yang tayang di Global TV sambut HUT ke-74 RI.
tirto.id - Laskar Pemimpi, film tema kemerdekaan akan tayang di stasiun televisi Global TV pada Sabtu (17/8/2019) pukul 16.00 WIB.

Film ini bercerita soal masa-masa usai kemerdekaan pada tahun 1948, saat Belanda melakukan agresi militer ke-duanya. Para korban agresi di antaranya Sri Mulyani (Tika Project Pop) gadis desa Maguwo yang lugu dan suka tidur, Udjo (Udjo Project Pop) keturunan ningrat yang manja.

Selanjutnya, Tumino (Gugum Project Pop) peternak bebek dan Ahok (Odie Project Pop) seorang pedagang kecil keturunan Tionghoa. Mereka bergabung dalam pasukan gerilya pimpinan Kapten Hadi Sugito (Gading Marten).

Dalam masa perang, mereka mendirikan markas di desa Panjen. Dalam prosesnya, mereka bertemu dengan Toar (Yosi Project Pop) gerilyawan asal Manado yang matanya rabun dan Kopral Jono (Dwi Sasono), playboy kelas teri yang pangkatnya sudah sering diturunkan oleh Kapten Hadi.

Berbagai pertemuan sesama pejuang ini membuat mereka bersatu dan bahu-membahu dalam melawan Belanda. Salah satu target pejuang gerilya ini adalah Letnan Kuyt, pemimpin sebuah pasukan KNIL. Penyerangan terhadap Letnan Kuyt harus cepat lantaran dia telah menyerbu Panjen dan menawan Wiwid (Shanty) pacar Udjo, dan Yayuk (Masayu Anastasia) pacar Kopral Jono.

Kini para gerilyawan harus membebaskan Wiwid, Yayuk, dan ayah Sri yang ditawan. Walaupun mereka tidak mendapat restu dari pimpinan, semangat juang sudah tidak terbendung lagi. Tapi mereka harus hati-hati. Pasukan Kuyt tidak akan tinggal diam. Terlebih peralatan mereka juga canggih.

Laskar Pemimpi berada dalam arahan sutradara Monty Tiwa. Film berdurasi 95 menit pertama kali rilis pada tahun 2010.

Selain film ini, Monty Tiwa merupakan sutradara beberapa film di antaranya Lagi-lagi Ateng (2019), Matt & Mou (2019), Pocong the Origin (2019), Reuni Z (2018), Rompis (2018), 3 Dara 2 (2018), Critical Eleven (2017), Mau Jadi Apa? (2017), Sabtu Bersama Bapak (2016), Aku, Kau & KUA (2014), Get M4rried (2013), dan Get Married 3 (2011).


Baca juga artikel terkait FILM KEMERDEKAAN atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kolumnis: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Yantina Debora
DarkLight