Langkah-Langkah Penelitian Sosial Kuantitatif dan Contohnya

Kontributor: Yuda Prinada, tirto.id - 4 Nov 2022 11:50 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Berikut adalah langkah-langkah penelitian sosial beserta contohnya. Apa saja?
tirto.id - Penelitian sosial adalah salah satu jenis penelitian yang bahan bahasan atau objek kajiannya memfokuskan terhadap peristiwa sosial. Masalah sosial ini misalnya gejala sosial, konflik sosial, prakti sosial, dan lain sebagainya.

Lebih lengkap dari itu, Ulber Silalahi dalam Metode Penelitian Sosial (2015, hlm. 5) menjabarkan bahwa penelitian sosial berarti mengkaji hubungan satu gejala dengan gejala sosial lain. Hubungan ini bisa mencakup masalah sosial yang objeknya individu, kelompok, institusi, masyarakat, hingga mencapai lingkup negara.

Dengan melakukan penelitian sosial, gejala-gejala yang berubah seiring perkembangan kehidupan sosial manusia akan tergambarkan. Dengan begitu, masalah-masalah yang terjadi pun bisa dianalisis sebab dan akibatnya.


Terkait penelitian sosial kuantitatif, berarti penelitiannya mengkaji gejala sosial dengan mencari keterkaitan antara variabel-variabel di masyarakat melalui metode kuantitatif.

Metode ini diungkap John W. Creswell sebagai penelitian yang penghitungan analisisnya dilakukan secara matematis (Desain Riset: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran, 2017, hlm. 4-5).

Maksud matematis di sini berarti variabelnya dihitung secara matematis atau statistik. Kemudian, data nanti akan tersaji dalam bentuk angka-angka tertentu dan bisa dianalisis dengan bantuan teori statistika.

Dalam penelitian kuantitatif, terdapat dua variabel berupa variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas ini didefinisikan sebagai hal yang dapat mempengaruhi sesuatu. Sementara itu, variabel terikat merupakan hal yang dipengaruhi.

Lantas, seperti apa langkah dan contoh penelitiannya?



Langkah-Langkah Penelitian Sosial Kuantitatif


Berdasarkan catatan Sari Oktafiana dalam IPS (2021, hlm. 94-96), setidaknya penelitian kuantitatif sosial maupun studi lain terdiri dari 8 langkah. Sebagai hal utama dan sangat perlu diperhatikan, tahap pertama dilakukan dengan mencari topik.

Berikut langkah lengkap penelitian sosial kuantitatif:
  1. Temukan topik;
  2. Cari informasi terkait topik melalui sumber-sumber yang kredibel (valid);
  3. Buat rumusan masalah terkait topik tersebut;
  4. Tentukan metode penelitia yang tepat dan sekiranya bisa dipakai untuk mengukur variabel matematis;
  5. Lakukan survei, misal dengan kuesioner daring, wawancara langsung, atau memberikan selebaran pertanyaan;
  6. Olah data yang sudah didapat, lalu lakukan analisis terhadap data tersebut;
  7. Tulis laporan mengenai data yang sudah dianalisis sebagai hasilnya;
  8. Buatlah kesimpulan di akhir penelitian. Jika ada saran, boleh menambahkannya setelah itu.


Contoh Penelitian Sosial Kuantitatif

Setelah mengetahui langkahnya, penelitian sosial kuantitatif bisa dilakukan. Untuk contoh konkret penelitiannya, Anda bisa melihat rentetan langkah berikut ini.

1. Temukan Topik

Pada tahap ini, silakan pilih topik. Untuk mempermudah, cari topik yang memang terjangkau untuk diteliti. Misalnya, topik tersebut berupa “kebiasaan gotong royong RT 07 yang hanya sedikit personelnya”.

2. Cari Informasi Terkait Topik

Setelah tahu apa yang akan dibahas, sekarang peneliti mencari data atau sumber kredibel terkait topik terkait. Anda bisa memperoleh sumber dari buku atau penelitian-penelitian terdahulu dengan topik sama.

3. Buat Rumusan Masalah

Tahap ini, peneliti mulai menerawang pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan topik. Misalnya, (1) mengapa gotong royong RT 07 personelnya sedikit? dan (2) Faktor apa yang mempengaruhinya?

4. Tentukan Metode Penelitian

Setelah mengetahui bahwa metode yang cocok adalah kuantitatif, maka dilanjutkan dengan penghubungan, pengukuran, dan pengujian terhadap variabel. Dari pertanyaan 1, kemungkinan bisa saja disebabkan oleh variabel bebas berupa (1) malas, (2) sibuk, (3) tidak minat, dan pertanyaan-pertanyaan lainnya.

5. Lakukan Survei

Setelah mengetahui beberapa variabel bebas yang mempengaruhi orang tak ikut gotong royong, maka langkah selanjutnya adalah melakukan survei. Langkah ini dapat dilaksanakan dengan menyebar kuesioner yang berisi pertanyaan atau hanya sekadar wawancara terhadap warga RT 07.

6. Kumpulkan Data dan Analisis

Setelah punya data, maka hal yang perlu dilakukan adalah analisis. Tahap ini dilakukan dengan cara matematis berupa penghitungan. Misal, dari beberapa variabel, paling banyak orang menjawab karena (2) sibu. Maka, itulah jawaban untuk menjawab rumusan masalahnya.

7. Buat Laporan

Setelah selesai menganalisis, tulis laporan terkait penyebab masyarakat RT 07 hanya sedikit yang ikut gotong royong. Dengan data dan variabel yang sudah dihitung secara matematis, Anda punya bukti konkret untuk menuliskan hasil analisisnya di laporan.

8. Buat Kesimpulan dan Tulis Rekomendasi

Setelah membuat laporan, maka tahap akhir adalah menutupnya dengan kesimpulan penelitian. Selain itu, Anda juga boleh menyertakan rekomendasi untuk penelitian berikutnya atau untuk memberi solusi kepada masyarakat yang dikaji dalam penelitian.


Baca juga artikel terkait SOSIOLOGI atau tulisan menarik lainnya Yuda Prinada
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Yuda Prinada
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight