Liga Spanyol 2019/2020

Lanjutan Jadwal La Liga 2020 Takkan Libatkan Penonton di Stadion

Oleh: Beni Jo - 3 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sisa jadwal La Liga Spanyol 2019/2020 tidak akan melibatkan penonton di dalam stadion.
tirto.id - Sisa jadwal penyelenggaraan pertandingan La Liga 2019/2020 tidak akan melibatkan penonton di dalam stadion. Kompetisi Liga Spanyol musim ini rencananya bakal dilanjutkan setelah sempat dihentikan akibat pandemi Corona COVID-19.

Kelanjutan La Liga akan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, termasuk tanpa kehadiran penonton. Namun, Las Palmas, klub dari Segunda Division, justru mengumumkan bahwa laga kandangnya nanti boleh dihadiri oleh suporter.

Pernyataan tersebut ditanggapi oleh Irene Lozano, Presiden CSD (Consejo Superior de Deportes) atau Dewan Olahraga Nasional Spanyol, yang menegaskan tidak akan ada keterlibatan suporter di stadion di sisa jadwal La Liga 2019/2020 nanti.

"Itu (hadirnya penonton ke dalam stadion) tidak akan mungkin terjadi. Integritas kompetisi wajib dihormati," tandas Irene Lozano, dikutip dari Soccerway, Rabu (3/6/2020).

"Ada banyak pertimbangan terkait hal ini, tetapi yang paling penting adalah tentang olahraga itu sendiri. Hormati integritas kompetisi," tambahnya.

Lozano mengatakan, pihak-pihak terkait sudah bekerja keras agar kompetisi sepak bola di Spanyol bisa kembali dilanjutkan setelah tertunda akibat COVID-19 sejak Maret lalu.

Ia merasa kecewa dengan muncul nya perbedaan pandangan hanya beberapa hari jelang digulirkannya kembali dua kompetisi La Liga level teratas sesuai kesepakatan awal, yakni Primera Division dan Segunda Division.

"La Liga adalah kompetisi nasional dan kami semua sudah berusaha sangat keras hingga sesi bisa diadakan. Saya sedikit terkejut setelah melihat upaya yang kami lakukan demi mencari langkah lanjutan, sekarang hanya dalam beberapa hari lagi justru terjadi perbedaan," kata Lozano.



Las Palmas Ingin Hadirkan Suporter

Sebelumnya, Presiden Klub Las Palmas, Miguel Ángel Ramírez, menyatakan bahwa suporter dapat menghadiri laga kandang yang bakal dimainkan di Stadion Gran Canaria milik klub yang terletak di Kepulauan Canary ini.

"Para fans Las Palmas bisa hadir ke stadion untuk mendukung tim, mulai 13 Juni mendatang (14 Juni WIB) saat melawan Girona," sebut Miguel Ángel Ramírez dikutip dari Marca, Senin (1/6).

Ia menambahkan, Stadion Gran Canaria yang menjadi lokasi pertandingan merupakan tempat yang aman dari ancaman persebaran COVID-19.

Bahkan, Ramírez menyatakan kandang Las Palmas bisa saja menjadi satu-satunya stadion yang bisa menggelar pertandingan dengan disaksikan oleh penonton di Liga Spanyol.

"Canary Islands adalah destinasi yang aman. Gran Canaria aman. Kami bisa menjadi satu-satunya stadion di liga-liga terbesar yang bermain dengan adanya penonton diatas tribun," tandasnya.

Las Palmas saat ini berada di peringkat 15 di klasemen sementara Segunda Divison 2019/2020. Skuad asuhan Pepe Mel dijadwalkan tampil pada Minggu (14/6) dengan menjamu Girona di Stadion Gran Canaria.

Segunda Division dijadwalkan mulai digeber lagi pada Sabtu (13/6). Kompetisi ini sudah menggelar 31 pekan. Hanya dua klub yang baru tampil dalam 30 laga. Artinya, masih ada 11 duel lagi bagi mayoritas 22 tim yang menjadi peserta musim ini.

Sedangkan strata tertinggi La Liga 2019/2020 rencananya akan dimulai pada Jumat (12/6) mendatang. Seluruh klub masih menyisakan 11 pekan pertandingan setelah memainkan 27 pertandingan.

Baca juga artikel terkait LA LIGA atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight