Lanjutkan Safari Politik, Nasdem Akan Sambangi PAN Akhir Bulan Ini

Oleh: Bayu Septianto - 2 November 2019
Ketua Umum Nasdem Surya Paloh sebelumnya menemui Presiden PKS Sohibul Iman.
tirto.id - Partai Nasional Demokrat (Nasdem) akan melanjutkan safari politik ke partai-partai politik oposisi pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Setelah menemui Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada Rabu (30/10/2019) lalu, Nasdem akan menyambangi Partai Amanat Nasional (PAN) pada akhir November.

"Dengan PAN kami akan ketemuan mungkin akhir November. Saya sudah berkomunikasi dengan mas Eddy Soeparno [Sekjen PAN]," kata Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya dalam sebuah diskusi di kawasan Kebon Sirih, Jakarta, Sabtu (2/11/2019).

Willy mengatakan pertemuan dengan PAN tak bisa dilakukan dalam waktu dekat lantaran Nasdem akan menggelar kongres pada bulan ini, tepatnya pada 8-11 November di Jakarta International Expo Kemayoran.

"Dan kemudian setelah Kongres kami akan menyusun waktu agenda ke PAN, dalam waktu dekat kami akan sampaikan," jelasnya.

Sementara itu, Willy belum bisa memastikan kapan Nasdem akan bertemu dengan Partai Demokrat. Ia mengatakan sampai saat ini belum ada kesepakatan waktu dengan Partai Demokrat untuk menggelar pertemuan.

"Dengan Demokrat Insyaallah, tapi masih dilihat waktunya, tapi dengan PAN kami sudah komunikasi," kata dia.

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan Presiden PKS Sohibul Iman bertemu di kantor DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Rabu (30/10/2019) lalu.

Surya Paloh dan Sohibul Iman lantas menandatangani 'Kesepahaman Politik Partai Nasdem-PKS' yang berisi tiga poin. Salah satunya adalah keduanya "berjuang bersama-sama menjaga demokrasi agar tetap sehat dengan memperkuat checks and balances di DPR RI."


Baca juga artikel terkait PERTEMUAN PARPOL atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Bayu Septianto
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight